Mata adalah salah satu indera yang sangat sensitif, oleh sebab itu mata akan langsung bereaksi seperti mengeluarkan air mata, memerah, hingga mata kuning.

Dalam istilah medis, mata kuning disebut sclera icterus.

Sklera adalah bagian putih pada mata. Jika warnanya menjadi kuning, berarti itu ada indikasi sesuatu. Penyebab mata kuning beragam dan perlu penanganan yang segera.

Penyebab Mata Kuning

Banyak sekali penyebab mata kuning yang membuat kesehatan mata kita berkurang atau menandakan komplikasi penyakit yang serius. Namun sebenarnya, yang berubah warna bukanlah sklera, melainkan konjungtiva yaitu lapisan terluar mata selain kornea.

Mata kuning juga dialami oleh bayi yang baru lahir. Ini karena liver mereka belum optimal mengatur kadar bilirubin dalam tubuh, sehingga terjadi penumpukan di kulit dan mata.

Setidaknya 60% bayi terutama yang lahir secara prematur mengalami hal ini.

Berikut ini penyebab mata kuning yang perlu Anda perhatikan:

1. Penyakit Kuning

Mata kuning merupakan salah satu tanda penyakit kuning. Hal ini terjadi ketika komponen pembawa oksigen dalam darah, yang disebut hemoglobin, terurai menjadi bilirubin dan tersebar ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.

Bilirubin seharusnya bergerak dari hati ke seluruh empedu, dan akan dikeluarkan oleh tubuh melalui tinja. 

Bilirubin adalah zat sisa yang memberi warna pada tinja. Oleh karena itu, jika ada gangguan dalam proses ini, maka bilirubin akan menumpuk di kulit dan mata. 

Pada orang dewasa, penyakit kuning mungkin menunjukan kerusakan pada hati, dan jika tidak diidentifikasi dapat mengakibatkan gagal hati. 

2. Sirosis Hati

Beberapa kondisi genetik dapat menyebabkan sirosis hati. Kondisi seperti hemochromatosis, yang mengakibatkan kelebihan zat besi yang terkumpul di hati sehingga memengaruhi fungsinya. Gejala yang muncul dalam tahap lanjut sirosis hati salah satunya penyakit kuning. 

Sirosis juga bisa terjadi karena konsumsi alkohol dalam jangka panjang-8 hingga 10 tahun, hepatitis B, hepatitis C kronis, hancurnya saluran empedu, penyakit wilson. 

Kondisi ini juga memengaruhi nafsu makan, penurunan berat badan yang drastis, mual, dan mudah lelah.

3. Gangguan Pankreas

Saluran pankreas dan saluran empedu bersatu mengalir menuju usus kecil. Jika terdapat gangguan pada saluran pankreas atau saluran pankreas tersumbat, empedu menjadi tidak dapat mengalir dengan baik sehingga menyebabkan penyakit kuning.

4. Kelainan Darah

Mata kuning juga bisa disebabkan oleh kelainan sel darah merah sehingga mudah pecah. Karena alasan ini, memengaruhi umur dari sel darah merah atau produksinya sehingga dapat menyebabkan mata menguning. 

Kelainan darah anemia hemolitik menjadi salah satu yang dapat menyebabkan mata menjadi kuning, ini disebabkan obat, reaksi dari ketidakcocokan transfusi darah.

5. Pinguecula

Kondisi mata menguning ini disebabkan oleh penumpukan lemak, protein atau kalsium. Pinguecula tidak ada hubungannya dengan kelainan organ dalam.

Penderita pinguecula akan memiliki bintik kuning yang tumbuh tepat di lapisan bening kelopak mata, baik di salah satu mata atau keduanya.

6. Mata Terkena Debu

Debu yang masuk juga bisa menjadi penyebab mata kuning. Reaksi kita menggosok mata ketika debu masuk membuat mata rentan menggores mata dan menjadi kuning. Karena debu merupakan partikel kecil yang kasar. 

7. Terkena Asap

Asap menyebabkan mata menjadi pedih, dan biasanya akan timbul reaksi mata keluar air dan menjadi kuning. Saat ini juga kita menggosok mata kita.

8. Terlalu Lama Menatap Layar Komputer atau HP

Ini mungkin salah satu penyebab yang paling banyak dialami. Keharusan pekerjaan menyebabkan kita tidak bisa terlepas menatap layar laptop atau juga HP. Radiasi dari layar laptop membuat mata kuning.

Tidak hanya itu, efek buruknya juga membuat mata lelah, membuat penglihatan buram dan kabur.

Menatap layar laptop terlalu lama juga membuat mata kering dan lelah, jika sudah begini akan menimbulkan rasa gatal.

Coba untuk kembalikan kesegaran mata dan memutihkannya kembali dengan Y-Rins yang bisa didapatkan tanpa resep dokter dan tersedia di apotek, toko obat, dan tempat lainnya.

Y-Rins juga bisa membantu membersihkan mata yang terkena debu maupun asap.

Bagusnya lagi, tidak seperti obat tetes mata yang dijual di Indonesia, larutan pencuci mata Y-Rins tidak mengandung bahan pengawet sehingga amat digunakan setiap hari.

9. Kekurangan Vitamin A

Mata kuning bisa juga disebabkan karena kita kekurangan vitamin A yang sering kita anggap sepele. Kekurangan vitamin A juga bisa membuat penglihatan kita terganggu. 

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin A, cobalah Anda lebih sering makan wortel, labu, dan melon.