Mata adalah organ yang sensitif. Sehari-harinya mata manusia pasti tidak dapat terhindar dari paparan sinar matahari, debu, kotoran, dan asap yang dapat mengotori mata dan dapat juga menyebabkan iritasi.

Alis, bulu mata, dan air mata memiliki fungsi untuk melindungi mata dari benda asing yang menyerang mata. Tetapi, mata tetap saja bisa terpapar benda asing karena ukurannya yang sangat kecil. 

Jika dibiarkan maka mata bisa saja mengalami kerusakan mulai dari iritasi ringan, pandangan kabur, hingga kebutaan.

Banyak orang yang tak sadar jika mata mereka kemasukan benda asing karena ukurannya yang sangat kecil. Kotoran seperti inilah yang akan menyebabkan infeksi pada mata. Gejala infeksi mata mulai dari mata merah, gatal, hingga sakit mata.

Kotoran Masuk Mata, Jangan Dikucek!

Pasti mata Anda pernah kemasukan benda asing dan kotoran. Ketika hal ini terjadi, mata akan terasa gatal atau bahkan menjadi perih. 

Seringkali ketika hal ini terjadi, refleks yang dilakukan adalah mengucek atau menggosok mata dengan tangan. Sayangnya hal ini tidak akan membuat mata menjadi kembali normal, justru akan membuat mata semakin berisiko untuk iritasi.

Mata adalah organ yang sangat rentan dan sensitif. Ketika Anda mengucek mata menggunakan tangan, lapisan kornea yang tipis dapat mengalami gesekan kencang dan menyebabkan abrasi.

Tangan yang Anda gunakan juga dapat menularkan kotoran ke dalam mata. Akibatnya risiko kerusakan mata jadi semakin tinggi. Jika ini terjadi dikhawatirkan akan merusak selaput mata.

Benda asing apapun mulai dari debu, asap, dan berbagai partikel lainnya harus segera dibersihkan ketika masuk ke mata kita. Karena jika tidak kotoran tersebut akan terus menumpuk dan menyebabkan iritasi pada mata.

Risiko Jika Mata Tak Dibersihkan

Berbagai masalah akan timbul jika kotoran yang masuk ke dalam mata tidak dibersihkan atau mendapat penanganan yang salah. Mulai dari iritasi, infeksi, kerusakan fungsi penglihatan, dan lain sebagainya.

Infeksi Mata

Infeksi yang terjadi pada mata dapat ditandai dengan mata merah, terasa sakit, mata berair, dan sensitif terhadap cahaya. Seringkali infeksi juga dirasakan dengan munculnya rasa mengganjal pada area dalam mata dan penglihatan yang menjadi kabur. 

Beberapa jenis infeksi mata diantaranya bintitan, konjungtivitis, keratitis, blefaritis, dan dakrioadentis. Jika tidak ditangani dengan tepat, selain dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan penglihatan kabur, infeksi juga bisa menimbulkan gangguan lain yang lebih berat pada mata.

Radang Mata

Dalam dunia medis peradangan pada mata disebut dengan uveitis. Radang mata ditandai dengan pembengkakan di lapisan tengah jaringan dinding mata (uvea). Radang mata bisa terjadi pada kedua mata.

Radang mata tak hanya menyerang bagian uvea namun bagian lainnya yaitu lensa, retina, saraf, dan vitreus. Radang mata dapat menyebabkan pembengkakan dan rusaknya jaringan mata.

Jika radang mata tak diatasi dengan benar maka kita bisa mengalami berbagai masalah penglihatan hingga kebutaan.

Cara Membersihkan Mata dengan Benar

Anda dapat membersihkan mata secara mandiri di rumah. Namun karena mata adalah organ yang sensitif dan penting, maka kita harus berhati-hati dalam membersihkannya. Secara sederhana, kita bisa membersihkan mata dengan air bersih. Begini langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama adalah cuci tangan kita dengan sabun hingga bersih. Jika anda menggunakan lensa kontak maka pastikan untuk melepaskannya terlebih dahulu.
  • Setelah itu kita bisa membersihkan mata dengan cara mengalirkan air ke dalam mata secara perlahan dengan cara meneteskannya.
  • Jika terasa sulit kita bisa menggunakan alat bantu berupa eye bath cup. Eye bath cup seperti cawan kecil yang ukuran dan bentuknya sudah disesuaikan dengan mata. Isi eye bath cup dengan air bersih, lalu tundukkan kepala dan arahkan eye bath cup ke mata. Setelah mata terendam lakukan gerakan buka dan tutup mata secara berulang hingga kotoran keluar dari mata.

Membersihkan mata sebaiknya tidak menggunakan air mentah atau air keran. Mata sangat sensitif dan air keran belum tentu steril dan bersih dari kotoran.

Ketika Anda membersihkan mata menggunakan air yang tidak bersih, risiko kotoran dalam air masuk ke mata sangat besar. Gunakan air untuk membersihkan mata ketika darurat saja. 

Sebaiknya Anda membersihkan mata dengan menggunakan cairan yang dibuat khusus untuk mata. Cairan pembersih mata juga bisa meredakan gejala-gejala gangguan mata mulai dari mata merah, gatal, dan perih.

Jika ingin menggunakan cairan pembersih mata maka gunakan produk yang mengandung witch hazel. Kandungan ini mampu meredakan peradangan dan juga iritasi, jadi mata akan terasa lebih segar, sejuk, dan bisa bekerja dengan baik kembali.

Salah satu produk mengandung witch hazel yang bisa anda temukan dengan mudah adalah Y-Rins.

Y-Rins adalah produk pencuci mata yang aman dan dapat digunakan untuk membersihkan, menyejukkan, dan menyegarkan mata yang lelah dan sakit, meringankan iritasi ringan pada mata yang disebabkan oleh udara berdebu dan berasap, serta menyegarkan mata lelah akibat mengemudi atau pekerjaan yang memerlukan penglihatan dekat.