Apakah olahraga dapat menurunkan berat badan? 

Jawabannya adalah iya dan tidak. Semua itu tergantung dari jenis olahraga apa yang Anda lakukan dan bagaimana cara melakukannya. 

Olahraga adalah cara untuk menjaga kesehatan dan menjaga kebugaran tubuh. Tetapi, tidak itu saja. Ada beberapa jenis olahraga yang ternyata memiliki manfaat lainnya seperti membakar lemak di dalam tubuh dan menurunkan berat badan.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan melalui olahraga, berikut adalah beberapa jenis latihan yang dapat dilakukan.

Jalan Santai

Sebenarnya tidak perlu olahraga yang berat untuk bisa menjaga kesehatan tubuh dan menurunkan berat badan. Kegiatan seperti jalan kaki yang biasa dilakukan sehari-hari jika dilakukan secara rutin mampu memberikan manfaat yang sangat baik bagi tubuh, termasuk menurunkan berat badan.

Menurut para ahli, 10 ribu langkah per hari adalah angka yang ideal bagi manusia jika ingin menurunkan berat badan. 

Lewat sebuah penelitian yang dilakukan pada wanita dewasa, melakukan 10 ribu langkah per hari selama 12 minggu ternyata mampu memberikan efek yang sangat positif bagi tubuh. 

Selain dapat menurunkan level stress, depresi, lelah, meningkatkan suasana hati, ternyata 10 ribu langkah per hari pun dapat menurunkan kadar lemak di tubuh.

Lari atau Jogging

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak di perut, olahraga lari adalah cara yang cukup efektif.

Menurut sebuah penelitian, lari 30 menit sebanyak tiga hingga empat kali seminggu terbukti efektif untuk membakar kalori yang ada di dalam tubuh. Jika ingin menurunkan berat badan dan menghilangkan lemak, tubuh harus membakar banyak kalori. Dan lari adalah salah satu olahraga yang efektif dalam membakar kalori. 

Jenis latihan lari yang sebaiknya dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah lari dengan intensitas yang tinggi. Baik itu lari dengan kecepatan yang cukup tinggi, atau lari di jalanan yang menanjak. 

Selain pembakaran kalori lebih besar, lari dengan intensitas tinggi pun bisa membakar kalori setelah Anda melakukan olahraga. Latihan ini juga terbukti lebih efektif untuk menghilangkan lemak di perut dibandingkan dengan diet.

Lari juga dapat mengurangi nafsu makan karena setelah Anda berlari, hormon ghrelin yang membuat Anda lapar akan berkurang.

Bersepeda

Bersepeda selain menjadi olahraga yang populer di Indonesia ternyata merupakan olahraga untuk menurunkan berat badan yang efektif.

Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal dalam menurunkan berat badan dengan bersepeda, hal yang perlu diperhatikan adalah intensitas dan durasinya dibandingkan dengan jarak dan kecepatan.

Anda akan lebih efektif membakar kalori ketika bersepeda jika memilih jalur yang sulit dan banyak tanjakan dibandingkan dengan bersepeda keliling kota yang jalannya cenderung lebih rata.

Anda juga dapat menggunakan sepeda statis. Namun sepeda statis dan bersepeda di jalanan memiliki perbedaan jumlah kalori yang dibakar.

Berenang

Menurut hasil penelitian, berenang adalah olahraga yang paling efektif untuk membakar kalori dibandingkan dengan olahraga lainnya. 

Berenang lebih banyak dan cepat membakar kalori karena gerakan berenang di dalam air membutuhkan seluruh bagian tubuh bergerak. Makanya berenang adalah olahraga pembakar lemak yang efektif. Jenis olahraga ini juga tergolong yang aman dari cedera sendi.

Jika ingin menurunkan berat badan dengan berenang sebaiknya dilakukan selama 30 menit sekali dalam empat kali dalam seminggu.

Satu hal yang perlu diperhatikan lagi jika setelah berenang, sebaiknya jangan mengonsumsi banyak makanan. Meskipun badan terasa lelah dan lapar, namun Anda sebaiknya mengonsumsi banyak air minum maupun buah-buahan untuk mengurangi rasa lapar. Makan nasi atau mie instan setelah berenang meskipun dapat menutup rasa lapar namun usaha Anda membakar kalori di dalam air tidak akan terasa hasilnya. 

Yoga

Yoga adalah jenis latihan atau olahraga yang tidak intens dalam menggerakan badan, namun rutin melakukan yoga setiap harinya selama satu jam mampu menurunkan berat badan.

Yoga selama ini dikenal sebagai latihan yang baik untuk memberikan ketenangan pikiran dan memperbaiki metabolisme tubuh.

Pikiran yang sehat dan jernih, serta metabolisme tubuh yang baik dapat menghindarkan Anda dari nafsu makan yang berlebih serta tubuh dapat membakar lemak lebih baik.

Olahraga Menggunakan Fat Burner

Untuk membakar kalori lebih efektif ketika berolahraga Anda dapat mengonsumsi suplemen fat burner sehingga lemak dalam tubuh berkurang karena terbakar lebih maksimal.

Saat ini Anda bisa mendapatkan produk suplemen fat burner buatan lokal dan terbuat dari bahan alami dan aman untuk dikonsumsi harian. Salah satu yang bisa Anda dapatkan di apotek atau toko obat terdekat adalah Slendy.

Slendy adalah tablet hisap pembakar lemak (fat burner) pertama di Indonesia. Sebagai fat burner, Slendy membantu untuk mempercepat proses pembakaran lemak di dalam tubuh. 

Slendy mengandung L-Carnitine tartrate dan Chromium yang membantu proses metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran kalori dalam tubuh dapat meningkat sehingga dapat menghilangkan lemak secara efektif.

Slendy adalah suplemen yang aman digunakan sehari-hari untuk membakar lemak saat Anda beraktivitas tanpa menimbulkan efek samping apa-apa. Slendy sudah dijamin keamanannya karena sudah lolos uji dari Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM.