Veruka vulgaris atau common warts adalah kondisi pertumbuhan kulit pada bagian tubuh akibat infeksi virus human papillomavirus (HPV). Istilah ini juga dikenal dengan sebutan kutil.

Kutil adalah penyakit yang sangat umum terjadi pada manusia. Ada banyak jenis kutil yang dapat tumbuh, namun jenis kutil veruka vulgaris adalah jenis yang paling sering terjadi.

Bagian tubuh seperti bagian punggung tangan dan telapak kaki merupakan bagian tubuh yang paling sering mengalami pertumbuhan kutil.

Veruka vulgaris ini bukan penyakit yang berbahaya dan biasanya dapat hilang dengan sendirinya meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, seringkali karena tempat tumbuhnya kutil di bagian kulit yang terbuka dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan bahan 

dapat menyebabkan pengidapnya menjadi kurang percaya diri. 

Apa Itu Veruka Vulgaris

Veruka vulgaris adalah jenis kutil jinak yang sering muncul pada lapisan kulit dan selaput lendir. Bagian punggung tangan, jari dan sekitar kuku pada tangan dan kaki adalah bagian tubuh yang paling sering mengalami kutil ini.

Kutil ini biasanya berbentuk kubah, kasar ketika disentuh, serta memiliki warna yang lebih muda dibandingkan dengan warna kulit pengidapnya.

Sebelum veruka vulgaris tumbuh dan dapat dilihat secara kasat mata. Kutil ini akan membutuhkan waktu yang lama cukup lama sebelum dapat dilihat perubahan bentuk dan pertumbuhannya. 

Umumnya, virus HPV membutuhkan waktu sekitar dua hingga enam bulan sebelum kutil tampak ke permukaan kulit.

Ketika hal ini terjadi, Anda tidak perlu khawatir. Veruka vulgaris adalah jenis kutil yang sangat umum dan sangat jinak. Biasanya kutil ini dapat hilang dengan sendirinya, namun biasanya membutuhkan waktu yang sangat lama untuk kutil ini hilang dengan sendirinya. Karena untuk membunuh HPV penyebab kutil sistem imun tubuh membutuhkan waktu yang lama. 

Berbeda dengan jenis kutil-kutil lainnya, veruka vulgaris berada di atas permukaan kulit dan tidak memiliki akar yang menjalar ke dalam lapisan kulit. Sehingga kutil ini tidak termasuk jenis kutil yang berbahaya.

Penyebab Munculnya Veruka Vulgaris

Veruka vulgaris disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Menurut data, terdapat lebih dari 100 jenis HPV yang banyak beredar dan lebih dari 60 jenis virus ini teridentifikasi sebagai penyebab pertumbuhan kutil. 

HPV adalah jenis virus yang mudah ditularkan dan dapat menyebar dengan cepat. Virus ini dapat menular secara langsung melalui sentuhan, maupun secara tidak langsung lewat peralatan atau benda yang Anda gunakan sehari-hari. 

Secara tidak sadar, Anda dapat terinfeksi virus ini. Ada beberapa jenis HPV yang tidak berbahaya, atau hilang karena dibasmi oleh sistem kekebalan tubuh, namun ada beberapa jenis HPV yang mengendap di dalam tubuh sehingga menimbulkan kutil. 

Dengan menjaga daya tahan tubuh dan menjaga kebersihan tangan adalah cara utama agar Anda tidak terinfeksi HPV. 

Setiap orang memiliki reaksi yang berbeda ketika terinfeksi HPV. Hal ini sangat bergantung kepada daya tahan tubuhnya ketika terpapar HPV. Namun terdapat beberapa kondisi tubuh yang dapat membuat risiko terinfeksi HPV sangat tinggi, diantaranya adalah:

  • Luka pada bagian kulit, biasanya luka ini merupakan luka yang terbuka
  • Luka sekitar kuku tangan
  • Orang yang memiliki kebiasaan menggigit kuku
  • Jarang mencuci tangan secara rutin

Gejala Veruka Vulgaris

Veruka vulgaris atau kutil pada tangan dan kaki berbeda dengan jenis-jenis kutil yang lainnya. Kutil veruka vulgaris tidak memiliki akar yang menjulur ke dalam.

Kutil ini hanya menempati lapisan kulit terluar saja. Maka, veruka vulgaris tidak berbahaya dan mudah untuk dihilangkan.

Gejala munculnya kutil, khususnya veruka vulgaris yang sering tumbuh pada bagian tangan dan kaki dapat dilihat dari pertumbuhannya. Sebelum kutil muncul ke permukaan, Anda akan melihat benjolan kecil pada bagian kulit. Setelah beberapa lama, benjolan tersebut akan memiliki titik hitam pada bagian tengah.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, HPV virus yang menyebabkan kutil membutuhkan waktu yang cukup lama untuk tumbuh dan berkembang menjadi kutil. Hal ini berdasarkan seberapa kuat daya tahan tubuh seseorang.

Ketika HPV menyerang seseorang yang memiliki daya tahan tumbuh rendah, maka kutil akan semakin cepat tumbuh. Hal ini sering terjadi pada anak-anak dan orang tua yang memiliki daya tahan tubuh lebih lemah dibandingkan remaja dan dewasa.

