Apakah Anda gemar melakukan olahraga berenang? Lebih suka berenang dengan atau tanpa kacamata renang? Peralatan ini wajib lho, karena jika tidak Anda bisa berisiko terkena iritasi mata akibat berenang.

Berenang memang menjadi salah satu olahraga yang digemari. Selain punya manfaat kesehatan, berenang juga bisa jadi ajang rekreasi karena mampu membuat rileks tanpa perlu berkeringat.

Tapi masih banyak masyarakat yang mengesampingkan penggunaan kacamata renang saat mereka berenang di kolam renang. Sebenarnya kacamata renang itu manfaatnya apa sih? Apakah wajib hukumnya memakai kacamata renang? Simak penjelasan di bawah ini.

Waspada, Ada Bahaya Klorin di Kolam Renang!

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum, kalau banyak pemilik fasilitas kolam renang umum yang memasukkan klorin ke dalam air di dalam kolam mereka. Klorin ini sering dipakai untuk menjernihkan air.

Kandungan klorin sendiri ampuh dalam membunuh bakteri dan mikroba dalam air. Klorin yang digunakan dalam perawatan kolam renang sendiri biasanya adalah produk turunan dari klorin, yakni kaporit atau sodium hipoklorit.

Nah ternyata penggunaan kaporit ini dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, termasuk pada mata Anda. Air kolam yang mengandung klorin akan berbahaya jika tercampur dengan limbah dari tubuh. Seperti keringat, urin, sel kulit, dan produk perawatan tubuh.

Reaksi antara air kolam mengandung klorin dengan limbah tubuh tersebut akan menghasilkan zat iritan bernama chloramine. Zat inilah yang mampu timbulkan masalah pada tubuh mulai dari gangguan pernapasan, ruam kulit, dan iritasi.

Selain itu bisa juga berbahaya pada mata dan menimbulkan masalah seperti mata terasa perih, iritasi, mata merah dan infeksi. Sebaiknya sebelum berenang Anda perlu memastikan untuk memilih fasilitas kolam yang minim kandungan klorinnya.

Alasan Kenapa Harus Pakai Kacamata Renang Saat Berenang

Seperti yang dijelaskan pada poin di atas, maka sudah sepatutnya kita menggunakan kacamata saat berenang. Selain menjaga kesehatan mata, kacamata renang juga memiliki manfaat lain.

Berikut beberapa manfaat penggunaan kacamata renang:

Cegah Iritasi Pada Mata

Sejernih apapun air di kolam renang, ada begitu banyak kotoran, bakteri, dan kuman yang tak kasat mata di sana. Maka dari itu penggunaan kacamata renang wajib hukumnya untuk mencegah terjadinya masalah pada mata Anda.

Pasti Anda pernah kan mengalami mata merah setelah berenang? Nah ini bisa dihindari dengan penggunaan kacamata renang. Bakteri yang masuk ke dalam mata bisa menyebabkan bukan hanya mata merah, bisa juga terjadi gatal, perih, dan terus berair

Klorin di air kolam renang juga bisa sebabkan iritasi mata dan juga pandangan buram. Kondisi itu bisa terjadi karena lapisan pelindung pada bola mata yang berfungsi mencegah mata kering dan infeksi hilang karena berinteraksi dengan air mengandung klorin.

Mencegah Cedera pada Mata

Menggunakan kacamata saat berenang membantu kita melihat kondisi sekitar termasuk di dalam air dengan lebih jelas. Ini bisa mencegah kita mengalami cedera mata akibat berbagai gangguan.

Seperti kotoran, dedaunan, maupun puing-puing lain yang bisa masuk ke kolam renang. Ini juga penting bagi Anda yang gemar berenang di tepian pantai. Biasanya lebih banyak puing yang terbawa ombak dan bisa saja mencederai mata Anda jika tidak awas.

Namun bagi Anda penderita glaukoma selalu pastikan untuk tidak menggunakan kacamata renang terlalu kencang. Karena tekanan yang berlebihan justru akan membahayakan bola mata Anda.

Tingkatkan Performa Saat Berenang

Kacamata renang polarisasi dapat meningkatkan penglihatan Anda di dalam air. Dengan penglihatan yang jelas Anda bisa memfokuskan pada teknik dan gaya renang. Jika Anda tidak menggunakan kacamata renang pandangan bisa kabur akibat air yang masuk ke mata.

Membantu Orang dengan Gangguan Mata

Bagi Anda yang memiliki masalah mata seperti minus, mata kering, mata sensitif, dan penderita masalah lainnya. Penggunaan kacamata ini bisa membuat aktivitas berenang Anda lebih nyaman.

Anda bisa memesan kacamata renang khusus pada dokter mata sesuai dengan kondisi mata. Ini bermanfaat agar mata Anda bisa tetap terjaga saat berenang. Terlebih karena penggunaan kacamata biasa atau softlens saat berenang sangatlah tidak dianjurkan.

Tips Mata Sehat Setelah Berenang

Bagi Anda yang kerap merasakan masalah seperti mata perih, merah, atau gatal setelah berenang ada satu tips yang penting. Yakni selalu bersihkan atau bilas mata Anda dengan cairan pembersih mata khusus.

Terutama cairan pembersih mata yang mengandung witch hazel. Cairan pembersih mata dengan kandungan tersebut dapat membersihkan mata dari berbagai jenis kotoran. Mulai dari kotoran seperti debu atau benda asing, dan juga kotoran kimia seperti klorin di air kolam.

Nah kandungan witch hazel ini dapat Anda temukan dalam produk Y-Rins. Y-Rins adalah obat pencuci mata yang dapat membantu membersihkan, menyejukkan, dan menyegarkan kembali mata yang lelah dan sakit.

Facebook
Twitter
LinkedIn