Telapak kaki kering dan pecah-pecah adalah kondisi yang umum terjadi. Meski tidak mudah terlihat oleh orang lain, kondisi ini bisa saja membuat orang kurang percaya diri dan tidak nyaman.

Namun jangan khawatir, karena Anda bisa mengatasi permasalahan ini secara mudah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Kaki pecah-pecah umumnya terjadi pada area tumit. Kulit mengeras, kehilangan elastisitasnya, dan nampak seperti retak-retak.

Bahkan terkadang jika retakannya terlalu dalam dapat menimbulkan rasa sakit saat berdiri atau berjalan.

Telapak kaki yang pecah-pecah ini terjadi karena kaki yang kering. Tidak heran karena pada dasarnya kulit telapak kaki tidak memiliki kelenjar keringat sehingga kondisinya lebih kering daripada kulit bagian lain.

Penyebab Kaki Pecah-Pecah

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kaki pecah-pecah. Mulai dari pemilihan alas kaki yang salah, kurangnya perawatan, dll. Berikut beberapa faktor yang mendorong terjadinya kulit kaki pecah-pecah:

  • Terlalu sering berdiri
  • Kerap berjalan tanpa alas kaki
  • Pemilihan alas kaki yang kurang tepat
  • Mandi menggunakan air panas
  • Kelamaan mandi atau penggunaan sabun yang iritatif
  • Adanya penyakit kulit seperti dermatitis atopik, psoriasis, dan infeksi jamur.
  • Riwayat diabetes dan hipotiroidisme
  • Tingkat kelembaban ruangan yang rendah
  • Banyak menghabiskan waktu terpapar sinar matahari

Kondisi kaki yang pecah-pecah bisa saja ditutupi dengan penggunaan kaos kaki dan sepatu yang menutup seluruh bagian kaki. Namun tetap saja kondisi ini mengganggu kenyamanan penderitanya.

Cara Alami Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

Jika Anda mengalami masalah kaki pecah-pecah, tidak perlu khawatir karena Anda bisa melakukan perawatan sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami yang aman dan mudah didapatkan. Berikut tips mengatasi telapak kaki pecah-pecah secara alami.

Campuran Alpukat dan Pisang

Bahan pertama yang bisa Anda coba untuk mengatasi kaki pecah-pecah adalah campuran alpukat dan pisang. Pun jika tidak ada alpukat Anda bisa menggunakan pisang saja.

Alpukat mengandung minyak esensial, vitamin, dan lemak yang mampu melembabkan kulit telapak kaki yang kering. Begitu pula dengan pisang.

Cara penggunaannya juga mudah, pertama lumat alpukat maupun pisang hingga menjadi pasta. Setelah itu oleskan pasta sebagai masker ke bagian telapak yang kering. Bungkus dengan kaus kaki dan biarkan meresap semalaman. Setelahnya bilas kaki dengan air hangat dan oleskan pelembab.

Rendaman Jus Lemon atau Air Mawar

Lemon memiliki kandungan yang bersifat antibakteri dan antivirus dan mampu membunuh bakteri sekaligus melembabkan kaki yang kering. Setelah selesai beraktivitas pada malam hari rendamlah kaki dengan air hangat yang sudah dicampuri jus lemon. Diamkan selama 10 sampai 15 menit. Lakukan metode ini setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Air Mawar dan Gliserin

Selain menggunakan lemon Anda juga bisa menggunakan air mawar. Air mawar mengandung vitamin A, B3, C, D, dan E yang mampu berperan sebagai anti-oksidan, anti-radang, dan anti-bakteri.  Sementara itu gliserin akan berperan untuk melembutkan kaki.

Cara menggunakannya mudah, cukup campurkan kedua bahan ini dengan perbandingan yang sama. Setelah itu gosokkan pada telapak kaki yang kering setiap hari sebelum tidur.

Minyak Kelapa dan Cuka Apel

Minyak kelapa memiliki kandungan yang bersifat anti-jamur dan anti-mikroba dan mampu membunuh bakteri sekaligus melembutkan kulit. Selain itu cuka apel juga mengandung asam asetat yang mampu membantu proses pengelupasan kulit mati secara alami.

Campuran minyak kelapa dan cuka apel dapat membantu melembabkan telapak kaki yang kering. Setelah merendam kaki dengan air hangat, oleskan campuran minyak kelapa dan cuka apel ke telapak kaki yang kering. 

Masker Oatmeal

Selain enak, oatmeal juga bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi kulit telapak kaki yang pecah-pecah. Caranya adalah, pertama campurkan oatmeal kering dengan minyak zaitun hingga terbentuk pasta. Setelah itu oleskan dan pijat pada bagian tumit yang kering.

Diamkan dan biarkan meresap sekitar 30 menit lalu bilas. Jangan lupa untuk mengoleskan pelembab setelahnya. Anda bisa melakukannya 2 kali sehari untuk hasil terbaik.

Madu

Anda bisa menggunakan madu murni sebagai pelembab alami, karena kandungan anti-virus dan anti-bakteri di dalamnya. Cukup oleskan madu pada bagian kulit telapak kaki yang pecah-pecah lalu pijat. Lakukan selama 10-15 menit setiap hari.

Gosok Menggunakan Batu Apung

Batu apung memang sudah dikenal kemampuannya mengatasi kulit telapak kaki yang kering dan pecah-pecah. Cara menggunakannya juga sangatlah mudah. Pertama rendam kaki selama 5-10 menit hingga kulit telapak terasa lebih lembut atau lunak.

Setelah itu gosokkan batu apung pada bagian telapak kaki yang pecah-pecah. Gosok secara perlahan selama 2-3 menit setelah itu bilas hingga bersih. Jangan lupa untuk mengoleskan pelembab setelahnya.

Selain beberapa cara di atas Anda juga harus mulai mengubah beberapa kebiasaan seperti mulai minum cukup air, menghindari mandi dengan air panas, selalu menggunakan pelembab secara rutin, pilihlah sabun yang lembut dan gunakan alas kaki serta sepatu yang pas agar tidak mengalami telapak kaki pecah-pecah atau kapalan.

Facebook
Twitter
LinkedIn