Pernahkah Anda mengalami benjolan kecil di bawah permukaan kaki dan terkadang menimbulkan nyeri? Benjolan ini bisa jadi mata ikan. 

Mata ikan atau foot corn adalah kondisi penebalan kulit akibat gesekan yang terjadi berulang kali. Area yang mengalami mata ikan memiliki bagian kulit tengah yang tebal dan lebih keras serta dapat menimbulkan peradangan yang sakit.

Pada awal pertumbuhannya, mata ikan akan tampak seperti titik kecil pada kulit yang berwarna gelap. Semakin lama, bagian tengah kulit yang terkena mata ikan akan muncul benjolan keras dengan permukaan kasar seperti sayuran kol berwarna cokelat tua. 

Berbeda dengan kapalan, mata ikan terdapat warna hitam pada bagian tengah yang disebabkan oleh pembuluh darah yang pecah pada bagian mata ikan.

Semakin sering terkena tekanan dan gesekan, mata ikan akan semakin dalam menembus lapisan kulit dan akan menimbulkan rasa sakit yang semakin besar. 

Rasa nyeri yang disebabkan oleh mata ikan karena letak mata ikan yang umumnya berada di telapak kaki selalu mendapatkan tekanan dan gesekan. 

Jika mengalami kondisi ini, Anda tidak perlu khawatir. Karena mata ikan bukan gangguan kulit yang tidak berbahaya. Namun dapat menimbulkan rasa tidak nyaman serta rasa sakit yang luar biasa ketika Anda mengalaminya.

Untuk itu, mata ikan perlu segera diatasi. Membiarkan kondisi ini terlalu lama, akan semakin sulit untuk mengatasinya. 

Obat Mata Ikan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mata ikan bukan kondisi yang berbahaya namun dapat membuat penderitanya tidak nyaman. Jika hal ini terjadi, sebaiknya Anda segera mengatasinya sebelum mata ikan yang Anda alami menjadi semakin parah.

Jika mata ikan tidak dicegah dan diobati dapat membuat kondisinya semakin parah. Ketika mata ikan sudah mencapai kondisi ini, satu-satunya cara untuk mengatasinya melalui tindakan medis seperti operasi.

Untuk mencegah mata ikan menjadi semakin parah, sebaiknya segera Anda atasi dengan beberapa cara di bawah ini.

Batu Apung

Salah satu cara tradisional yang paling mudah dan ampuh untuk mengatasi mata ikan adalah dengan menggunakan batu apung. 

Batu apung dapat berfungsi sebagai bahan alami yang mampu melembutkan kulit serta mengempeskan kulit akibat mata ikan.

Cara menggunakan batu apung untuk menghilangkan mata ikan dapat Anda lakukan dengan cara:

  • Rendam kaki dengan air hangat selama kurang lebih 5 menit hingga kulit terasa lembut
  • Gosokan batu apung pada area kaki yang terkena mata ikan selama 2 hingga 3 menit
  • Keringkan kaki Anda dan oleskan pelembab

Pengobatan mata ikan menggunakan batu apung dapat Anda lakukan setiap hari. Namun, perlu diperhatikan jika ketika menggosok batu apung jangan terlalu lama dan terlalu keras. Hal ini dapat menimbulkan lecet, pendarahan, dan infeksi. 

Sari Cuka Apel

Sari cuka apel bermanfaat untuk mengeksfoliasi sel kulit mati dan melunakkan mata ikan. Sari cuka apel juga bersifat antibakteri yang ampuh untuk membunuh bakteri di area sekitar mata ikan. 

Untuk mengobati mata ikan dengan sari cuka apel caranya adalah dengan merendam kaki dalam larutan sari cuka apel atau menutupi mata ikan dengan menggunakan perban yang telah dibasahi dengan sari cuka apel.

Krim Urea

Selain menggunakan bahan-bahan alami, mata ikan juga dapat diobati dengan menggunakan beberapa jenis obat oles yang banyak tersedia di apotek.

Salah satu obat oles yang dapat menghilangkan mata ikan adalah obat mata ikan oles yang mengandung urea. Urea dikenal sebagai keratolitik yang berfungsi untuk mengatasi kulit kering dan kondisi iktiosis.

Iktiosis merupakan gangguan pada pembentukan lapisan kulit bagian keratin. Gangguan ini membuat kulit jadi kasar, bersisik, dan menebal seperti yang terjadi pada mata ikan.

Cara menggunakan obat oles yang mengandung urea untuk mengobati mata ikan sebaiknya mengikuti aturan pemakaian yang tertera pada kemasan.

Asam Salisilat

Selain urea, obat yang terbukti ampuh untuk mengatasi mata ikan adalah obat yang mengandung asam salisilat. 

Asam salisilat dapat melembutkan lapisan kulit sehingga akan mudah dihilangkan. Salah satu keunggulan asam salisilat adalah kadar obatnya yang tergolong ringan dan tidak menimbulkan rasa sakit selama pengobatan.

Salah satu obat mata ikan yang mengandung asam salisilat adalah Callusol. Callusol adalah obat oles yang mengandung asam salisilat dan mampu mengatasi penyakit kulit luar seperti kutil, mata ikan, dan kapalan dengan cepat.

Cara pakai Callusol pun sangat mudah, cukup dioles langsung ke kutil, kemudian tutup dengan perban. Kutil pun akan hilang sendiri setelah beberapa kali pemakaian.