Hemorrhoid atau yang lebih dikenal dengan istilah ambeien dan wasir merupakan kondisi yang umum terjadi pada setiap orang. Menurut sebuah penelitian, satu dari empat orang dewasa pernah mengalami ambeien. 

Secara umum, ambeien bukan kondisi yang berbahaya dan menular. Biasanya kondisi ini dapat hilang dengan sendirinya atau dapat diatasi dengan menggunakan obat-obatan maupun bahan alami.

Tetapi bukan berarti ambeien dapat Anda abaikan. Jika kondisinya semakin parah, satu-satunya solusi untuk mengatasinya adalah dengan tindakan medis seperti operasi.

Sebelum hal ini terjadi pada Anda, mari kita cari tahu lebih lanjut mengenai ambeien. Apa penyebabnya, jenis, gejala, dan cara mengobatinya. 

Apa Itu Ambeien

Ambeien adalah kondisi peradangan atau pembengkakan pembuluh darah vena di sekitar anus. Istilah medis dari kondisi ini adalah hemorrhoid yang merujuk pada bagian pembuluh darah di bagian anus ini. 

Ambeien sangat umum terjadi pada setiap orang, namun paling sering terjadi pada orang yang berumur 50 tahun ke atas. Sulit buang air besar (BAB) merupakan penyebab utama ambeien atau wasir.

Secara umum, terdapat dua jenis ambeien yang perlu Anda ketahui. Ambeien yang terjadi di dalam saluran rektum yang disebut internal hemorrhoid serta ambeien yang terjadi di luar anus yang disebut eksternal hemorrhoid. Apa beda dan efeknya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Mengenal Jenis-jenis Ambeien

Ambeien Internal

Ambeien internal adalah ambeien yang terjadi di bagian dalam rektum. Peradangan atau pembengkakan pada ambeien jenis ini tidak terlihat dan jarang menimbulkan rasa nyeri. 

Jenis ambeien ini biasanya ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya. Ambeien internal ditandai dengan BAB yang berdarah dan dapat berkembang jadi jenis ambeien lainnya. 

Berikut tahapan pada ambeien internal:

  • Tahap satu: Benjolan atau pembengkakan terjadi di dalam rektum dan akan mengeluarkan darah ketika BAB
  • Tahap dua: Benjolan dapat keluar dari anus dan dapat masuk kembali mengikuti gerakan usus
  • Tahap tiga: Benjolan yang keluar tidak dapat kembali masuk dengan sendirinya, Anda harus mendorongnya sendiri
  • Tahap empat: Benjolan keluar dan tidak dapat didorong masuk. Jika telah memasuki tahap ini, ambeien internal telah berubah menjadi ambeien prolaps

Ambeien Prolaps

Ambeien prolaps adalah ambeien yang terjadi akibat kondisi ambeien internal yang semakin parah. Benjolan yang tadinya muncul di dalam, kini sudah muncul terlihat dan tidak dapat dimasukan kembali.

Gejala yang paling sering muncul adalah perasaan perih dan panas di sekitar anus serta dapat menyebabkan Anda kesulitan BAB. Pada beberapa kasus, operasi adalah salah satu solusi untuk menyembuhkan ambeien prolaps

Ambeien Eksternal

Ambeien eksternal adalah ambeien yang terbentuk di bawah permukaan kulit sekitar anus. Ambeien ini awalnya tidak terlihat dan tidak muncul di luar permukaan. Namun, lama-lama akan muncul benjolan berwarna keunguan di dekat anus. 

Anda harus berhati-hati dan membersihkan area sekitar anus secara rutin dan teratur. KArena ambeien eksternal dapat meninggalkan bekas seperti luka sehingga menyebabkan kotoran yang keluar sering tertinggal dan dapat menyebabkan infeksi kulit.

Ambeien Trombosis

Ambeien trombosis adalah komplikasi dari dua jenis ambeien yang muncul, yaitu ambeien internal dan eksternal. 

Aliran darah di sekitar anus yang terhambat akibat penggumpalan darah ini dapat membuat darah ke jaringan sekitar anus akan berkurang. Akibatnya, ambeien akan semakin parah dan dapat menyebabkan ambeien pecah.

Ambeien yang pecah dan tidak kunjung diobati bisa menimbulkan risiko iritasi yang terasa sakit saat duduk atau buang air besar.

