Obat tetes mata menjadi penolong pertama bagi orang yang mengalami berbagai masalah mata mulai dari mata kering, mata merah, hingga iritasi. Tiap obat memang sudah memiliki tanggal kedaluwarsa pada kemasan produknya.

Akan tetapi ternyata obat tetes mata yang sudah terbuka dalam waktu lama, bisa berbahaya meskipun belum mencapai tanggal kedaluwarsa yang tercantum dalam kemasan lho. Oleh karena itu Anda harus tahu ciri-ciri obat tetes mata sudah kedaluwarsa atau basi berikut ini.

Sampai Kapan Obat Tetes Mata Aman Digunakan?

Tiap kali membeli produk obat tetes mata selalu perhatikan kapan tanggal kedaluwarsa dan juga petunjuk pemakaian serta penyimpanan produk tersebut. Meski masih jauh dari tanggal expired, sebuah produk bisa berbahaya bagi Anda lho!

Umumnya pada tiap produk obat tetes mata dilengkapi dengan bahan pengawet yang membuatnya tahan lama. Namun, bahan ini akan semakin berkurang efektivitasnya jika kemasan produk sudah dibuka.

Misalnya, Anda memiliki obat tetes mata dengan expired date masih yang cukup lama dari tanggal pembelian. Anda kemudian membuka kemasan dan menggunakannya hanya sekali. Setelah itu Anda langsung menyimpannya dalam kotak obat.

Maka yang harus Anda harus lakukan adalah mengingat dan mencatat tanggal Anda membuka kemasan obat tetes tersebut. Anda masih bisa menggunakan obat tetes tersebut selama sebulan ke depan. 

Jika sudah melebihi 1 bulan, dikhawatirkan sudah banyak bakteri yang hidup di dalam obat tersebut. Karena berbentuk cairan, maka obat tetes mata cenderung lebih mudah terkontaminasi kuman dan jamur. 

Kandungan pengawet dalam obat tetes  yang sudah terbuka kemasannya akan kekurangan kemampuannya dalam melindungi produk dari infeksi bakteri tersebut.

Ciri-Ciri Obat Tetes Mata Basi atau Kedaluwarsa

Selain memperhatikan tanggal kedaluwarsa dan tanggal membuka kemasan, Anda juga harus memperhatikan beberapa ciri-ciri obat tetes basi maupun kedaluwarsa. Bisa saja produk obat tetes mata rusak karena penyimpanan yang buruk.

Umumnya produk berupa cairan akan sangat mudah rusak dipengaruhi oleh faktor cahaya, baik cahaya matahari maupun cahaya lampu ruangan. Kerusakan pada obat tetes dapat ditandai dengan beberapa ciri.

Mulai dari perubahan warna, tekstur atau kekentalan, ph, kelarutan, dan viskositas. Cairan bisa saja jadi lebih keruh dan timbul endapan di bagian bawah kemasan. Waspadai juga juga terjadi perubahan pada bau yang berubah jadi sangat tajam.

Penyimpanan Obat Tetes Mata yang Baik

Untuk menjaga keamanan dan kualitas produk obat tetes mata tetap aman maka Anda harus menyimpannya dengan cara yang tepat. Demi menghindari obat tetes mata basi, lakukan beberapa tips yang dilansir dari Kementerian Kesehatan RI berikut:

  • Selalu perhatikan tanggal kedaluwarsa dan petunjuk penyimpanan pada produk yang Anda beli.
  • Jauhkan produk dari paparan sinar matahari langsung.
  • Tutup rapat botol obat tetes mata lalu simpan kembali dalam wadah aslinya. Jangan taruh obat tetes mata pada wadah yang lembab.
  • Tidak semua produk harus disimpan dalam lemari pendingin, sesuaikan dengan petunjuk penyimpanan yang tertulis.
  • Perhatikan kondisi obat tetes Anda, mulai dari bentuk kemasan apakah masih normal atau ada kerusakan. Lalu dari produknya sendiri apakah ada ciri perubahan warna dan konsistensi.
  • Jangan simpan obat mata dengan produk lain yang memiliki kemiripan bentuk seperti lem, obat sariawan, dll. Hal ini untuk mencegah terjadinya salah ambil.
  • Selalu simpan brosur atau label obat yang berisi keterangan produk, petunjuk pemakaian, dan petunjuk pemakaian agar tidak salah dalam menggunakan produk tersebut.

Jika Anda ingin membuang obat tetes mata basi atau yang sudah kedaluwarsa, maka jangan langsung melemparkannya ke tempat sampah. Keluarkan dulu seluruh cairannya, baru buang kemasannya ke dalam tong sampah.

Bahaya Penggunaan Obat Tetes Mata Basi atau Kedaluwarsa

Sesuatu yang sudah rusak atau kedaluwarsa pastilah tidak baik untuk kesehatan tubuh kita apalagi mata. Menggunakan obat tetes mata basi atau kedaluwarsa dapat menimbulkan beberapa masalah pada mata.

Saat obat mata basi dan kedaluwarsa digunakan juga akan menimbulkan efek seperti perih. Lalu mata merah, mata berair, dan radang parah atau konjungtivitis. Jika Anda tidak sengaja sudah terlanjur menggunakan obat tetes mata basi sebaiknya segera bersihkan mata Anda.

Anda bisa menggunakan cairan pembersih mata yang mampu membersihkan kotoran berbahan kimia maupun kotoran dari benda asing seperti debu.

Anda bisa mencoba Y-Rins, obat pencuci mata yang dapat membantu membersihkan, menyejukkan, dan menyegarkan mata yang lelah dan sakit.

Y-Rins terbuat dari bahan alami yaitu ekstrak tanaman witch hazel yang memiliki sangat banyak manfaat termasuk untuk kesehatan mata. Karena dari bahan alami, maka Y-Rins aman digunakan tanpa resep dokter.

Jika setelah beberapa hari kondisi mata Anda tak kunjung membaik sebaiknya segera pergi ke dokter untuk berkonsultasi dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Facebook
Twitter
LinkedIn