Terlalu lama menatap layar gadget, berkendara jarak jauh, atau terpapar cahaya terang berlebih, bisa menyebabkan mata lelah. Untuk mengatasinya Anda bisa mencoba melakukan beberapa gerakan senam mata.

Mata lelah atau asthenopia merupakan kondisi dimana mata mengalami kelelahan akibat penggunaan yang intens. Kondisi ini sangat umum terjadi, terutama karena saat ini kebanyakan orang sangat terikat dengan layar gadget mereka.

Penyebab Mata Lelah

Ada banyak faktor yang bisa mendorong seseorang mengalami mata lelah. Berikut beberapa penyebab mata lelah yang umum terjadi:

  • Terlalu lama menatap layar gadget.
  • Membaca dalam durasi lama tanpa jeda.
  • Aktivitas yang memerlukan fokus jangka panjang, seperti berkendara jarak jauh.
  • Kebiasaan membaca atau beraktivitas dengan cahaya redup.
  • Paparan udara kering, bisa dari kipas angin, penghangat ruangan, maupun AC.
  • Terpapar cahaya yang terlalu terang.
  • Penggunaan kacamata yang tidak tepat.

Gejala Mata Lelah

Tanda atau gejala mata lelah bisa berbeda pada tiap individu. Tergantung dari faktor penyebab dan juga kondisi kesehatan mata masing-masing. Berikut beberapa gejala mata lelah yang umum sering dialami:

  • Mata kering atau justru mata berair.
  • Penglihatan buram, kabur, atau menjadi ganda.
  • Sulit berkonsentrasi.
  • Mata menjadi sensitif terhadap cahaya.
  • Rasa nyeri atau pegal di sekitar mata.
  • Kesulitan membuka mata.
  • Sakit kepala hingga nyeri pada leher, bahu, dan punggung.

Senam Mata dan Apa Manfaatnya

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala mata lelah adalah dengan melakukan gerakan senam mata. Sama hal nya senam untuk tubuh, senam mata juga bisa memberi manfaat kesehatan terutama untuk otot mata.

Senam mata biasanya disarankan dokter untuk orang-orang yang memiliki gangguan kesehatan mata. Mulai dari rabun jauh, rabun dekat, mata kabur, mata tegang, mata sensitif, dan lain-lain.

Akan tetapi senam mata belum bisa membantu penderita gangguan lain. Seperti disleksia, pengidap kejang mata, maupun orang yang mengalami lumpuh otot mata.

Senam mata memang tidak mengobati 100 persen masalah mata Anda. Namun aktivitas ini bisa membuat mata Anda jadi lebih nyaman. Berikut beberapa manfaat senam mata untuk kesehatan mata Anda.

  • Memperkuat otot mata.
  • Melancarkan pergerakan otot atau bola mata.
  • Membuat mata menjadi lebih rileks.
  • Mengatasi mata kering.
  • Mencegah gangguan mata.
  • Merangsang bagian otak yang mengatur fungsi penglihatan.
  • Mengatur fokus mata agar kembali normal.
  • Meningkatkan fungsi mata serta kualitas penglihatan.

Senam Mata untuk Mengatasi Mata Lelah

Untuk mengatasi mata lelah saat beraktivitas sehari-hari, Anda bisa melakukan senam mata. Berikut beberapa gerakan senam mata untuk mengatasi mata lelah.

Lakukan Pemanasan (Spa Mata)

Langkah senam mata bisa Anda awali dengan melakukan pemanasan. Caranya gosokkan kedua telapak tangan Anda hingga terasa hangat. Setelah itu letakkan pada kedua bagian mata.

Posisikan jari-jari menempel di dahi, telapak tangan tepat di atas mata, dan tumit tangan bertumpu di pipi. Jangan terlalu ditekan, biarkan ada sedikit ruangan. Tutup mata Anda lalu bernapas dalam-dalam, dan buat tubuh Anda terasa rileks.

Gerakkan Bola Mata

Mata yang lelah biasanya terjadi karena otot mata yang menjadi kaku dan kurang fleksibel. Hal ini sering menyerang Anda yang terlalu lama bekerja di depan komputer maupun gadget lainnya.

Untuk mengatasinya lakukan dengan cara menggerakkan bola mata. Gerakkan bola mata ke kanan lalu ke kiri, ke atas lalu ke bawah. Ulangi selama 30-45 detik. Jika Anda menggunakan kacamata atau softlens, sebaiknya lepaskan terlebih dahulu.

Selain gerakan ke samping dan atas bawah, Anda juga bisa menggerakkan bola mata secara memutar. Arahkan pandangan ke langit-langit, lalu secara perlahan gerakkan bola mata memutar searah jarum jam.

Saat memutar bola mata ini, coba fokuskan pandangan Anda pada objek-objek sekitar yang terlihat. Ulangi sebanyak 3 kali, lalu tutup mata Anda, dan rileks. Setelah itu ulangi kembali gerakan dari awal namun dengan arah yang berlawanan.

Berkedip

Senam mata yang satu ini cocok untuk Anda yang mengalami mata lelah akibat terlalu lama berada di ruangan ber-AC. Caranya adalah, duduklah dalam posisi yang tegap dan nyaman.

Setelah itu berkediplah dengan kuat, tahan selama 3 detik, lalu buka mata. Ulangi gerakan ini selama 30-45 detik. Selain berkedip dengan kuat, Anda juga bisa melakukan gerakan berkedip dengan cepat.

Caranya kedipkan mata Anda sebanyak 10 kali dengan hitungan yang cepat. Setelah itu tutup mata dan istirahatkan selama 20 detik. Anda bisa mengulanginya sebanyak 5 kali.

Gerakan 20-20-20

Mata lelah juga bisa diatasi jika Anda disiplin melakukan gerakan 20-20-20. Senam mata ini cocok untuk Anda yang kesehariannya selalu bekerja di depan layar komputer atau gadget.

Caranya adalah setiap 20 menit, alihkan pandangan Anda dari layar komputer, buku, ataupun gadget lainnya. Setelah itu arahkan pandangan ke arah sejauh 20 kaki, atau sekitar 6 meter. Tahan pandangan Anda selama 20 detik. 

Mengubah-ubah Fokus Penglihatan

Untuk melakukannya, pertama Anda harus posisikan tubuh senyaman dan serileks mungkin. Setelah itu posisikan telapak tangan Anda di antara kedua mata.Gerakkan tangan menjauh dari mata, lalu tarik hingga posisinya hampir menempel wajah Anda. 

Fokuskan pandangan mata Anda pada tangan bergerak tersebut. Lakukan gerakan ini minimal 10 kali sampai mata Anda mulai terasa nyaman. Selain tangan, Anda juga bisa menggunakan objek lain, seperti pensil atau pulpen.

Segarkan Mata Lelah dengan Witch Hazel

Jika Anda sudah melakukan senam mata namun mata masih terasa lelah. Anda bisa menyegarkan kembali mata Anda dengan cairan pembersih mata khusus dengan kandungan witch hazel.

Ekstrak alami dari tanaman witch hazel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Termasuk untuk membersihkan mata, menyejukkan mata, dan mengembalikan kesegaran mata yang mengalami kelelahan. 

Kandungan witch hazel ini bisa Anda temukan pada produk Y-Rins. Y-Rins adalah larutan pencuci mata khusus yang dapat membantu membersihkan, menyejukkan, dan menyegarkan mata yang lelah dan sakit.

Facebook
Twitter
LinkedIn