Kutil adalah pertumbuhan kulit berlebih yang disebabkan virus bernama Human Papilloma Virus (HPV). Kutil merupakan tumor jinak yang tidak berbahaya dan dapat disembuhkan jika ditangani dengan benar.

Meskipun tidak membahayakan, namun kutil dapat memberikan rasa yang tidak nyaman seperti nyeri, infeksi, dan juga gatal. Terkadang tempat tumbuhnya kutil adalah pada bagian tubuh yang mudah dilihat sering membuat orang menjadi kurang percaya diri.

Aktivitas Sehari-hari yang Bisa Jadi Penyebab Kutil

Selain karena kurang menjaga kebersihan, Anda juga bisa terserang virus kutil jika berinteraksi langsung dengan kutil yang ada di tubuh orang lain.

Virus kutil dapat menyerang Anda kapan pun dan di mana pun. Contohnya pada kegiatan yang rutin Anda lakukan sehari-hari seperti:

1. Menggunting Kuku

Jari dan tangan merupakan bagian tubuh yang paling rentan terserang virus penyebab kutil.

Jika Anda kurang memperhatikan kebersihan daerah jari dan tangan, virus penyebab kutil dapat menyerang area tangan dengan cepat. Kasus paling sering terjadi adalah ketika menggunting kuku.

Menggunakan gunting kuku yang kurang bersih, atau jika Anda tidak membersihkan jari-jari setelah menggunting kuku, bisa menjadi faktor utama virus kutil dapat tumbuh.

Jaga baik-baik kebersihan gunting kuku serta rajinlah membersihkan jari dan tangan untuk mencegah virus kutil tumbuh dan berkembang di area tangan Anda.

2. Mencukur Bulu

Virus kutil bisa dapat dengan cepat menyebar dan tumbuh pada area yang lembap. Gesekan antara pisau cukur dan permukaan kulit yang kasar dapat menyebabkan infeksi.

Sama halnya seperti menggunting kuku, mencukur bulu dengan tidak hati-hati dapat menyebabkan virus kutil tumbuh dan berkembang.

Tidak memperhatikan kebersihan alat cukur serta tidak membersihkan bagian tubuh yang telah dicukur dengan seksama juga bisa menjadi faktor utama munculnya kutil.

3. Berenang di Tempat Umum

Virus kutil sangat menyukai area yang basah dan lembap. Contohnya adalah di kolam renang umum.

Air kolam renang adalah salah satu tempat ideal untuk virus kutil tumbuh dan berkembang.

Sebaiknya bilas dan bersihkan baik-baik seluruh bagian badan, terlebih di sela-sela antara jari kaki dan tangan setelah berenang. Atau gunakan sepatu berenang untuk lebih mencegah virus kutil menyerang kaki Anda.

4. Jatuh Sakit

Menurunnya daya tahan tubuh membuat tubuh tidak bisa menahan virus-virus yang datang menyerang, salah satunya jika virus penyebab kutil menghampiri.

Virus ini bisa menyerang dan tumbuh berkembang pada tubuh seseorang yang rentan dan memiliki daya tahan tubuh yang rendah.

Solusi Cepat Menghilangkan Kutil

Kutil dapat menyerang siapa saja. Namun, apabila ada kutil tumbuh pada tubuh Anda, tidak perlu khawatir.

Salah satu solusi paling ampuh untuk membunuh virus kutil dan menghilangkan kutil pada tubuh Anda adalah dengan menggunakan Callusol.

Callusol adalah obat oles yang mampu mengatasi penyakit kulit luar seperti kutil, mata ikan, dan kapalan dengan cepat.

Cara pakai Callusol pun sangat mudah, cukup dioles langsung ke kutil, kemudian tutup dengan perban. Kutil pun akan hilang sendiri setelah beberapa kali pemakaian.

Apabila penggunaan obat saja tidak cukup untuk mengusir kutil, sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter untuk dilakukan tindakan lebih lanjut.

Facebook
Twitter
LinkedIn