Pernahkah Anda mengalami sakit di area telapak kaki? Jika pernah, Anda bisa saja mengalami penyakit kulit seperti kutil, kapalan, atau mata ikan. Beberapa penyakit ini merupakan penyebab telapak kaki sakit. Anda tidak perlu khawatir jika mengalami sakit di telapak kaki, karena biasanya penyakit seperti kutil, kapalan, atau mata ikan yang menyerang ini tidak berbahaya dan apabila ditangani dengan baik dapat cepat sembuh. Meski tidak berbahaya dan tidak menular, penyakit yang menjadi penyebab telapak kaki sakit ini akan membuat Anda tidak nyaman dan tidak percaya diri. Untuk mengatasi penyakit penyebab telapak kaki sakit ini, yang perlu Anda lakukan adalah mengidentifikasi penyakit yang menyerang serta segera lakukan pengobatan.

1. Kutil

Kutil adalah pertumbuhan kulit berlebih yang disebabkan virus bernama Human Papilloma Virus (HPV). Penyakit ini merupakan infeksi pada permukaan kulit yang ditandai dengan benjolan kecil, bertekstur kasar, berwarna pucat, serta terasa gatal dan sakit ketika disentuh. Meskipun tidak membahayakan, terkadang tempat tumbuhnya kutil adalah pada bagian tubuh yang mudah dilihat sering membuat orang menjadi kurang percaya diri. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kutil merupakan tumor jinak yang tidak berbahaya dan dapat disembuhkan jika ditangani dengan benar.

Penyebab Kutil

Kutil merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh virus HPV, virus ini dapat dengan mudah menyebar melalui sentuhan. Anda dapat terserang virus ini jika berinteraksi langsung dengan orang yang terkena virus ini. Menyentuh atau menggaruk kutil bisa menyebabkan Anda terinfeksi virus HPV. Kulit lembab dan luka luar yang digaruk juga sering menjadi penyebab tumbuhnya kutil. Kulit basah dan lembab sering terjadi ketika Anda berada di kolam renang atau berada di kamar mandi. Sebaiknya keringkan dengan sempurna seluruh bagian badan Anda setelah terkena air agar terhindar dari virus HPV ini. Kulit yang terluka pun jangan Anda biarkan atau Anda sentuh ketika tangan belum bersih. Jika kulit terluka segera obati dan tutup luka tersebut agar tidak mudah terinfeksi.

2. Kapalan

Kapalan atau callus adalah penebalan dan pengerasan kulit akibat gesekan yang berlebihan.  Bagian kulit yang sensitif seperti telapak kaki, tumit, tangan, atau jari merupakan bagian kulit yang paling sering mengalami kapalan. Kapalan umumnya muncul untuk melindungi kulit yang sensitif dari gesekan dengan intensitas yang tinggi. Kapalan bukan merupakan penyakit yang dapat membahayakan Anda. Namun, kapalan ini sering membuat rasa sakit dan rasa yang tidak nyaman dalam waktu yang cukup lama.

Penyebab Kapalan

Penyebab utama dari kapalan adalah gesekan yang sering terjadi pada area kulit terutama area kulit yang sensitif. Aktivitas seperti berolahraga, bermain alat musik, hingga mengoperasikan alat berat bisa jadi penyebab utamanya. Telapak kaki dan telapak tangan memiliki lapisan kulit yang tipis dan sensitif. Jika bagian ini sering mengalami gesekan, maka tubuh akan merespon gesekan ini dengan menumbuhkan kulit baru yang lebih tebal. Kulit tebal inilah yang disebut sebagai kapalan.

3. Mata Ikan

Mata ikan atau clavus adalah penebalan kulit akibat tekanan dan gesekan yang terjadi berulang kali. Namun berbeda dengan kapalan, mata ikan memiliki ukuran lebih kecil serta terjadi peradangan di sekitar area kulit yang terinfeksi, dan akan terasa sangat nyeri apabila ditekan. Seperti namanya, penyakit ini menyerupai mata ikan. Pada bagian tengahnya akan berwarna kuning, serta bagian sekitarnya akan mengalami peradangan yang terkadang kering, bersisik, atau berminyak. Mata ikan bukan penyakit yang berbahaya namun penyakit ini dapat memberikan rasa sakit serta rasa yang tidak nyaman bagi Anda.

Penyebab Mata Ikan

Ada dua penyebab utama tumbuhnya mata ikan: akibat gesekan yang keras dan sering serta penyebaran virus. Sama halnya seperti kutil, mata ikan dapat menyerang melalui virus HPV. Sedangkan gesekan yang keras sering terjadi pada area kaki ketika Anda menggunakan alas kaki yang tidak sesuai ukuran, menggunakan sepatu tanpa menggunakan kaos kaki, atau melakukan aktivitas yang berat.

Cara Mengobati Kutil, Kapalan, dan Mata Ikan

Penyakit dan kondisi seperti kutil, kapalan, dan mata ikan dapat menyerang siapa saja, namun Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menyembuhkannya. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan menggunakan obat oles yang mampu mengatasi penyakit kulit luar seperti kutil, mata ikan, dan kapalan dengan cepat seperti Callusol. Callusol adalah obat oles yang mampu mengatasi penyakit kulit luar seperti kutil, mata ikan, dan kapalan dengan cepat. Cara pakai Callusol pun sangat mudah, cukup dioles langsung ke kutil, kemudian tutup dengan perban. Kutil pun akan hilang sendiri setelah beberapa kali pemakaian. Apabila penggunaan obat saja tidak cukup untuk mengusir kutil, sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter untuk dilakukan tindakan lebih lanjut.