Punya perut yang kurang proporsional terkadang membuat kepercayaan diri kita menurun. Bahkan terkadang kita dapat dibuat pusing ketika ingin memakai baju tertentu tapi tidak muat karena ukuran perut kita.  

Selain mempengaruhi penampilan, lemak berlebih pada perut juga dapat menghasilkan efek negatif bagi kesehatan. Efek ini tidak terasa sekarang, namun ia bisa seperti bom waktu di masa mendatang dengan beragam penyakit yang mengerikan.

Jika sudah seperti ini, tentu Anda perlu berolahraga secara rutin untuk mengurangi lemak perut.

Namun berolahraga terdengar berat buat sebagian orang, termasuk Anda. Tidak perlu khawatir, 10 jenis olahraga dan latihan ringan dapat dilakukan di rumah ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu dan dapat mengurangi lemak perut secara alami.

Olahraga Ringan Untuk Mengurangi Lemak di Perut

Anda tidak perlu melakukan olahraga yang berat dan melelahkan. Beberapa jenis olahraga ini dapat Anda lakukan di rumah. Melakukan olahraga jenis ini dengan rutin cukup efektif untuk membakar lemak dan mengecilkan perut.

Sit-Up

Tidak ada cara yang membakar lemak perut lebih mudah daripada sit-up. Bahkan beberapa ahli kebugaran menempati sit-up pada urutan teratas sebagai jenis latihan yang sangat efektif membakar lemak. 

Cara yang tepat melakukan sit-up adalah dengan berbaring dengan lutut ditekuk dan menyentuh tanah. Angkat tangan Anda dan letakan di belakang kepala atau bisa juga disilangkan pada dada.

Tarik napas dalam-dalam dan keluarkan saat mengangkat badan. Sekali lagi, tarik napas Anda ketika turun dan buang kembali saat naik.

Jika Anda seorang pemula, lakukan cukup 10 kali saja, kemudian perlahan-lahan mulai menambah porsinya hingga dua atau tiga kali lipat.

Twist Sit-Up

Setelah Anda terbiasa dengan sit-up, lakukan modifikasi sit-up untuk mendapatkan pembakaran lemak yang lebih optimal dengan twist sit-up.

Twist sit-up tidak berbeda dengan sit-up biasa. Tetapi ketika bangun, putar bahu kanan Anda ke arah kiri dan sebaliknya.

Untuk mula-mula, 10 twist sit-up cukup untuk Anda coba.

Side Sit-Up

Side Sit-Up tidak jauh berbeda dengan twist sit-up. Satu-satu yang berbeda adalah Anda harus memiringkan kaki Anda ke sisi yang sama dengan bahu secara bersamaan. Side sit-up lebih fokus pada otot sisi tubuh.

Reverse Sit-Up

Reverse sit-up menjadi latihan penghilang lemak perut yang paling tepat dan cepat bagi perempuan. 

Caranya juga tidak jauh berbeda dengan twist sit-up, cukup miringkan kaki di belakang bersamaan dengan bahu. Latihan ini dianggap paling tepat untuk membentuk dan menghilangkan lemak perut bagian bawah. 

Vertical Leg Crunch

Ini juga cara mudah yang harus masuk dalam langkah Anda dalam mengurangi lemak di perut. Berbaringlah di atas matras atau alas yang membuat nyaman dengan kaki yang diangkat ke atas dan turunkan dengan perlahan-lahan. 

Lakukan ini 12 sampai 16 kali dalam setiap set yang dilakukan.

Bicycle Exercise

Latihan ini tidak serumit namanya yang memerlukan sepeda. Berbaringlah di atas matras atau di lantai dan jaga tangan Anda tetap berada di belakang kepala atau di samping seperti saat melakukan sit-up. 

Angkat kedua kaki dari matras lalu tekuk ke lutut. Dekatkan lutut kanan ke dada, jaga agar kaki kiri tidak menyentuh matras. Lalu lakukan juga pada kaki kiri, lakukan seperti sedang mengayuh sepeda.

Plank Exercise

Plank Exercise melatih otot-otot tubuh Anda di sekitar perut, pinggul dan punggung bawah. Cara melakukannya, posisikan diri di atas matras atau lantai dengan siku serta lutut sebagai tumpuannya. 

Jaga agar leher sejajar dengan tulang belakang. Pandangan melihat ke depan, angkat lutut dan jadikan jari-jari kaki sebagai tumpuan. Kontraksikan lutut dan jaga pernapasan secara normal. Inilah yang disebut pose plank. Tetap di posisi ini selama 30 detik. 

Jalan di Tempat

Kardio adalah salah satu cara terbaik untuk membakar kalori dan menghilangkan lemak yang tidak diinginkan dari tubuh. Walking atau jalan di tempat adalah salah satu latihan kardio pertama yang dapat dilakukan karena merupakan metode yang baik dan efektif untuk membakar lemak perut. 

Jika Anda melakukan ini dengan kecepatan yang konstan selama 30-45 menit dalam lima hari setiap minggu, Anda dapat merasakan perubahan bentuk perut. Latihan ini dapat meningkatkan metabolisme dan detak jantung dan sangat efisien untuk pemula.

Lari di Tempat

Selama melakukan olahraga, modifikasi untuk mendapatkan hasil yang optimal adalah sebuah keharusan agar Anda juga terhindar dari rasa jenuh dan membuat latihan yang sudah rutin dijalankan buyar begitu saja.

 Berlari di tempat bisa menjadi pilihan yang tepat. Ini juga cara yang tepat untuk menjaga detak jantung, kehilangan kalori, dan tentu saja mengurangi lemak perut.

Jogging

Penelitian menunjukkan bahwa jogging cara yang lebih baik dalam memecah lemak perut yang tidak diinginkan dibandingkan dengan angkat besi. Ini adalah bentuk latihan aerobik yang baik yang berguna untuk melawan lemak dan tetap bugar.

Tentu, agar hasil olahraga terasa lebih optimal  kamu harus menyeimbangkannya dengan pola makan yang seimbang dan bila perlu mengkonsumsi suplemen yang dapat membantu dalam proses pembakaran lemak.

Suplemen pembakar lemak pun tidak boleh dipilih asal, yang ada akan mendatangkan efek samping yang tidak diinginkan. Pastikan suplemen tersebut juga dibuat dengan bahan-bahan yang aman.

Salah satu suplemen pembakar lemak (fat burner) yang dapat Anda konsumsi adalah Slendy.

Suplemen ini dapat membantu proses metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran kalori dalam tubuh dapat meningkat sehingga dapat menghilangkan lemak secara efektif.

Konsumsi Slendy selama Anda beraktivitas dapat mempercepat proses pembakaran lemak di dalam perut sehingga Anda dapat mendapatkan berat badan yang ideal.

Facebook
Twitter
LinkedIn