Sembelit yang menyebabkan buang air besar menjadi sulit hampir pernah dialami oleh semua orang. Banyak yang menjadi faktor seseorang bisa mengalami sembelit, seperti dehidrasi, diet yang buruk, kurang serat, olahraga, ketergantungan obat, atau penyakit yang mempengaruhi sistem saraf.

Beruntungnya ada beberapa teh untuk sembelit dengan cara melunakan feses dan mengurangi kerja usus. Apa saja jenis teh tersebut?

Teh untuk Sembelit

Seperti yang sudah kita ketahui, teh sejak ribuan tahun lalu telah dimanfaatkan untuk mengobati bermacam-macam penyakit. Khasiat dari seduhan daun atau bahan herbal ini punya sejumlah manfaat salah satunya mengobati masalah pencernaan.

Beberapa jenis teh herbal terbukti dapat membantu mengatasi mual, sembelit, dan masalah pencernaan lainnya. Teh jenis berikut ini diketahui bisa menghilangkan sembelit.

Teh Hitam

Pertama, teh hitam yang berasal dari tanaman camellia sinensis memiliki kandungan kafein yang punya efek pencahar sehingga bisa memperlancar buang air besar.

Minum teh hitam di pagi hari saat perut Anda masih kosong terbukti lebih efektif. Selain itu, teh hitam juga punya senyawa theaflavin sebagai antioksidan yang melindungi dari penyakit lambung.

Teh Peppermint

Peppermint terkenal dengan rasanya yang menyegarkan, ramuan hijau dari tanaman Mentha piperita ini juga bermanfaat untuk menenangkan perut kram.

Sebuah penelitian juga menunjukan bahwa mentol, yang merupakan senyawa dalam peppermint terbukti meningkatkan fungsi pencernaan. Tidak hanya itu, peppermint juga dapat memicu sakit perut, sehingga pencernaan lebih lancar.

Jika Anda ingin membuat teh peppermint, siapkan 7-10 daun mint, atau satu kantung teh peppermint dan masukan ke dalam air hangat selama 10 menit. Sebelum diminum, jangan lupa untuk menyaring ampasnya.

Teh Ketumbar

Tidak hanya dapat membebaskan dari gangguan sembelit, teh yang satu ini jika diminum dapat mengeluarkan gas yang berlebihan dalam pencernaan dan juga dapat menjaga sistem saraf. 

Cara membuatnya juga mudah, siapkan 1 sendok makan ketumbar lalu masukan pada air hangat dicampur dengan madu dan satu kantung teh.

Teh Jahe

Dalam jahe ada senyawa shogaol yang dapat membantu merangsang kontraksi dan pengosongan lambung. Karena itulah jahe juga dapat membantu untuk mengurangi kram perut, mual, kembung, dan masalah pencernaan seperti sembelit.

Bahkan ada sebuah studi yang menyebutkan konsumsi 1,5 jahe setiap hari bisa mengurangi mual dan muntah pada ibu hamil, kemoterapi, hingga mabuk perjalanan.

Untuk dapat menikmati teh jahe, Anda bisa merebus dua sendok makan jahe yang sudah diiris dalam dua gelas air selama 10-20 menit. Setelah itu saring terlebih dahulu sebelum diminum.

Teh Oregano

Tidak hanya sebagai taburan di atas pizza. Ternyata ketika diseduh, oregon punya khasiat yang luar biasa bagi tubuh. Teh oregon bisa mengatasi masalah sembelit dan juga ampuh sebagai antibakteri, antioksidan, dan antikanker. Hal ini karena minyak esensial dalam oregon membantu detoksifikasi dalam tubuh.

Teh Dandelion

Penelitian menunjukan, ekstrak dari dandelion mengandung senyawa yang bisa meningkatkan pencernaan, merangsang kontraksi otot, sampai meningkatkan aliran makanan dari perut ke usus kecil. 

Dandelion sendiri merupakan sejenis tanaman taraxacum, memiliki bunga berwarna kuning dan tumbuh secara liar.

Untuk menghilangkan sembelit, Anda bisa meminum secangkir teh dandelion sehabis makan. Cara membuatnya, campurkan dua cangkir bunga dandelion dalam empat cangkir air. Rebus hingga mendidih selama 5-10 menit setelah itu saring ampasnya.

Teh Timi

Timi punya rasa yang hampir mirip dengan mint. Khasiat dari rebusan daun timi juga banyak, bisa menghilangkan parasit, cacing, dan gas berlebihan dalam tubuh. Rebusan daun timi juga dapat mencegah peradangan seperti sistitis.

Teh Senna

Teh senna berasal dari daun kering tanaman semak senna alexandrina yang punya kandungan glikosida senna. Glikosida senna memiliki efek laksatif alami yang bisa melemaskan otot-otot sistem pencernaan agar dapat membuat feses dengan mudah di sepanjang usus hingga keluar lewat anus. 

Teh senna punya rasa yang pahit, sangat dianjurkan jika Anda ingin menikmatinya ditambahkan madu agar rasanya bersahabat di lidah.

Teh untuk sembelit ini adalah salah satu cara mengatasi sembelit jangka pendek. Tidak disarankan juga untuk meminumnya secara rutin dan teratur karena bisa mengakibatkan sakit tertentu dan menjadikan Anda ketergantungan terhadap teh tersebut.

Jika Anda ingin mengatasi sembelit, mengonsumsi buah-buahan tertentu seperti pepaya dan daun ungu bisa juga menjadi pilihan.

Kandungan pepaya dan daun ungu sekarang bisa Anda temukan di Clofen. Clofen merupakan obat yang ampuh meredakan sembelit, dan wasir yang difomulasikan dari bahan-bahan alami sehingga aman dikonsumsi. Untuk mendapatkan Clofen juga tidak perlu resep dokter karena tergolong jenis obat bebas.

Redakan perut dari sembelit yang membelit dengan Clofen.