Normalnya kuku yang ada di jari manusia memiliki warna yang putih dan bening serta teksturnya yang halus. Jika ada perubahan baik warna maupun tekstur pada kuku seperti warna yang menghitam, ini bisa jadi indikator bagi kesehatan tubuh.

Kuku terutama bagian jempol kaki yang berubah warna menjadi hitam bisa disebabkan banyak hal. Mulai dari trauma atau cedera, infeksi, hingga gejala kanker. Jika Anda memiliki kuku jempol kaki hitam, sebaiknya simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Kuku Jempol Kaki Hitam

Ada banyak penyebab kuku jempol kaki hitam, mulai dari yang biasa hingga yang berbahaya. Jika Anda memiliki jempol kaki yang menghitam, coba kenali beberapa penyebabnya berikut ini:

Trauma atau Cedera

Penyebab kuku jempol kaki hitam yang paling umum adalah terjadinya trauma akibat benturan yang mengenai langsung bagian kuku. Kondisi ini disebut dengan subungual hematoma, alias memar atau pendarahan yang terjadi di bawah permukaan kuku.

Kondisi ini sering dialami orang yang aktif melakukan olahraga yang memberikan tekanan pada kaki, seperti balerina dan pelari. Trauma juga bisa terjadi akibat kaki yang tertimpa atau terlindas benda berat.

Kondisi ini menyebabkan pembuluh darah di sekitar jari kaki pecah, alhasil kuku memar dan menghitam. Selain memar, rasa nyeri yang hebat juga bisa timbul akibat insiden ini. 

Infeksi Bakteri dan Jamur

Selain trauma, penyebab kuku jempol kaki hitam yang juga sering ditemui adalah infeksi oleh bakteri dan jamur. Infeksi ini bisa terjadi pada kaki yang lembab, kotor, dan kurang terjaga kebersihannya.

Jamur yang tumbuh pada kuku mengakibatkan warna kuku berubah menjadi kusam dan gelap. Selain itu kuku juga akan menghasilkan bau yang tidak sedap dan juga menimbulkan rasa gatal.

Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan salep khusus anti jamur. Agar terhindar dari infeksi Anda disarankan untuk selalu menjaga kebersihan kaki.

Perubahan Hormon

Fluktuasi hormon juga bisa menyebabkan perubahan warna pada kuku jari Anda. Perubahan hormon terhadap pigmentasi melanin pada tubuh bisa saja meningkat di beberapa bagian tubuh termasuk di bawah jari-jari Anda.

Meningkatnya pigmentasi melanin ini menyebabkan kuku akan terlihat lebih gelap atau menghitam daripada normalnya.

Kanker Kulit atau Melanoma

Salah satu jenis kanker kulit yang bisa menyerang kuku baik kuku kaki maupun tangan adalah melanoma. Gejala awalnya adalah timbulnya garis vertikal dari pangkal hingga ujung kuku yang berwarna hitam atau coklat.

Selain warna, tekstur kuku juga berubah dan tumbuh menjadi lebih tebal dan lebih rapuh. Untuk memastikan hal ini Anda disarankan untuk segera menghubungi dokter jika sudah memiliki gejala tersebut.

Adanya Riwayat Penyakit

Penyebab kuku jempol kaki hitam juga bisa karena adanya faktor riwayat penyakit tertentu. Mulai dari diabetes, penyakit ginjal, anemia, gangguan paru-paru, hingga penyakit jantung. Jika Anda memiliki riwayat penyakit itu, maka Anda memiliki risiko kuku hitam lebih tinggi.

Apakah Kuku Jempol Kaki Hitam Bisa Disembuhkan?

Jika anda mengalami kuku jempol kaki hitam karena hormon, kanker, dan juga riwayat penyakit maka untuk penanganan Anda harus berkonsultasi dengan dokter ahli agar mendapat penanganan yang tepat.

Akan tetapi jika Anda mengalami jempol kaki hitam akibat cedera dan infeksi jamur, perawatan sendiri di rumah masih bisa dilakukan. Apabila Anda mengalami infeksi jamur maka disarankan untuk menggunakan salep anti jamur pada kuku yang bermasalah.

Sedangkan jika Anda mengalaminya akibat cedera ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya:

  • Jika kuku Anda mengalami perdarahan maka tekanlah bagian kuku menggunakan kain bersih untuk menghentikannya.
  • Setelah itu bersihkan dengan air hangat. Lalu gunakan antiseptik dan tutup dengan plester.
  • Untuk meredakan nyeri Anda bisa melakukan kompres dingin.

Jika terjadi perdarahan dalam di area kuku dan sekitarnya, Anda bisa mengoleskan salep atau gel khusus yang mampu mengurai gumpalan darah tersebut. Gunakanlah salep yang mengandung heparin sodium.

Kandungan ini bekerja dengan cara melarutkan gumpalan darah yang berada di bawah permukaan kulit akibat memar, sehingga membantu mengurangi peradangan sekaligus melancarkan peredaran darah untuk mempercepat penyembuhan.

Namun Anda harus berhati-hati karena ada heparin sodium yang haram karena diambil dari protein babi. Anda bisa mendapatkan kandungan heparin sodium dari protein sapi yang halal dalam produk bernama Thromboflash.

Thromboflash mengandung heparin bovine yang terbuat dari protein sapi, sehingga sudah tersertifikasi halal dari MUI.

Facebook
Twitter
LinkedIn