Sarapan adalah makanan yang terpenting untuk memulai hari Anda. Mengonsumsi sarapan yang tepat, dapat mengontrol berat badan, mencegah diabetes, serta meningkatkan konsentrasi Anda.

Salah satu makanan sehat yang bisa Anda santap untuk sarapan adalah oat. Oat memilki beragam nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan namun ia punya rasa yang hambar dan tekstur lembek sehingga banyak orang yang kurang menyukainya.

Nah, agar tersaji lebih lezat dan bernutrisi tinggi, ada 3 resep oatmeal lezat  untuk sarapan bebas lemak yang bisa Anda coba.

Manfaat Oatmeal 

Sebelum masuk pada resep, mari kita bahas mengenai manfaat oat bagi kesehatan. Oat sendiri pertama kali diperkenalkan di Indonesia ketika zaman penjajahan Belanda dan memang sudah terkenal sebagai santapan sarapan. Oat sangat tinggi akan serat, magnesium, protein, fosfor, hingga vitamin B1. Oleh sebab itu oat sangat bermanfaat bagi tubuh, di antara lain:

Memberikan Energi

Kandungan protein dalam oat yang tinggi sehingga mampu menghasilkan energi bagi tubuh. Hal ini juga diperkuat dengan hasil studi yang dipublikasi dalam International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism, dalam hasil studi tersebut disebutkan mengonsumsi oat sebagai menu sarapan dapat menghasilkan energi bagi tubuh. Bahkan jika dikonsumsi secara rutin dan dibarengi dengan olahraga akan membantu pembentukan otot.

Mencegah Kanker Usus

Serat dari oat yang bersifat larut dan tidak larut akan mempercepat alur pelepasan dari kanker usus besar. Oat juga mudah terurai dalam air sehingga meringankan kerja lambung dan mempermudah proses cerna.

Mencegah Diabetes

Magnesium yang tinggi dalam oat mampu mengatur kadar insulin dan glukosa dalam tubuh. Glukosa yang dihasilkan juga dapat diubah menjadi sumber energi.

3 Resep Oatmeal Lezat

Oat memang memiliki rasa yang hambar, namun jika Anda mengonsumsinya sebagai sarapan Anda akan merasa kenyang hingga waktu makan siang tiba.

Dalam secangkir oatmeal setidaknya terdapat 150 kalori dan mencukupi 15% kebutuhan asupan serat dan 10% zat besi. Agar menikmati oat tidak terasa hambar dan tersaji lezat, 3 resep oat lezat untuk sarapan bebes lemak ini bisa Anda coba di rumah:

Pancake Oat

Pancake menjadi menu sarapan terfavorit tentu tidak ada salahnya jika menggabungkannya dengan oat sehingga sarapan Anda lebih bernutrisi. Cara membuatnya juga mudah. 

Untuk membuat pancake oat dibutuhkan:

100 gr Oatmeal

100 gr tepung terigu

50 gr gula pasir

1 sdt baking powder

¼  sdt soda kue

200 ml susu cair

200 ml yoghurt tawar

2 butir telur ayam

2 sdm mentega tawar leleh

Cara membuat:

Campurkan oatmeal, tepung, gula, baking powder, dan soda kue dalam wadah hingga merata. Setelah merata sisihkan adonan.

Kocok yoghurt, susu dan telur dalam wadah yang berbeda. Setelah semua tercampur, baru masukan adonan lalu aduk campuran keduanya hingga licin. 

Panaskan wajan datar atau Anda juga bisa menggunakan teflon dengan api sedang, oleskan mentega leleh. Lalu tuang adonan ke dalam wajan. Masak sampai adonan mengeluarkan gelembung-gelembung pada permukaannya dan bagian bawah mulai kecoklatan. Kemudian balik pancake dan setelah kedua sisi kecoklatan, angkat.

Sajikan pancake dan Anda juga bisa menambahkan sirup maple untuk menambah kelezatan.

Oat Almond Banana

Resep kedua ini mencoba menggabungkan kacang-kacangan dan buah. Cara membuatnya juga tidak kalah mudah dengan resep yang pertama, bahan-bahannya juga mudah didapatkan di supermarket terdekat.

Untuk membuat oat almond banana dibutuhkan:

100 gr oatmeal

1 sdm madu

1 buah pisang iris

Almond panggang

Cara membuat:

Panaskan air dengan api sedang, setelah air mendidih masukan oatmeal lalu aduk hingga rata dan air terserap dan mengental.

Sajikan oatmeal dalam mangkuk dan siram dengan madu, masukan potongan pisang dan almond. Sarapan oat lezat pun siap.

Oat Kocok

Resep yang satu ini sangat cocok jika Anda ingin sesuatu yang praktis dan cepat. 

Anda bisa mengkreasikan oat dengan membuatnya jadi minuman kocok layaknya milkshake. 

Untuk membuat oat kocok dibutuhkan

2 sdt Oat

1 buah pisang

1 buah apel

Madu

Kayu manis bubuk

Segelas susu

Cara membuat:

Blender dua sendok teh oat, satu buah pisang, satu buah apel yang sudah dipotong, madu, kayu manis bubuk, dan segelas susu. Campurkan hingga halus dan oat kocok bebas lemak pun siap dinikmati untuk sarapan.

Mengonsumsi oatmeal juga baik bagi Anda yang sedang melakukan diet karena oat akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan tetap berenergi sepanjang hari. Selain mengonsumsi oat, untuk meoptimalkan diet Anda, tidak ada salahnya juga untuk mengonsumsi suplemen makan.

Suplemen makan dapat membantu membakar lemak, salah satunya Slendy yang berbentuk tablet hisap. Slendy tersedia dalam dua rasa buah yang enak yaitu jeruk dan anggur. Untuk mendapatkan Slendy juga mudah karena Anda tidak perlu membutuhkan resep dokter.