Pijat refleksi bukan hal asing bagi masyarakat Indonesia. Refleksi dipercaya sebagai pengobatan alami dengan teknik memberikan tekanan-tekanan di area tertentu tubuh.

Menghilangkan rasa stres, sakit kepala, tubuh lemas, hingga detox dapat disembuhkan dengan refleksi. Namun refleksi tidak boleh dilakukan sembarang karena bisa berbahaya. Untuk itu ada beberapa titik pijat refleksi yang perlu Anda tahu beserta manfaatnya bagi tubuh.

Titik Pijat Refleksi

Pijat refleksi sudah dipergunakan sejak zaman dahulu kala oleh bangsa Cina untuk mengatasi bermacam masalah kesehatan. Di era ini, penekanan titik lebih sering dikenal dengan acupressure. Titik ini tersebar di seluruh area tubuh dan punya manfaat tersendiri.

Salah satunya pada bagian kaki dan tangan, ada beberapa area di tangan dan kaki yang disebut reflek, yang berhubungan dengan titik-titik tertentu pada bagian tubuh dan sistem organ. Biasanya di mana kita merasa sakit, di sanalah energi kita terhambat.

Berikut ini titik pijat refleksi yang perlu Anda tahu dan bisa dipraktekan di rumah:

Migrain dan Sakit Kepala

Anda sering merasa migrain atau sakit kepala? Coba berikan pijat refleksi pada area jempol tangan sebelah kiri. Sebuah studi mengatakan gejala sakit kepala berkurang setelah melakukan pijat refleksi. Tekanlah area tersebut selama 1 menit dengan jempol, telunjuk, dan jari tengah tangan kanan. 

Insomnia

Bagi Anda yang mungkin mengalami kesulitan tidur saat malam hari atau insomnia. Coba sembuhkan dengan memberikan pijatan pada area telapak tangan. Insomnia disebabkan karena banyak faktor, seperti stres, jam tidur yang tidak teratur, dan kecemasan. Menurut sebuah studi, memberikan pijatan pada area telapak tangan lebih ampuh daripada pil tidur.

Menekan dan memegang bagian atas ibu jari dari samping dapat membantu proses produksi hormon tidur, yaitu melatonin.

Sakit Perut

Jika Anda merasa sakit pada bagian perut, coba hangatkan permukaan ibu jari dengan cara memutar dan menggosok di bagian tengah telapak tangan. Gerak tersebut dapat merespons lambung dan limpa meridian.  Selanjut, tekan telapak tangan dengan jempol.

Meningkatkan Detoksifikasi bagian Hati

Bagi Anda yang mungkin gemar meminum alkohol, coba berilah tekanan pada bagian bawah jempol kaki kanan. Dengan menekan titik tersebut dapat memberikan energi baru yang akan membersihkan dan mendetoksifikasi. Hal ini juga baik untuk Anda yang punya kesulitan tidur atau suka terbangun di tengah malam.

Mengatasi Rasa Cemas

Untuk Anda yang merasakan cemas maupun takut, Anda bisa memberikan tekanan pada kaki bagian lain. 

Tekan dengan kuat bagian tengah telapak kaki. Lalu lakukan gerakan memutar searah jarum jam. Tekanan tersebut dapat melepaskan ketegangan sekaligus mengembalikan keseimbangan tubuh jika Anda melakukannya secara rutin.

Sinus

Anda yang punya masalah hidung yang sering pilek karena sinus, refleksi bisa menjadi pengobatan untuk meredakannya. Angkat tangan kiri Anda, lalu coba jepit kuku telunjuk dengan jempol dan telunjuk tangan kanan, tekan kuat selama 1 hingga 3 menit. Pijat-pijat dengan lembut setelahnya. Lakukan hal serupa pada semua jari.

Mengurangi Rasa Sakit PMS

Hal ini pasti sering dialami oleh perempuan, rasa sakit teramat sangat karena PMS. Namun rasa sakit tersebut bisa dikurangi dengan cara tekan salah satu lekukan kaki, di sisi tepi permukaan kaki. Lalu coba tekan jempol kaki bagian tengah. Pijat ini bisa merelaksasi ovarium, rahim.

Selain bagian kaki, bagian tangan juga bisa Anda coba lakukan pijatan lembut seluruh tangan lalu tekan langsung jari telunjuk tepat pada bagian ujung. Lokasi lain yang perlu Anda tekan adalah jari kelingking. Tekan menggunakan ibu jari selama 1-5 menit dan lakukan beberapa kali.

Menghilangkan Rasa Kaku dan Tegang pada Leher

Leher yang seharian dipakai untuk tegap atau menunduk melihat handphone atau layar komputer membuatnya menjadi kaku dan tegang. 

Buku-buku di kedua jari jempol diketahui adalah titik pelepasan tekanan yang luar biasa untuk leher. 

Beri tekanan bersamaan pada bagian tersebut sambil menarik napas, lakukan beberapa kali hingga ketegangan di leher perlahan menghilang. 

Nyeri pada Bahu

Selain pada bagian leher, Anda mungkin juga kerap memiliki bahu yang tegang hingga menyebabkan nyeri. Jika Anda merasakan nyeri tersebut, coba berikan tekanan pada bagian bawah jari kelingking kaki sambil mengatur nafas. Hal tersebut dapat berangsur-angsur meringankan nyeri pada bahu.

Menghilangkan Rasa Pegal pada Kaki

Anda yang seharian beraktivitas memakai sepatu high heels atau berjalan jauh dan berdiri lama sehingga kaki terasa sangat pegal. Anda bisa mengurangi rasa pegal tersebut dengan refleksi pada kaki bagian kiri. Pijat seluruh bagian kaki Anda dari tumit hingga jari jempol. 

Lalu beralih ke jari-jari kaki. Pijat setiap jari kaki menggunakan jempol dan telunjuk, dengan gerakan yang melingkar. Setelahnya, pegang semua jari lalu tekuk ke arah telapak kaki dan punggung kaki secara bergantian untuk membuatnya rileks dan lentur.

Titik pijat refleksi ini secara umum termasuk aman. Namun ada hal yang perlu diperhatikan, pijat refleksi tidak diperkenan untuk mereka yang menderita masalah peredaran darah pada kaki, sedang mengalami cedera pada kaki atau tangan, kapalan, memiliki luka terbuka, sedang diare, demam, atau trombosit rendah.

Jika Anda memiliki kapalan, ada baiknya untuk menunggunya hingga menghilang. Kapalan biasanya akan menghilang dalam beberapa minggu, untuk membantu mempercepat penyembuhan, Anda bisa menggunakan obat oles Callusol. Callusol mengandung asam salisilat yang ampuh menghilangkan dan mempercepat penyembuhan kapalan, kutil, dan mata ikan. 

Cara penggunaannya juga mudah, cukup oleskan Callusol pada area yang mengalami kapalan, cairan akan dengan cepat meresap. Untuk mendapatkannya juga mudah, karena Callusol tergolong obat bebas tanpa resep dokter.

Facebook
Twitter
LinkedIn