Akhir tahun akan segera datang, biasanya pada momen ini banyak dimanfaatkan oleh keluarga-keluarga untuk berlibur.

Selain untuk menyegarkan otak dari kepenatan sehari-hari, aktivitas ini juga dapat mempererat hubungan antar keluarga dan menambah pengalaman bagi seluruh anggota keluarga.

Namun bagaimana dengan keluarga yang masih memiliki anak kecil? Pasti para Ibu dan Ayah punya kekhawatiran dan tantangan sendiri dalam menghadapi hal ini. Jika ini merupakan perjalanan liburan pertama Anda bersama anak kecil, jangan khawatir. 

Berikut adalah beberapa barang wajib yang perlu Anda bawa ketika bepergian agar si kecil merasa nyaman dan dapat menikmati liburan dengan tenang.

Barang Wajib Dibawa Saat Berlibur dengan Anak-Anak

Berlibur dengan anak-anak memang membutuhkan perhatian ekstra, apalagi jika anak masih balita atau bahkan batita. Mengurus anak di rumah saja sudah begitu repot apalagi jika semua perlengkapan harus dibawa ke luar.

Jangan khawatir, Anda tidak perlu membawa semua peralatan anak saat berlibur. Berikut daftar barang wajib yang harus Anda bawa saat berlibur dengan anak-anak.

Pakaian Ganti

Pakaian ganti pastinya menjadi barang wajib yang pertama. Pilihlah pakaian yang cocok dengan lokasi liburan.

Jika Anda berlibur ke pegunungan maka pilih baju hangat sedangkan jika berlibur ke pantai pilihlah bahan yang tidak membuat gerah anak.

Jumlahnya pun bisa Anda tentukan berdasarkan durasi liburan. Agar lebih praktis dalam packing Anda bisa mix ‘n match satu set baju yang akan dipakai dalam satu hari lalu digulung. 

Akan tetapi kemanapun tujuan Anda pastikan untuk selalu membawa kaos kaki, selimut dan jaket sebagai persiapan jika cuaca tiba-tiba menjadi dingin. Penting juga untuk membawa alas kaki yang nyaman di semua suasana.

Jika anak Anda sudah cukup besar Anda bisa melibatkan mereka dalam pemilihan pakaian agar anak juga merasa antusias dengan liburan tersebut.

Perlengkapan Anak

Barang wajib kedua adalah perlengkapan anak yang meliputi peralatan mandi, popok sekali pakai, tisu basah dan kering, lotion, minyak telon, dan lain-lain. Anda tidak perlu membawa perlengkapan dalam botol besar, siapkan peralatan dalam tempat yang travel friendly.

Anda juga perlu membawa lotion anti nyamuk untuk menghindari serangan serangga di lokasi wisata.

Jika diperlukan Anda juga bisa membawa stroller, pilih yang ukurannya ringkas dan ringan. Jika merasa terlalu merepotkan, Anda bisa memilih mencari penyewaan stroller di tempat wisata yang dituju.

Peralatan Makan dan Makanan Instan

Jangan lupa untuk membawa peralatan makan anak Anda, apalagi jika putra putri masih di bawah satu tahun.

Anda bisa membawa satu sendok dan tempat makan mereka. Botol minum anak juga disarankan untuk Anda bawa. Ini akan memudahkan dan mengontrol banyaknya air yang masuk ke tubuh anak.

Selain peralatan makan dan minum jika Anda membawa anak yang masih menjalani MPASI, jangan lupa juga untuk membawa makanan instan yang bisa dibuat dengan mudah saat travelling seperti bubur instan dan puree kemasan. Bawa juga camilan favorit anak untuk menemani perjalanan.

Obat-obatan

Persiapan obat-obatan juga sangat penting untuk dibawa, karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi saat perjalanan travelling. Siapkan P3K, termometer, obat flu, obat penurun panas, obat anti diare, dan obat-obatan lain jika anak Anda memiliki riwayat sakit tertentu.

Saat anak melakukan perjalanan juga rentan terkena diare atau mengalami muntah saat perjalanan. Oleh karena itu Anda juga harus menyiapkan Renalyte.

Renalyte adalah larutan rehidrasi atau pengganti cairan tubuh, untuk mencegah dehidrasi akibat cairan tubuh yang hilang saat anak diare ataupun muntah-muntah.

Renalyte mengandung komposisi yang merupakan formulasi dari WHO. Renalyte cocok juga dikonsumsi untuk anak-anak karena memiliki rasa cocopandan yang enak dan juga steril.

Mainan

Perjalanan yang panjang kerap membuat anak bosan dan bisa menjadi rewel. Untuk menemani perjalanan anak, jangan lupa untuk membawa mainan kesukaannya.

Anda juga bisa membawa mainan khusus yang cocok dengan lokasi liburan. Seperti membawa set peralatan bermain pasir jika ingin mengunjungi pantai.

Selain mainan Anda juga bisa membawa buku cerita jika anak memang gemar mendengar dongeng sebelum tidur. Bermain dengan smartphone tidak dilarang, namun Anda harus memberi batasan agar anak tidak terpaku pada gadget saja.

Itulah 5 barang wajib yang harus Anda bawa ketika akan berlibur dengan anak kecil. Selain persiapan barang, tak kalah penting adalah harus menyiapkan mental anak dan orangtuanya.

Usahakan dalam perjalanan selalu dalam mood yang bagus dan nyaman untuk anak. Agar anak tidak rewel dan cepat bosan.