Kunjungi Dokter Ketika?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, veruka vulgaris bukan jenis kutil yang berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Namun, karena letak kutil yang berada pada bagian tangan atau kaki seringkali dapat mengganggu kegiatan Anda sehari-hari atau bahkan membuat Anda kehilangan percaya diri. 

Ketika hal ini terjadi, Anda dapat melakukan pengobatan dengan menggunakan obat yang tersedia di apotek atau menggunakan bahan-bahan alami. Jika cara ini tidak efektif, sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter. 

Anda juga sebaiknya konsultasikan kondisi kutil Anda ke dokter jika mengalami masalah-masalah seperti:

  • Pertumbuhan kutil mengganggu kegiatan Anda sehari-hari
  • Kutil semakin banyak tumbuh. Ini merupakan tanda terjadi masalah pada sistem pertahanan tubuh Anda
  • Timbul rasa nyeri pada bagian kutil
  • JIka Anda tidak yakin dengan benjolan yang tumbuh pada tangan adalah kutil atau masalah kulit lainnya
  • Sudah menggunakan obat namun kutil tak kunjung hilang dan bertambah besar dan menyebar

Cara Menghilangkan Veruka Vulgaris

Kutil jenis veruka vulgaris bukan kondisi kulit yang berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Namun, akan membutuhkan waktu yang cukup lama sampai kutil dapat hilang. Hal ini sangat tergantung kepada daya tahan tubuh seseorang.

Namun, ada beberapa kasus kutil yang banyak penderitanya ingin segera mengobatinya. Biasanya hal ini karena pertumbuhan kutil tersebut mengganggu aktivitasnya sehar-hari atau menyebabkan pengidapnya merasa tidak percaya diri.

Ketika mengalami hal tersebut, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kutil. Beberapa diantaranya sangat mudah dan terbukti efektif. Namun perlu Anda ketahui, meskipun banyak cara yang dapat Anda lakukan dan efektif, untuk benar-benar menghilangkan kutil membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Beberapa diantaranya adalah:

Asam salisilat

Asam salisilat (salicylic acid) merupakan zat yang terbukti secara medis untuk menghilangkan beberapa penyakit dan gangguan kulit. Penyakit seperti jerawat, dermatitis, psoriasis, hingga kutil dapat disembuhkan dengan menggunakan obat kutil yang mengandung asam salisilat.

Jenis obat yang mengandung asam salisilat sangat mudah dan ampuh untuk digunakan terutama untuk kutil pada kaki dan tangan. Asam salisilat biasanya berbentuk obat oles yang berbentuk salep, krim, atau gel.

Salah satu obat yang mengandung asam salisilat dan ampuh menghilangkan penyakit kulit seperti kutil, kapalan, atau mata ikan adalah Callusol. 

Callusol adalah obat oles yang mengandung asam salisilat dan mampu mengatasi penyakit kulit luar seperti kutil, mata ikan, dan kapalan dengan cepat.

Cara pakai Callusol pun sangat mudah, cukup dioles langsung ke kutil, kemudian tutup dengan perban. Kutil pun akan hilang sendiri setelah beberapa kali pemakaian.

Menggunakan Lakban

Cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan veruka vulgaris adalah dengan menggunakan lakban. Cara menghilangkan kutil  ini sangat sederhana dan merupakan salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan kutil. Namun prosesnya akan memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan cara-cara lainnya.

Tidak ada jenis lakban spesifik yang Anda butuhkan untuk menghilangkan kutil, karena metode ini tidak tergantung pada jenisnya, melainkan pada cara menggunakannya.

Cara menggunakan lakban ini adalah dengan menutup rapat-rapat daerah kulit yang terkena kutil menggunakan lakban selama kurang lebih enam hari.

Setelah enam hari, lepas lakban kemudian rendam kulit yang terkena kutil dengan air hangat dan gosok kutil secara perlahan-lahan. 

Tutup kembali rapat-rapat area kutil dengan lakban setelah membiarkannya selama 12 jam. Ulangi terus cara ini sampai kutil benar-benar hilang. 

Metode ini memakan waktu sekitar satu hingga dua bulan untuk dapat benar-benar menghilangkan kutil. 

Cara ini cukup efektif karena ketika kutil ditutup oleh lakban, karena kutil tidak mendapatkan udara dan cahaya matahari. Kutil yang terkena udara dan terkena sinar matahari dapat tumbuh dan berkembang.

Ketika ditutup lakban, kutil akan perlahan-lahan mati karena tidak mendapatkan oksigen dan cahaya matahari.

Cryotherapy

Cryotherapy adalah prosedur untuk menghilangkan kutil dengan cara memotong kutil yang tumbuh. dengan cara membekukan dengan cairan nitrogen pada area kutil dengan tujuan untuk membunuh jaringan yang berada di kutil.

Setelah itu, dokter akan memotong benjolannya. Menurut beberapa penelitian, cryotherapy merupakan salah satu cara yang cukup ampuh dan efektif untuk menghilangkan kutil terutama yang tumbuh pada bagian tangan atau kaki.

Facebook
Twitter
LinkedIn