Kutil adalah kondisi kulit yang tumbuh berlebih di bagian tertentu. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh virus Human Papiloma Virus (HPV). 

Kondisi kulit ini merupakan infeksi pada permukaan kulit yang ditandai dengan benjolan berbentuk bulat, kasar, serta berwarna pucat. Beberapa jenis kutil ini ada yang tidak sakit ketika disentuh, namun ada juga yang akan menimbulkan rasa gatal atau bahkan rasa sakit.

Menyentuh atau menggaruk kutil bisa menyebabkan Anda terinfeksi virus HPV. Kulit lembab dan luka luar yang digaruk juga sering menjadi penyebab tumbuhnya kutil.

Penyakit ini merupakan kondisi kulit yang tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Kutil adalah jenis tumor jinak yang dapat disembuhkan dengan cepat jika ditangani dengan benar.

Sebelum kutil tumbuh semakin besar dan membuat tidak nyaman, Anda dapat mencegahnya dengan menggunakan obat-obatan yang dijual bebas tanpa resep di apotek atau menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Apa saja?

Berikut beberapa tipe obat dan pengobatan yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan kutil.

Obat Untuk Mengatasi Kutil

Banyak jenis obat kutil yang dapat Anda temukan di apotek atau toko obat-obatan. Obat yang digunakan untuk menghilangkan kutil biasanya obat bebas tanpa perlu memerlukan resep dokter. 

Anda juga dapat mencoba beberapa jenis pengobatan di rumah yang sederhana atau menggunakan bahan-bahan alami yang mudah digunakan. 

Menggabungkan antara obat dan juga bahan alami dapat Anda coba jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
Apa saja obat yang dapat Anda gunakan? Berikut penjelasannya.

Obat Kutil yang Tersedia di Apotek

Obat kutil dan penyakit kulit lainnya dapat Anda temukan dengan mudah di apotek. Beberapa diantaranya merupakan jenis obat  bebas yang dapat digunakan tanpa resep dokter dan dijual bebas di apotek, toko obat, atau tempat lainnya.

Asam salisilat

Asam salisilat (salicylic acid) merupakan zat yang terbukti secara medis untuk menghilangkan beberapa penyakit dan gangguan kulit. Penyakit seperti jerawat, dermatitis, psoriasis, hingga kutil dapat disembuhkan dengan menggunakan obat yang mengandung asam salisilat.

Jenis obat yang mengandung asam salisilat sangat mudah dan ampuh untuk digunakan terutama untuk kutil pada kaki dan tangan. Asam salisilat biasanya berbentuk obat oles yang berbentuk salep, krim, atau gel.

Salah satu obat yang mengandung asam salisilat dan ampuh menghilangkan penyakit kulit seperti kutil, kapalan, atau mata ikan adalah Callusol. 

Callusol adalah obat oles yang mengandung asam salisilat dan mampu mengatasi penyakit kulit luar seperti kutil, mata ikan, dan kapalan dengan cepat.

Cara pakai Callusol pun sangat mudah, cukup dioles langsung ke kutil, kemudian tutup dengan perban. Kutil pun akan hilang sendiri setelah beberapa kali pemakaian.

Retinol

Retinol atau retinoid adalah zat yang dibuat dari vitamin A. Pada era 1970-an, obat ini sangat populer untuk menghilangkan jerawat.

Namun kini retinol tidak hanya efektif menghilangkan jerawat saja. Kutil dapat dengan cepat dihilangkan menggunakan retinol.

Retinol menghilangkan kutil dengan cara mengganggu pertumbuhan sel kulit di sekitarnya. Berbeda seperti obat kutil yang menggunakan bahan asam salisilat, retinol hanya bisa didapatkan melalui resep dokter saja.

Anda harus menggunakan obat ini sesuai resep dan anjuran dokter, karena jika berlebihan retinol dapat menyebabkan efek samping seperti:

  • Kulit kering dan iritasi
  • Kulit menjadi sensitif terhadap sinar matahari
  • Kulit kemerahan, bengkat, mengeras, atau melepuh.

Menggunakan retinol untuk menghilangkan kutil dapat memakan waktu sekitar satu hingga dua bulan. Menambah dosis pemakaian retinol tidak akan mempercepat proses pengobatan.

Dosis yang berlebih hanya akan memicu efek samping dan dapat memperparah kondisi kulit Anda.

Kantaridin

Kantaridin adalah obat yang dihasilkan dari ekstraksi serum dari kumbang. Zat hasil ekstraksi ini dicampur dengan beberapa bahan kimia lainnya dapat digunakan untuk menghilangkan kutil.

Ketika kantaridin sudah diaplikasikan pada area pertumbuhan kutil, dokter akan membalut bagian tersebut agar proses pengobatan steril dari gangguan yang muncul dari luar. 

Menghilangkan kutil dengan menggunakan kantaridin merupakan cara yang tidak menimbulkan rasa sakit.

Namun beberapa pasien mungkin akan merasakan sensasi kulit seperti terbakar pada bagian yang terinfeksi selama beberapa saat setelah pengaplikasian. 

