Sistem peredaran darah manusia merupakan sistem yang sangat kompleks dan penting bagi kelangsungan hidup Anda. Ibarat sebagai sebuah mesin, tubuh memiliki organ atau bagian tubuh yang memiliki tugas masing-masing.

Agar organ manusia dapat bekerja dengan lancar mereka membutuhkan bahan bakar.

Seperti mesin kendaraan yang membutuhkan oli dan bahan bakar untuk bekerja, tubuh manusia membutuhkan oksigen dan darah sebagai bahan bakarnya untuk dapat bekerja dengan baik.

Terdapat tiga komponen utama dari sistem peredaran darah manusia yang saling melengkapi, yaitu jantung, pembuluh darah, dan darah.

Ketiga komponen ini mengatur jalannya pengangkutan serta penerimaan kembali darah dari dan ke seluruh tubuh.

Di balik pentingnya sistem peredaran darah manusia, terdapat beberapa fakta menarik di dalamnya. Seperti apa? Berikut beberapa fakta menarik di balik sistem peredaran darah manusia.

 

1. Jantung berdetak 3 miliar kali seumur hidup manusia

 

Jantung tidak pernah berhenti bekerja. Meskipun Anda sedang tidur atau beristirahat, jantung tetap berdetak dan bekerja untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh Anda.

Menurut sebuah penelitian, jantung manusia normal akan berdetak 70 hingga 80 kali berdetak per menit. Wanita cenderung memiliki detak jantung yang lebih cepat dari pria dengan rata-rata 78 kali per menit sedangkan pria rata-rata 70 kali per menit.  Jika menghitung umur manusia pada umumnya, selama manusia hidup jantungnya akan berdetak hingga 3 miliar kali.   

2. Jantung Bisa Berdetak Meski Berada di Luar Tubuh

Jantung merupakan organ paling vital dalam sistem peredaran darah manusia. Darah yang diproduksi di sumsum tulang belakang akan dipompa oleh jantung untuk dialirkan ke seluruh tubuh manusia. Jantung memiliki empat katup untuk menjaga aliran darah ke arah yang tepat. Setiap katup ini memiliki flaps atau tutup yang disebut leaflet atau cusp.  

Ketika flaps ini terbuka atau tertutup, ini yang terjadi ketika jantung Anda berdetak.

Tahukah Anda jika jantung masih dapat berdetak meskipun tidak lagi berada di dalam tubuh manusia. Jantung dapat berdetak dengan sendirinya karena jantung menciptakan impuls listrik sendiri untuk berdetak.

Selama jantung mendapatkan pasokan oksigen yang cukup, jantung dapat berdetak dengan sendirinya meskipun sudah tidak lagi berada di dalam tubuh manusia.

Namun fenomena ini hanya akan bertahan beberapa menit karena perlahan-lahan jantung akan kehabisan energi.

 

3. Sakit Hati itu Nyata

Broken heart atau patah hati merupakan penyakit kiasan untuk menggambarkan sakit yang dialami ketika seseorang mengalami putus cinta.

Ternyata, di balik makna kiasan tersebut patah hati memang benar terjadi pada jantung kita. Istilah medis dari sakit ini adalah stress cardiomyopathy atau broken heart syndrome yang merupakan kondisi ketika pelemahan otot-otot di jantung.

Sindrom ini dapat memicu terjadinya sakit pada bagian dada, sesak nafas, hingga serangan jantung.

Kondisi ini dapat terjadi ketika seseorang mengalami kejadian yang benar-benar membuat dirinya stress secara emosional. Seperti putus cinta, orang terdekatnya meninggal, atau perceraian.

 

4. Panjang Pembuluh Darah = 2 Kali Keliling Bumi

 

Manusia memiliki tiga pembuluh darah, yaitu arteri, vena, serta kapiler. Pembuluh darah berbentuk seperti pipa elastis yang menjadi bagian dari sirkulasi darah di dalam tubuh manusia.

Tugas dari pembuluh darah arteri adalah mengalirkan darah dari jantung yang kaya akan oksigen ke seluruh tubuh.

Pembuluh darah vena bertugas untuk membawa kembali darah yang sudah dialirkan oleh pembuluh darah arteri kembali ke jantung.

Sedangkan pembuluh darah kapiler bertugas untuk menghubungkan arteri terkecil dan vena terkecil.

Ketiga pembuluh darah ini bertugas untuk mengalirkan darah dari dan ke jantung manusia.

Jika ketika seluruh pembuluh darah yang ada di dalam tubuh manusia direntangkan, panjangnya akan mencapai sekitar 100.000 km, dan 80% dari panjang pembuluh darah manusia merupakan pembuluh darah kapiler.

Jika kita bandingkan dengan keliling bumi yang mencapai sekitar 40.000 km, maka panjang pembuluh darah dari dari satu manusia dapat mengelilingi bumi hingga 2,5 kali!

 

5. Sel darah hanya butuh waktu 20 detik untuk mengelilingi tubuh manusia

Rata-rata tubuh orang dewasa terdapat 4,7 liter hingga 5,6 liter darah di dalam tubuhnya. Menurut penelitian dari Arkansas Heart Hospital di Amerika Serikat, rata-rata sistem pembuluh darah orang dewasa mengalirkan sebanyak 7.572 liter darah setiap harinya.

Darah yang dialirkan ini mengandung sel darah merah, sel darah putih, plasma, dan trombosit.

Sel darah merah yang terkandung di dalam darah pun hanya membutuhkan waktu sekitar 20 detik untuk dapat mengelilingi tubuh manusia.