Penyebab Ambeien yang Sering Terjadi

Ambeien muncul akibat pelebaran pembuluh darah vena di sekitar anus. Ada banyak penyebab hal ini dapat terjadi. Diantaranya adalah:

Sembelit Kronis

Sembelit adalah kondisi melemahnya fungsi usus yang membuat kerja usus dalam mengolah makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat dicerna sempurna. Kondisi ini mengakibatkan feses menjadi padat dan keras.

Ketika feses keras, Anda akan kesulitan untuk BAB sehingga dibutuhkan tekanan dan tenaga lebih besar untuk mengeluarkannya. Tekanan ini yang perlahan-lahan dapat membuat pembuluh darah dalam rektum dan anus membengkak. Hal ini yang sering menyebabkan ambeien muncul. 

Sembelit bisa diakibatkan oleh banyak hal. Umumnya adalah tubuh kekurangan cairan dan sering menunda BAB. Untuk itu, sebaiknya Anda perhatikan asupan cairan dan makanan sehari-hari, serta jangan menunda ketika Anda merasa ingin BAB.

Terlalu Lama Duduk

Duduk terlalu lama dapat menyebabkan penggumpalan darah di area sekitar pembuluh darah anus. Darah yang tidak disalurkan akan menekan pembuluh darah sehingga akan terjadi pembengkakan. 

Bagi Anda yang sering menghabiskan waktunya duduk, sebaiknya luangkan waktu untuk beranjak dari tempat duduk Anda dan aktif bergerak minimal 30 menit per harinya untuk melancarkan peredaran darah.

Mengangkat Beban Berat

Mengangkat beban berat berulang kali dan terus menerus dapat mengakibatkan ambeien. Hal ini disebabkan oleh penumpukan tekanan di bawah anus ketika mengangkat beban yang berat. Kondisi ini akan memengaruhi aliran darah dan pembuluh darah di sekitar anus.

Hamil

Ambeien merupakan kondisi yang umum terjadi pada wanita yang sedang mengandung. Ukuran rahim yang membesar akan berhimpitan dengan organ tubuh lainnya seperti usus, lambung, dan pembuluh darah. Penyempitan ini akan menghambat aliran darah yang bisa menimbulkan ambeien.

Semakin besar kandungan akan membuat ibu hamil sulit untuk bergerak. Senam hamil dan kegel dianjurkan salah satunya adalah untuk menjaga tubuh ibu hamil tetap aktif dan dapat terhindar dari ambeien.

Usia

Semakin bertambahnya usia menyebabkan fungsi organ tidak bekerja sebaik sebelumnya, organ pencernaan pun akan mengalami hal yang sama. Jaringan pembuluh darah di sekitar anus yang akan mulai melemah dan merenggang seiring dengan bertambahnya usia.

Hal ini akan membuat anus menjadi rentan dan membengkak. Untuk mengurangi risiko terjadinya ambeien bagi orang tua, sebaiknya perhatikan pola makan agar organ pencernaan tidak bekerja terlalu berat.

Gejala Umum Penyebab Ambeien

Jika tidak ditangani dengan segera, ambeien dapat berkembang dan menjadi penyakit yang cukup serius dan mengganggu. Jika penyakit ambeien Anda sudah memasuki kondisi kritis, satu-satunya cara untuk menyembuhkannya adalah dengan tindakan medis, yaitu operasi. 

Sebelum hal ini terjadi pada Anda, simak baik-baik gejala ambeien yang umum terjadi seperti:

  • Sakit ketika BAB
  • Berdarah ketika BAB, biasanya darah yang menyertai BAB berwarna merah terang
  • Muncul benjolan di area anus yang dapat menimbulkan rasa nyeri
  • Bengkak di area anus
  • Timbul rasa gatal dan iritasi pada area sekitar rektum
  • Ada lendir atau mukosa yang keluar sesudah BAB.
  • Kesulitan BAB

Jika Anda mengalami gejala seperti di atas, sebaiknya segera lakukan tindakan sebelum terlambat. Anda dapat mengobatinya dengan menggunakan obat-obatan atau menggunakan bahan-bahan alami. 

Anda juga dapat konsultasi dengan dokter terkait gejala yang Anda alami untuk segera dilakukan penanganan yang tepat. 

Cara Untuk Mencegah Ambeien

Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Ambeien adalah kondisi yang dapat Anda cegah dan hindari. Apa saja? 

