Bagi Anda yang sangat punya ambisi besar untuk punya berat badan ideal, pasti Anda tidak segan-segan mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk dibelikan pada suplemen pembakar lemak. Namun tidak semua merek suplemen efektif membakar lemak.

Jika tidak mau rugi dengan mengeluarkan banyak uang untuk membeli pembakar lemak, Anda dapat membuat sendiri suplemen pembakar lemak dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan.

Seperti apa? Berikut cara-caranya.

Menggunakan Pembakar Lemak dengan Benar

Suplemen pembakar lemak memang bisa digunakan untuk membantu Anda menurunkan dan mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh. Namun, Anda perlu memperhatikan penggunaannya agar tidak menyebabkan masalah pada tubuh.

  • Selalu pilih pembakar lemak alami. Saat ini telah banyak suplemen pembakar lemak yang mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa saja menyebabkan efek samping yang tidak Anda inginkan.
  • Gunakan sesuai dosis yang dianjurkan. Beberapa jenis suplemen menggunakan kafein yang bila dikonsumsi berlebihan akan membuat Anda merasa jantung berdetak lebih cepat, dan perasaan nyeri pada dada. 
  • Selalu kenali kondisi tubuh saat mengonsumsi suplemen pembakar lemak. Saat Anda merasa tidak nyaman, sebaiknya berhenti atau pilih suplemen lain.

Pembakar Lemak Alami

EGCG 

Sebuah studi menunjukan bahwa EGCG atau epigallocatechin gallate, sangat efektif dalam mempercepat laju metabolisme bahkan saat tubuh sedang istirahat sekalipun. 

Dalam sebuah studi kasus, seorang pria diberikan 270 mg EGCG, hasilnya meningkatkan 4% pengeluaran energi. Ini menandakan bahwa tubuh dapat melepaskan lebih banyak asam lemak untuk penggunaan energi ketika kita mengonsumsi EGCG. 

Paduan yang pas untuk menghasilkan pembakaran lemak yang efektif adalah dengan mencampurkan EGCG dengan kafein teh hijau. Jika mungkin Anda ada masalah dengan mengonsumsi kafein terlalu banyak, saat ini juga sudah banyak EGCG yang bebas kandungan kafein. Cara membuatnya cukup campurkan 90 hingga 300 mg EGCG dengan ekstrak teh hijau, minum dua kali sehari untuk meningkatkan pembakaran lemak.

Kafein

Mungkin banyak yang bilang kafein sesuatu yang tidak sehat. Kafein sendiri banyak digunakan pendamping workout yang efektif. Efek samping negatif dari kafein berasal dari stimulan yang berlebihan setelah kita mengonsumsinya. Kafein bekerja pada sistem saraf untuk meningkatkan kewaspadaan, fungsi adrenal, termogenesis, dan pembakaran lemak. 

Sumber alami dari kafein bisa Anda temui di teh, kopi, coklat, kakao. Anda tidak perlu mengonsumsi kafein setiap hari cukup satu kali dalam seminggu untuk menghindari fungsi adrenal, yang tertekan. 

CLA

Beberapa asam lemak yang terkandung dalam makanan dapat membantu menurunkan lemak tubuh dan menjaga berat badan tetap ideal. CLA atau asam linoleat terkonjungsi (ALT) adalah lemak alami dari daging, susu dari binatang pemamah biak seperti sapi, lembu, kambing, dan lainnya, dan biji-bijian tertentu.

Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa CLA membantu mengurangi lemak tubuh. Ini juga diperkuat dari penelitian yang dilakukan pada tahun 1988 yang menunjukan penurunan lemak tubuh dari subjek yang diberi jumlah CLA yang bervariasi, antara 1,7 dan 6,8 g per hari. Mereka rata-rata mengalami penurunan lemak tubuh. Konsumsilah setidaknya 3 sampai 5 g CLA sehari dari makanan yang mengandung CLA.

L-Carnitine

L-Carnitine adalah asam amino yang memproduksi energi untuk mengangkut asam lemak ke dalam mitokondria di sel tubuh.Suplemen L-Carnitine dapat meningkatkan pengangkutan lemak ke dalam mitokondria dan mengangkut racun yang dihasilkan oleh metabolisme. 

Sebuah studi Medical Journal for Natural Therapy pada 1998 menunjukan, penggunaan 3 g L-Carnitine per hari diikuti dengan diet dan olahraga selama 4 minggu berhasil menurunkan 10 pon. Anda dapat mengonsumsi 1 hingga 3 g dari dosisi per hari, konsumsi juga sebelum Anda berolahraga.

Buat Pembakar Lemak Alami Anda Sendiri

Gabungkan salah satu dari bahan-bahan tersebut untuk pembakaran lemak yang efektif. Anda bisa mengikuti saran berikut, kombinasikan 200 mg kafein dengan 300 mg EGCG. Jika Anda tidak bisa menggunakan kafein, Anda bisa menggunakan EGCG dengan L-Carnitine dan CLA. Sebagai pengganti kafein, cobalah ForsLean, ekstrak coleus yang dapat meningkatkan fungsi metabolisme tanpa efek samping.

L-Carnitine dapat Anda temukan di suplemen Slendy yang berbentuk tablet hisap pertama di Indonesia. Slendy tersedia dalam dua rasa buah, yaitu jeruk dan anggur yang enak. Tidak perlu takut mengonsumsi Slendy karena suplemen ini sudah terdaftar di BPOM.