Ambeien adalah peradangan atau pembengkakan pembuluh darah vena di bagian sekitar anus. Kondisi ini sering juga disebut dengan istilah wasir atau hemorrhoid.

Ambeien dapat dibagi menjadi dua jenis. Internal hemorrhoid adalah wasir yang muncul pada area sekitar rektum. Jenis ambeien ini biasanya tidak nyeri namun menyebabkan buang air besar Anda berdarah. Jenis berikutnya adalah eksternal hemorrhoid. Jenis ambeien ini terletak di luar anus dan akan muncul rasa gatal atau nyeri.

Ambeien bukan penyakit yang dapat menular dan berbahaya. Namun, penyakit ini bisa menyebabkan rasa sakit dan rasa kurang nyaman bagi penderitanya. Wasir dapat sembuh dengan sendirinya, namun jika ingin sembuh lebih cepat, Anda dapat menggunakan berbagai obat ambeien yang tersedia di apotik.

Penyebab Ambeien yang Sering Terjadi

Ada beberapa hal yang sering menyebabkan seseorang terkena wasir. Beberapa penyebab ambeien tersebut antara lain adalah:

1. Sembelit Kronis

Sembelit adalah kondisi melemahnya fungsi usus sehingga mengakibatkan feses menjadi lebih padat dan keras. Hal ini membuat buang air besar (BAB) menjadi lebih sulit. Anda membutuhkan tekanan dan tenaga yang lebih untuk mengeluarkannya.

Tekanan yang terlalu besar ketika ngeden saat BAB, perlahan-lahan akan membuat pembuluh darah dalam rektum dan anus membengkak.

Sembelit sering terjadi karena kurangnya cairan dan serat di dalam tubuh. Untuk menghindari terjadinya sembelit, Anda sebaiknya perhatikan asupan makanan Anda sehari-hari. Pastikan tubuh Anda memiliki serat dan cairan yang cukup.

Jika Anda sering menunda BAB pun bisa menjadi penyebab sembelit. Kurang berolahraga atau sedang mengalami stres pun bisa memicu penyebab timbulnya sembelit.

2. Duduk Terlalu Lama

Menurut sebuah riset yang dilakukan, rata-rata masyarakat perkotaan duduk selama lima hingga tujuh jam per harinya. Hal ini terjadi karena mereka yang lama duduk ketika bekerja, di perjalanan, atau ketika berkumpul.

Duduk terlalu lama dapat menjadi salah satu penyebab ambeien, pembuluh darah di sekitar anus akan terisi darah. Darah yang tidak tersalurkan dan terus mengumpul di area sekitar anus ini yang akan menekan dinding pembuluh darah sehingga membesar dan akan menimbulkan pembengkakan.

Biasanya orang yang mengalami ambeien karena terlalu lama duduk merupakan orang-orang yang bekerja di kantor. Biasanya mereka menghabiskan waktu berjam-jam dengan tidak meninggalkan tempat duduknya.

Untuk menghindari kejadian ini menimpa Anda, sebaiknya Anda tidak terlalu lama menghabiskan waktu untuk duduk serta luangkan waktu untuk melakukan gerakan aktif minimal 30 menit per harinya untuk melancarkan peredaran darah.

3. Hamil

Ibu hamil memiliki risiko yang cukup besar untuk menderita ambeien. Usia kandungan yang semakin membesar akan

Ukuran rahim yang besar akan berhimpitan dengan organ tubuh lainnya seperti usus, lambung, dan pembuluh darah. Penyempitan ini akan menghambat aliran darah yang bisa menimbulkan ambeien.

Selain itu, semakin besar kandungan pasti akan membuat ibu hamil kesulitan untuk bergerak dan beraktivitas. Tidak hanya badan saja, namun organ-organ di dalam tubuh pun akan mengalami hal yang sama.

Senam hamil dan kegel dianjurkan salah satunya adalah untuk menjaga tubuh ibu hamil tetap aktif dan dapat terhindar dari ambeien.

4. Mengangkat Beban Berat

Mengangkat beban berat berulang kali dan terus menerus dapat mengakibatkan ambeien. Hal ini disebabkan oleh penumpukan tekanan di bawah anus ketika mengangkat beban yang berat. Kondisi ini akan memengaruhi aliran darah dan pembuluh darah di sekitar anus.

5. Usia

Seiring dengan bertambahnya usia akan membuat fungsi organ tubuh tidak akan bekerja sebaik sebelumnya. Termasuk organ seperti usus, serta jaringan pembuluh darah di sekitar anus yang akan mulai melemah dan merenggang seiring dengan bertambahnya usia.

Hal ini akan membuat anus menjadi rentan dan membengkak. Untuk mengurangi risiko terjadinya ambeien bagi orang tua, sebaiknya perhatikan pola makan agar organ pencernaan tidak bekerja terlalu berat.

Cara Alami Mengobati Ambeien

Ambeien atau wasir dapat menyerang siapa saja. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ambeien bukan penyakit yang berbahaya dan dapat menular.

Jika Anda ingin mengobati wasir secara cepat dan ampuh, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi obat seperti Clofen. Clofen mengandung bahan-bahan alami seperti ekstrak pepaya yang dapat memperlancar buang air besar Anda.

Selain itu, Clofen juga mengandung troxerotin dan daun wangu untuk memperbaiki kelenturan pembuluh darah serta mencegah radang pada wasir.