Berikut merupakan cara-cara sederhana yang dapat Anda lakukan sehari-hari. Selain dapat mencegah datangnya ambeien, melakukan hal di bawah ini dengan rutin memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh.

  • Konsumsi banyak serat. Tubuh membutuhkan serat sebanyak 25 hingga 30 gram per harinya. Salah satu manfaat serat bagi tubuh adalah untuk dapat melembutkan feses. 
  • Banyak minum air putih. Tubuh membutuhkan banyak asupan cairan. Selain untuk mencegah ambeien, banyak minum air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.
  • Jangan sering menunda BAB. Ketika Anda menunda perasaan BAB terlalu lama dapat menyebabkan feses kering sehingga akan sulit dikeluarkan.
  • Rajin berolahraga. Konstipasi dan obesitas dapat menjadi pemicu ambeien. Olahraga adalah hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari hal tersebut.
  • Hindari duduk terlalu lama. Duduk terlalu lama menyebabkan penumpukan darah pada area sekitar pembuluh darah darah di anus.
  • Batasi mengonsumsi makanan pedas. Makanan pedas dapat menyebabkan iritasi pada usus dan dapat memicu masalah pencernaan seperti diare dan sembelit yang kemudian memicu timbulnya ambeien.
  • Bagi ibu hamil, tidur dengan posisi miring dapat mengurangi risiko penumpukan darah di area pembuluh darah sekitar anus.
  • Jaga kebersihan anus.

Ada banyak penyebab ambeien muncul. Hal-hal di atas merupakan beberapa tindakan umum yang dapat mengurangi risiko munculnya ambeien. Namun jika ambeien tetap muncul, Anda dapat konsultasikan segera kondisi Anda ke dokter untuk dilakukan tindakan segera.

Periksakan ke Dokter Jika

Ambeien atau wasir merupakan penyakit yang umumnya tidak berbahaya dan tidak menular. Kondisi ini dapat sembuh dengan sendirinya atau dapat diatasi dengan menggunakan obat atau menggunakan bahan alami. 

Namun, bukan berarti Anda tidak memperhatikan serius kondisi ambeien Anda. Jika tidak segera ditangani, tindakan medis atau operasi bisa menjadi satu-satunya solusi untuk mengobati ambeien yang Anda alami. 

Jika hal-hal di bawah ini terjadi, sebaiknya Anda segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter untuk dilakukan penanganan lebih lanjut. 

  • Ambeien yang Anda alami tidak kunjung sembuh atau kondisinya semakin parah meskipun sudah melakukan pengobatan di rumah
  • BAB berubah warna menjadi hitam pekat
  • Sering merasa pusing

Tindakan Medis yang Umum Dilakukan Untuk Mengatasi Ambeien

Anda dapat menggunakan obat-obatan ataupun bahan alami untuk mengobati ambeien. Namun, tidak jarang jika ambeien harus disembuhkan lewat tindakan medis. Jenis tindakan ini dilihat dari jenis serta tingkatan ambeien yang dialami. 

Umumnya terdapat dua cara mengobati ambeien secara medis, yaitu melalui operasi dan tanpa operasi. Keduanya memiliki keuntungan dan kekurangannya masing-masing. 

Ligasi Pita Karet

Tindakan ligasi pita karet merupakan satu dari tiga tindakan medis yang tidak membutuhkan operasi. Pasien yang melakukan prosedur ini dapat melakukan aktivitas langsung setelah dilakukan tindakan ini.

Rasa tidak nyaman atau nyeri wajra muncul pada dua hingga empat hari pertama, namun akan hilang dengan sendirinya.

Ligasi pita karet dilakukan untuk mengatasi ambeien internal. Pada proses ini, dokter akan mengikat pita karet pada area sekitar ambeien untuk memotong aliran darah. Benjolan pada ambeien akan terlepas dengan sendirinya jika tidak mendapatkan aliran darah sekitar satu minggu kemudian.

Skleroterapi

Skleroterapi merupakan tindakan medis untuk mengatasi ambeien dengan cara menyuntik benjolan penyebab ambeien. Suntikan ini mengandung cairan khusus yang membuat pembuluh darah di sekitar benjolan mati rasa. Setelah satu setengah bulan setelah tindakan, ukuran benjolan akan menyusut dan perlahan-lahan hilang.

