Wasir adalah kondisi saat pembuluh darah vena di sekitar anus meradang atau bengkak. Kondisi ini sering juga disebut dengan istilah hemorrhoid atau yang ambeien.

Wasir sangat umum terjadi dan jika Anda mengalami ini, tidak perlu khawatir. Wasir tidak berbahaya dan bukan kondisi yang bisa menular.

Biasanya, wasir dapat sembuh dengan sendirinya atau menggunakan obat wasir jika ingin proses penyembuhan lebih cepat.

Penyebab Wasir Saat Hamil

Banyak faktor yang dapat menyebabkan timbulnya wasir di area sekitar anus (dubur) Anda. Terlalu lama duduk, atau tekanan yang terlalu besar ketika buang air besar sering menjadi faktor utama munculnya wasir.

Tapi, wasir juga sangat wajar terjadi terhadap ibu hamil.

Jika ini terjadi pada Anda, istri, atau orang terdekat yang sedang hamil, beberapa faktor di bawah ini merupakan penyebab utama tumbuhnya wasir terhadap ibu hamil.

1. Usia Kandungan

Semakin tua usia kandungan, berarti semakin besar juga janin yang ada di dalam perut. Ukuran rahim yang besar akan berhimpitan dengan organ tubuh lainnya seperti usus, lambung, dan pembuluh darah.

Penyempitan ini akan menghambat aliran darah yang bisa menimbulkan wasir.

2. Perubahan Hormon

Perubahan hormon akan terjadi pada ibu hamil. Ketika hamil, kadar hormon progesteron secara alami akan mengalami peningkatan. Hal ini dibutuhkan untuk menahan janin yang sedang tumbuh di dalam rahim.

Namun, perubahan hormon ini bisa memberikan dampak negatif. Salah satunya adalah menghambat saluran pencernaan.

Jalur makanan pada area pencernaan akan bekerja lebih lambat sehingga membuat ibu hamil akan lebih lambat dan sulit untuk buang air besar.

Faktor inilah yang bisa menimbulkan wasir.

3. Asupan Zat BesiĀ Berlebihan

Zat besi sangat dibutuhkan bagi ibu hamil untuk mencegah anemia dan untuk menjaga kesehatan janin.

Namun, asupan zat besi ini harus dikontrol. Jika berlebihan dapat menimbulkan efek yang membuat ibu hamil tidak nyaman, yaitu wasir.

Ini karena, terlalu banyak zat besi bisa membuat sembelit. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sembelit atau sulit buang air besar merupakan salah satu penyebab utama munculnya wasir.

4. Gerakan Fisik Terbatas

Semakin besar kandungan pasti akan membuat ibu hamil kesulitan untuk bergerak dan beraktivitas. Tidak hanya badan saja, namun organ-organ di dalam tubuh pun akan mengalami hal yang sama.

Senam hamil dan kegel dianjurkan salah satunya adalah untuk menjaga tubuh ibu hamil tetap aktif dan dapat terhindar dari wasir.

Cara Aman Mengobati Wasir Saat Hamil

Jika Anda ingin mengobati wasir secara cepat dan ampuh, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi obat seperti Clofen.

Clofen mengandung bahan-bahan alami seperti ekstrak pepaya yang dapat memperlancar buang air besar Anda.

Selain itu, Clofen juga mengandung troxerotin dan daun wangu untuk memperbaiki kelenturan pembuluh darah serta mencegah radang pada wasir.

Facebook
Twitter
LinkedIn