Selain basket, sepakbola, atau bulutangkis, futsal merupakan salah satu olahraga favorit di Indonesia. Bukan hanya wahana olahraga dan melatih fisik, tak jarang futsal juga jadi ajang mempererat pertemanan.

Anda jadi salah satu orang yang diajak teman untuk kongkow sambil futsal? Ada beberapa hal yang Anda harus ketahui.

Futsal merupakan olahraga bola kaki yang dilakukan oleh 2 tim dengan masing-masing 5 anggota. Futsal ibarat sepakbola mini, karena dilakukan dengan jumlah orang yang lebih sedikit dan di lapangan yang lebih kecil. Futsal juga bisa dilakukan di lapangan indoor maupun outdoor, dan dengan berbagai tipe permukaan atau lantai lapangan.

Barang yang Wajib Dibawa Saat Main Futsal

Bagi para anak muda, futsal sangat digemari maka tak jarang setiap malam minggu lokasi penyewaan lapangan futsal selalu ramai dipesan. Namun sebelum melakukan pertandingan, apakah Anda sudah tahu barang wajib apa yang harus dibawa ke lokasi pertandingan?

Berikut daftar barang wajib yang harus Anda bawa saat akan bermain futsal:

Sepatu Futsal

Barang pertama yang wajib Anda bawa saat akan bermain futsal pastinya adalah sepatu. Sepatu futsal berbeda dengan sepatu sepakbola biasa, karena ia tidak memiliki pull dibagian bawahnya.

Bagi Anda yang belum pernah membeli sepatu futsal maka pastikan Anda menggunakan sepatu yang sesuai jenis kaki agar nyaman dan meminimalisir cedera

Untuk mengetahui jenis kaki caranya sangat mudah, basahi kaki Anda lalu letakkan kaki Anda di atas selembar kertas. Dari jejak tersebut akan diketahui apa tipe kaki Anda. Tipe kaki ini dibedakan berdasarkan titik tumpu kaki. Ada 3 jenis kaki yang umum diketahui:

  • Tipe normal : beban tubuh bertumpu pada bagian tengah kaki. Sepatu yang cocok dengan tipe ini adalah jenis sepatu yang lentur agar pergerakan kaki menjadi lebih mudah.
  • Tipe rata (flat arch) : beban tubuh bertumpu pada bagian dalam kaki. Jenis kaki ini disarankan menggunakan sepatu yang memiliki bantalan di bagian tengah sepatu. Orang dengan tipe kaki ini biasanya akan sering merasa pegal
  • Tipe supination : tubuh bertumpu pada bagian luar kaki. Pemilik kaki jenis ini cocok dengan sepatu yang memiliki bantalan atau sol yang tebal di bagian depan kaki agar tumpuan semakin seimbang.

Kaus Kaki

Setelah sepatu, jangan lupa juga untuk melengkapi perlengkapan futsal Anda dengan kaus kaki. Sangat disarankan untuk memilih ukuran kaus kaki yang panjang agar memudahkan pemakaian dekker.

Selain itu, manfaat penggunaan kaus kaki diantaranya sebagai bentuk perlindungan dari lecet yang bisa menyebabkan infeksi dan mencegah timbulnya bau kaki akibat keringat.

Shin Pad alias Dekker

Jelang pertandingan futsal jangan lupa untuk memasukkan shin pad atau yang dikenal dengan sebutan dekker ke dalam daftar barang yang wajib Anda bawa.

Dekker ini bertujuan untuk melindungi tulang kering kaki Anda dari benturan. Dekker dapat digunakan di dalam kaus kaki yang tadi sudah Anda siapkan.

Dalam pemilihan dekker Anda bisa menyesuaikan ukurannya dengan tinggi badan Anda. Dekker biasanya dipasang minimal 5 cm di bawah lutut. Oleh karena itu carilah ukuran dekker yang mampu menutupi area antara lutut dan pergelangan kaki Anda.

Bagi Anda yang bermain di posisi kiper maka ada baiknya Anda menambahkan knee pad untuk melindungi lutut dan elbow pad untuk melindungi siku. Ini digunakan untuk melindungi Anda saat terjadi benturan maupun saat terjatuh.

 Jersey dan Celana Futsal

Setiap tim biasanya sudah memiliki jersey tim tersendiri. Untuk olahraga futsal disarankan untuk memilih bahan kaus yang ringan, memiliki sistem sirkulasi udara yang baik, dan pastinya nyaman digunakan. Beberapa jenis bahan jersey yang bagus adalah dry-fit, paragon, waffer, hyget salur, dan hyget serena.

Jockstrap

Bagi Anda yang khawatir bagian vitalnya akan terkena benturan dengan bola maupun dengan pemain lawan, Anda bisa menggunakan jockstrap sebagai pelindung tambahan. Jockstrap ini terbuat dari karet pelindung yang mampu melindungi bagian genital Anda dari benturan.

Pakaian Ganti

Pasca bermain futsal, badan Anda pastilah basah kuyup karena keringat. Ada baiknya Anda membawa pakaian ganti untuk dipakai setelah selesai bertanding. Menggunakan jersey yang berkeringat dapat membuat Anda mudah terkena serangan penyakit seperti demam dan flu.

Peralatan Medis

Olahraga futsal biasanya berjalan sangat intens dan bertensi tinggi. Maka tak jarang benturan dengan pemain lawan akan sering terjadi. Beberapa cedera yang sering terjadi saat pertandingan futsal diantaranya keseleo, patah tulang, ligamen robek, tendonitis, hamstring, dan meniscus.

Oleh karena itu pastikan untuk membawa kotak peralatan medis yang beris alat pembersih atau antiseptik, kain kasa atau perban, obat pereda rasa sakit, iodin, pinset dan kapas, obat nyeri sendi, dan bidai serat tali pengikat untuk jaga-jaga jika ada yang patah tulang.

Pasca pertandingan futsal tak jarang muncul memar akibat benturan, maka dari itu jangan lupa untuk memasukkan Thromboflash ke perlengkapan medis Anda. Thromboflash adalah salep (gel) yang berfungsi untuk mencegah dan mengobati gangguan pembuluh darah seperti luka dalam alias lebam atau memar.

Thromboflash mengandung heparin sodium yang bekerja dengan cara melarutkan gumpalan darah yang berada di bawah permukaan kulit akibat memar, sehingga membantu mengurangi peradangan sekaligus melancarkan peredaran darah untuk mempercepat penyembuhan.

Facebook
Twitter
LinkedIn