Koagulasi Infrared

Koagulasi infrared adalah terapi yang dilakukan untuk mengatasi ambeien internal yang berukuran kecil dan sedang. Prosedur ini menggunakan sinar infra merah untuk memanaskan dan memotong aliran darah ke daerah ambeien. 

Pada prosedur ini biasanya terjadi pendarahan sekitar tujuh hingga sepuluh hari, namun akan berhenti dengan sendirinya setelah ambeien mengecil atau hilang.

Haemorrhoidectomi

Haemorrhoidectomi atau terapi bedah merupakan tindakan medis operasi untuk mengatasi ambeien. Tindakan ini dilakukan untuk ambeien yang tergolong ambeien stadium III dan IV.

Terapi bedah merupakan solusi terakhir apabila ambeien tidak hilang setelah menggunakan obat, bahan alami, dan terapi medis non-operasi.

Obat Untuk Mengatasi Ambeien

Ambeien adalah kondisi yang dapat Anda atasi dengan menggunakan obat-obatan yang tersedia di apotek maupun toko obat terdekat. Salah satu obat yang paling ampuh untuk mengatasi ambeien adalah dengan mengonsumsi Clofen.

Clofen adalah obat ambeien alami yang mengandung bahan-bahan tradisional seperti ekstrak pepaya yang dapat memperlancar buang air besar.

Selain itu, Clofen juga mengandung troxerotin dan daun wangu untuk memperbaiki kelenturan pembuluh darah serta mencegah radang pada ambeien.

Bahan Alami Untuk Mengatasi Ambeien

Selain menggunakan obat-obatan, Anda dapat mengatasi ambeien dengan menggunakan bahan-bahan alami. Bahan-bahan ini dapat Anda gunakan sebagai pendamping obat ambeien untuk mempercepat proses penyembuhan.

Lidah Buaya

Umumnya orang mengetahui jika lidah buaya merupakan jenis tanaman yang baik digunakan untuk merawat rambut. Namun ternyata lidah buaya juga dapat Anda manfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi ambeien.

Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi yang dapat mengurangi berbagai jenis iritasi. Kandungan arakuinon pada lidah buaya juga dapat mengencangkan dinding saluran pencernaan dan membuat feses menjadi lebih lunak.

Ada dua cara untuk memanfaatkan lidah buaya sebagai obat alami untuk mengatasi ambeien. Anda dapat mengonsumsi lidah buaya untuk melancarkan pencernaan dan Anda dapat menggunakan gel lidah buaya untuk dioleskan pada area sekitar anus untuk mengurangi peradangan akibat ambeien.

Cuka Apel

Cuka apel memiliki kandungan astringent yang ampuh untuk menyusutkan pembuluh darah yang bengkak serta meredakan iritasi. Namun Anda harus memastikan jika cuka apel yang akan digunakan merupakan jenis cuka apel yang alami, tidak melewati proses penyaringan maupun proses pasteurisasi.

Ada banyak cara untuk menggunakan cuka apel sebagai bahan alami untuk mengatasi ambeien. 

Anda dapat mengonsumsinya dengan mencampurkan sedikit cuka apel dengan air minum, membilas atau mencuci anus dengan campuran cuka apel dan air, serta mengoleskan area ambeien dengan cuka apel. 

Bawang Putih

Bawang putih sangat ampuh untuk mengatasi ambeien karena kandungan bawah putih yang kaya zat yang baik untuk detoksifikasi, antibakteri, dan antiinflamasi. 

Hal ini membuat bawang putih baik untuk melancarkan sirkulasi darah, memberi perlindungan pada pembuluh darah, serta membantu menghancurkan bakteri yang terdapat di usus.

Bawang putih dapat dimakan mentah-mentah, juga sebagai obat oles pada bagian ambeien langsung. Namun Anda perlu berhati-hati, untuk ambeien yang disertai pendarahan tidak dianjurkan untuk mengolesinya dengan bawang putih.

Es Batu

Es batu merupakan bahan yang sangat mudah ditemui dan digunakan untuk mengatasi ambeien. Anda hanya perlu mengompres bagian yang terkena ambeien secara rutin menggunakan es batu.

Es batu sangat bermanfaat untuk menyusutkan pemburuh darah dan mengurangi rasa sakit. Kompres ambeien dengan es batu selama 10 menit sehari hingga ambeien hilang.

Facebook
Twitter
LinkedIn