Pada saat hamil, salah satu keluhan yang biasa dialami adalah ambeien atau wasir. Pasti rasanya sangat menderita dan tersiksa terutama ketika duduk. Ambeien pada wanita hamil memang umum terjadi terutama ketika memasuki trimester kedua hingga selama trimester ketiga pada kehamilan.

Lalu adakah obat wasir untuk ibu hamil, sebaiknya seperti apa mengobati wasir pada ibu hamil yang aman bagi kandungan?

Mengapa Wanita Hamil Mengalami Wasir?

Saat Anda hamil, Anda lebih rentan mengalami wasir atau ambeien. Sekitar 30 hingga 40 persen wanita hamil di atas 6 bulan mengalami wasir. Hal ini karena rahim Anda yang kian hari kian membesar menekan pembuluh darah panggul dan pembuluh darah balik bawah (sebuah pembuluh darah besar di sisi kanan tubuh yang menerima darah dari tungkai kaki).

Karena tekanan ini darah telat kembali menuju jantung, sehingga meningkatkan tekanan pada pembuluh darah rahim sehingga menyebabkan pembuluh darah tersebut melebar dan bengkak. 

Selain karena pelebaran rahim, wasir pada wanita hamil juga bisa disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron. 

Meski menjadi hal yang umum terjadi, tapi wasir pada wanita hamil dapat dicegah. Salah satu caranya harus memperbanyak asupan serat, minum air putih yang cukup, dan mengonsumsi probiotik. Hindari sembelit dan mengejan saat buang air besar karena itu bisa menyebabkan risiko wasir.

Wasir sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu wasir internal dan eksternal. Wasir internal menyebabkan penderitanya mengalami pembekakan bagian rektum yang tidak bisa dilihat atau diraba.

Dalam tahap awal, wasir ini tidak menimbulkan rasa sakit, namun akan mengeluarkan darah baik dalam bentuk tetesan atau mengalir. Tahap parahnya, wasir akan keluar dari anus dan terlihat berwarna merah muda. Wasir ini akan masuk dengan sendirinya jika sudah membaik.

Sedangkan wasir eksternal menyebabkan penderitanya gatal, perih dan sakit. Apalagi bila terdorong keluar oleh feses maka dapat terjadi penggumpalan trombosis sehingga wasir berwarna biru-ungu. Karena letaknya yang diluar anus, wasir jenis ini akan terlihat. 

Apakah Wasir Mengganggu Proses Persalinan?

Wasir yang dialami oleh seorang wanita hamil bukan menjadi indikasi bahwa persalinan harus dilakukan secara operasi cesar. Walaupun wanita tersebut mengalami wasir saat hamil, mereka tetap bisa melahirkan secara normal. 

Tapi ada juga beberapa kasus individu yang akhirnya membuat dokter kandungan memutuskan melakukan persalinan dengan jalan operasi cesar.

Obat Wasir untuk Ibu Hamil

Selama hamil, konsumsi obat seorang ibu terbatas, ada beberapa obat yang justru akan membahayakan kandungan jika dikonsumsi. Tentu Anda harus mempertimbangkan kesehatan si cabang bayi juga sehingga si buah hati bisa terlahir sehat.

Berikut ini tips memilih obat wasir untuk ibu hamil yang tepat:

  • Pilihlah obat pencahar alias laktasit. Ketika Anda sedang wasir, Anda tidak diperbolehkan untuk mengejan saat buang air besar. Kandungan laktasit yang akan menyerap banyak cairan tubuh akan membantu melunakan feses sehingga lebih mudah dikeluarkan.
  • Untuk meredakan sakit, minumlah paracetamol, pilihlah paracetamol yang murni, bukan yang menambahkan kafein di dalamnya. Jangan meminum obat penghilang rasa sakit lainnya tanpa berkonsultasi dengan dokter.
  • Pilih obat wasir yang mengandung hydrocortisone atau lidocaine.
  • Pilih obat wasir yang berbahan alami seperti witch hazel, lidah buaya, chamomile.

Obat wasir yang berbahan alami pastinya lebih aman dikonsumsi ketika sedang hamil. Hal ini tentu karena bahan kimia dan efek samping dalam obat alami lebih ringan sehingga tentu lebih aman bagi ibu hamil dan janinnya. 

Salah satu pilihan obat wasir alami juga bisa ditemukan di daun ungu yang sudah dikenal mampu mengembalikan kelenturan darah serta mencegah radang pada wasir. Selain itu juga ada buah pepaya, yang telah dikenal luas dapat menghilangkan sembelit sehingga buang air besar lebih lancar. Kandungan daun ungu dan pepaya untuk mengobati wasir bisa ibu hamil dapatkan dalam Clofen

Kandungan Clofen juga dapat mencegah peradangan yang dapat menimbulkan rasa sakit. Anda tidak perlu takut mengonsumi Clofen, karena Clofen masuk dalam jenis obat jamu alami dengan bentuk kapsul.