Operasi apapun biasanya membuat banyak orang khawatir. Termasuk operasi mata ikan yang sebenarnya hanya prosedur kecil dan berlangsung beberapa menit saja.

Tapi, apakah memang mata ikan hanya bisa dihilangkan dengan cara operasi?

Kemudian, kalau dokter menyarankan untuk operasi, seperti apa prosesnya?

Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Mata Ikan?

Mata ikan adalah bagian kulit yang mengeras akibat gesekan dan tekanan yang terjadi berulang-ulang. Biasanya mata ikan muncul di telapak kaki atau tangan.

Penyebab mata ikan di telapak kaki biasanya adalah memakai sepatu yang kekecilan atau yang sudah jelek.

Sepatu yang kekecilan akan menekan tulang kaki dan lama-lama menimbulkan mata ikan di bagian kulit kaki yang sering tergencet. Sedangkan sepatu yang sudah jelek dan menipis tak bisa melindungi kaki dari gesekan dengan jalanan, apalagi jika Anda sering berjalan jauh, sehingga mata ikan bisa terbentuk.

Mata ikan di tangan biasanya terjadi pada orang yang sering menggunakan alat berat seperti palu dan alat-alat pertukangan.

Apakah Mata Ikan Hanya Bisa Hilang Dengan Operasi?

Mata ikan yang kecil sebetulnya bisa hilang sendiri jika penyebabnya dihentikan.

Misalnya, jika mata ikan di kaki muncul karena sepatu yang kekecilan, gantilah dengan sepatu berukuran sesuai. Atau, jika mata ikan muncul di tangan karena penggunaan sebuah alat, berhenti dulu menggunakan alat tersebut selama beberapa minggu.

Butuh waktu berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan, sampai mata ikan hilang sendiri tanpa pengobatan. Jika ingin mata ikan sembuh lebih cepat, ada obat yang bisa dibeli di apotek untuk mengobati mata ikan, biasanya dalam bentuk plester, salep, atau obat oles seperti Callusol.

Jadi, Siapa yang Perlu Operasi Mata Ikan?

Operasi mata ikan biasanya hanya perlu dilakukan apabila mata ikan terasa sangat sakit hingga mengganggu aktivitas sehari-hari, dan tak bisa dihilangkan hanya dengan ganti sepatu atau berhenti menggunakan alat berat.

Ini sering terjadi apabila mata ikan terletak di tumit atau bagian depan telapak kaki, sehingga penderitanya akan merasa kesakitan setiap berjalan.

Operasi mata ikan adalah cara cepat menghilangkan mata ikan. Tindakan ini tidak wajib, tapi bisa jadi pilihan bagi Anda yang tak mau menunggu lama dan ingin mata ikan hilang dengan segera.

Seperti Apa Proses Operasi Mata Ikan?

Pertama-tama, dokter akan membius bagian kulit yang terkena mata ikan, sehingga akan baal dan Anda tak akan merasakan apa-apa sepanjang prosedur berlangsung.

Kemudian, dokter akan mengiris dan membuang bagian kulit yang terkena mata ikan tersebut, menggunakan pisau bedah, laser, atau Radiofrequency.

Setelah mata ikan diangkat, dokter biasanya akan menempelkan plester yang mengandung salicylic acid untuk mempercepat penyembuhan. Plester ini harus rajin Anda ganti dengan yang baru.

Jika ada risiko infeksi, dokter akan meresepkan salep antibiotik untuk mencegah dan mengatasi infeksi di area yang baru dioperasi tersebut.

Yang Perlu Dilakukan Setelah Operasi Mata Ikan

Setelah operasi mata ikan, wajar jika Anda merasa nyeri, senut-senut, terasa panas, atau malah baal.

Biasanya, selama 1-2 hari setelah operasi mata ikan di telapak kaki, dokter akan menyarankan Anda untuk mengganjal telapak kaki dengan bantal saat Anda tidur atau saat duduk. Pastikan posisi telapak kaki lebih tinggi dari dada. Ini akan mengurangi rasa sakit dan mencegah kaki jadi bengkak.

Anda juga perlu memakai plester sampai bekas lukanya kering. Jangan lupa ganti plester setiap hari atau setelah mandi.

Setelah bekas operasi sembuh, hindari penyebab mata ikan supaya tak muncul lagi. Misalnya dengan ganti sepatu yang kekecilan, dan pakai sepatu yang nyaman jika akan berjalan jauh.

Cara Menghilangkan Mata Ikan Tanpa Operasi

Kalau Anda tak mau operasi, tak apa-apa. Ada berbagai cara menghilangkan mata ikan tanpa harus operasi, di antaranya:

  • Rendam bagian kulit yang terkena mata ikan di air hangat selama 10 menit, kemudian gosok dengan batu apung untuk pelan-pelan mengikis kulitnya.
  • Gunakan insole atau dalaman sepatu yang empuk untuk menghindari rasa sakit akibat mata ikan di telapak kaki, sekaligus mengurangi tekanan keras di kaki.
  • Gunakan obat mata ikan yang dijual di pasaran, seperti Callusol. Cukup bersihkan bagian yang terkena mata ikan, kemudian oles dengan Callusol, dan tutup dengan plester. Setelah beberapa hari pemakaian, mata ikan akan lepas sendiri.