Pernahkah Anda mengalami kondisi dimana penglihatan tiba-tiba buram di tengah aktivitas? Ternyata ini bisa disebabkan kondisi kesehatan mata yang buruk lho. Untuk mencegah hal tersebut terjadi lagi, Anda harus mengenali penyebab pandangan kabur.

Jangan panik jika Anda mengalami pandangan kabur secara tiba-tiba. Karena ini bukanlah kondisi yang serius dan sangat umum terjadi. Kondisi ini bisa terjadi pada salah satu mata saja, maupun pada keduanya.

Gejala Pandangan Kabur

Orang yang mengalami pandangan kabur akan kesulitan melihat suatu objek yang mendetail. Selain penglihatan yang menjadi blur, pandangan kabur juga biasanya diikuti beberapa gejala lain. Diantaranya:

  • Mata menjadi sensitif terhadap cahaya.
  • Munculnya floaters atau bintik-bintik sepanjang pandangan.
  • Mata gatal.
  • Gejala mata kering.
  • Produksi air mata meningkat.
  • Kotoran mata berlebih.

Pandangan kabur bisa menjadi gejala adanya penyakit di dalam tubuh penderitanya. Atau bisa juga jadi tanda adanya gangguan pada kemampuan penglihatan.

Penyebab Pandangan Kabur

Penglihatan yang tiba-tiba kabur dapat disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari gaya hidup, efek samping obat, maupun adanya penyakit tertentu. Agar semakin waspada, berikut penyebab pandangan kabur yang harus Anda waspadai.

Mata Tegang

Kondisi ini biasanya terjadi pada orang yang terlalu lama menatap layar gadget mereka. Pandangan kabur menjadi salah satu tanda seseorang mengalami Computer Vision Syndrome (CVS).

Mata yang dipaksa untuk fokus dan menatap layar dalam waktu lama dapat mengalami kelelahan. Agar keluhan ini tidak terjadi Anda disarankan untuk selalu memberikan jeda dari layar gadget.

Gangguan Refraksi Mata

Rabun jauh (myopia), rabun dekat (hyperopia), dan presbyopia merupakan beberapa gangguan refraksi mata yang bisa sebabkan pandangan kabur. Kondisi ini terjadi akibat adanya perubahan bentuk kornea, bentuk bola mata, dan adanya gangguan pada lensa mata.

Untuk mengatasi hal ini biasanya penderita disarankan untuk menggunakan kacamata khusus. Dimana lensa yang digunakan sudah disesuaikan dengan kondisi mata.

Konjungtivitis

Masyarakat umum biasanya menyebut kondisi ini sebagai mata merah. Mata merah bisa disebabkan oleh infeksi virus bernama adenovirus. Selain pandangan kabur, virus ini juga bisa sebabkan flu, sakit tenggorokan, hingga bronkitis.

Kondisi ini biasanya bisa sembuh dengan sendirinya antara 1-2 minggu. Akan tetapi jika gejala yang Anda alami tak membaik dalam kurun waktu tersebut, segera hubungi dokter.

Degenerasi Makula

Makula merupakan area di sekitar retina yang berfungsi untuk meningkatkan ketajaman penglihatan. Nah, seiring bertambahnya usia maka kemampuan makula akan semakin menurun.

Akibatnya ketajaman penglihatan juga akan semakin berkurang. Oleh karena itu penderita gangguan ini akan sering mengalami pandangan kabur.

Migrain

Jika Anda mengalami pandangan kabur secara tiba-tiba lalu diikuti gejala lain. Seperti sensitif terhadap cahaya, bisa jadi ini adalah gejala awal Anda akan terserang migrain

Tak hanya pandangan kabur, biasanya penderita migrain juga bisa mengalami gangguan penglihatan lain. Seperti hilangnya penglihatan sementara, munculnya floaters, dan melihat kilatan cahaya.

Diabetes

Orang dengan penyakit diabetes memiliki risiko tinggi terkena retinopati diabetik. Kadar gula yang terlalu tinggi dalam darah dapat merusak pembuluh darah kecil yang ada di retina mata.

Kerusakan yang terjadi berupa pembengkakan pada area makula. Selain penglihatan kabur, penderita retinopati diabetik juga akan mulai melihat floaters. Bahkan ada juga risiko kehilangan kemampuan penglihatan secara permanen.

Tekanan Darah Tinggi

Darah tinggi bisa sebabkan stroke mini pada mata, atau disebut juga oklusi vena. Kondisi ini biasanya terjadi hanya pada salah satu mata saja. Selain itu stroke yang menyerang otak juga bisa sebabkan pandangan kabur.

Stroke pada otak akan mempengaruhi bagian otak yang mengontrol penglihatan. Kondisi itu akan sebabkan Anda mengalami pandangan kabur ataupun penglihatan ganda. Jika oklusi vena terjadi pada salah satu mata saja, maka stroke bisa menyerang kedua mata.

Penggunaan Lensa Kontak

Jika Anda menggunakan softlens untuk beraktivitas, maka risiko pandangan kabur juga bisa terjadi. Softlens yang kurang dijaga kebersihannya dapat mengganggu fungsi penglihatan Anda.

Bahkan bisa juga menyebabkan keratitis atau infeksi pada kornea mata. Untuk menghindarinya maka Anda harus menjaga kebersihan softlens dan juga penyimpanannya.

Apa yang Harus Dilakukan Saat Pandangan Kabur Tiba-Tiba?

Jika Anda mengalami pandangan kabur akibat adanya riwayat penyakit maka sebaiknya konsultasikan masalah pada dokter spesialis. Akan tetapi jika pandangan kabur yang Anda alami akibat kelelahan mata atau akibat gaya hidup yang salah ada solusi mudah.

Umumnya pandangan kabur terjadi karena mata yang lelah. Anda bisa mengembalikan kesegaran mata Anda dengan cairan pembersih mata yang mengandung witch hazel. Ekstrak tanaman witch hazel terkenal dengan manfaatnya untuk kesehatan mata.

Mulai dari membersihkan mata, menyejukkan, dan mengembalikan kesegaran mata yang lelah. Kandungan witch hazel ini bisa Anda temukan pada Y-Rins. Produk cairan pembersih mata yang diformulasikan khusus agar aman dipakai sehari-hari.