Cara Alami Mengobati Kutil

Selain menggunakan obat-obatan, mengobati kutil dapat Anda lakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami atau metode yang mudah. Apa saja? 

Berikut beberapa jenis bahan alami dan metode sederhana yang dapat Anda coba untuk menghilangkan kutil.

Lakban

Menggunakan lakban untuk menghilangkan kutil adalah metode yang sangat mudah dan sederhana. Namun prosesnya akan memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan cara-cara lainnya. 

Anda dapat menggunakan lakban jenis apa saja, karena metode ini tidak tergantung dari jenis lakban yang Anda gunakan. 

Cara menggunakannya adalah dengan menutup rapat-rapat daerah kulit yang terkena kutil menggunakan lakban selama kurang lebih enam hari.

Setelah enam hari, lepas lakban kemudian rendam kulit yang terkena kutil dengan air hangat dan gosok kutil secara perlahan-lahan. 

Tutup kembali rapat-rapat area kutil dengan lakban setelah membiarkannya selama 12 jam. Ulangi terus cara ini sampai kutil benar-benar hilang. 

Metode ini memakan waktu sekitar satu hingga dua bulan untuk dapat benar-benar menghilangkan kutil. 

Cara ini cukup efektif karena ketika kutil ditutup oleh lakban, karena kutil tidak mendapatkan udara dan cahaya matahari. Kutil yang terkena udara dan terkena sinar matahari dapat tumbuh dan berkembang.

Ketika ditutup lakban, kutil akan perlahan-lahan mati karena tidak mendapatkan oksigen dan cahaya matahari.

Sari Cuka Apel

Sari cuka apel dapat Anda gunakan untuk menghilangkan kutil yang ada di wajah. 

Metode menghilangkan kutil menggunakan sari cuka apel telah banyak direkomendasikan oleh banyak orang sebagai cara yang sederhana namun ampuh.

Sari cuka apel memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga mampu merusak jaringan kulit yang terkena kutil. Secara perlahan-lahan kutil yang diobati dengan sari cuka apel akan mengelupas dari kulit Anda secara alami. 

Cara menggunakan sari cuka apel adalah dengan merendam kapas dengan 2 sendok makan sari cuka apel. Tempel dan rekatkan menggunakan perban.

Gunakan metode ini setiap hari sampai kutil benar-benar hilang. Biasanya menggunakan sari cuka apel akan memakan waktu selama beberapa minggu. 

Lemon atau Vitamin C

Vitamin C dan air perasan lemon dapat Anda gunakan juga untuk menghilangkan kutil.

Cara menggunakan lemon dan vitamin C adalah campur air perasan lemon dengan bubuk vitamin C yang dapat Anda dapatkan dari tablet hisap vitamin C yang banyak dijual di pasaran. 

Aduk dan campur rata hingga menjadi pasta kemudian oleskan pada kutil yang ada di kulit. Tutup menggunakan perban dan ulangi terus cara ini hingga kutil benar-benar hilang.

Campuran antara vitamin C dan air lemon efektif menghilangkan kutil karena kandungan vitamin C yang ampuh untuk membunuh virus serta air lemon memiliki tingkat keasaman yang mampu merusak jaringan kulit kutil. 

Madu

Madu adalah bahan alami yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah mengobati kutil. Madu yang direkomendasikan adalah madu manuka organik yang berasal dari Selandia Baru.

Madu manuka mengandung sifat antibakteri dan antivirus yang sangat tinggi dibandingkan dengan jenis madu lainnya. 

Cara mengobati kutil dengan menggunakan madu manuka adalah dengan menggosok kutil terlebih dahulu dengan batu apung. Kemudian oleskan satu sendok teh madu manuka dan tutup dengan perban.

Biarkan selama 24 jam kemudian oleskan kembali madu dan tutup dengan perban hingga kutil benar-benar hilang.

Obat Untuk Mengatasi Kutil Kelamin

Anda tidak dapat menggunakan obat-obatan dan cara di atas untuk mengobati kutil kelamin. Kutil yang tubuh seperti kaki atau tangan berbeda dengan kutil kelamin. Maka dari itu cara pengobatannya pun berbeda.

Karena kutil tumbuh di area sekitar kelamin, Anda perlu berhati-hati dalam mengobatinya karena banyak terdapat kulit yang sangat sensitif.

Bagaimana cara mengobati kutil kelami? Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

Obat Kutil Kelamin yang Dapat Anda Gunakan

Mengobati kutil dapat Anda lakukan dengan menggunakan obat-obatan yang tersedia di apotek. Ada yang dijual bebas dan ada juga yang diperlukan resep dokter untuk mendapatkannya.

Anda perlu perhatikan baik-baik dosis dan cara menggunakannya. Karena kutil kelamin berada di area kulit yang sangat sensitif, berhati-hati ketika mengobatinya agar kutil tidak bertambah parah atau justru muncul penyakit atau gangguan lainnya.

Podofilox

Podofilox adalah obat kutil kelamin berbentuk salep serta aman dan mudah untuk digunakan. Obat ini digunakan untuk menghancurkan kutil pada kelamin.

Oleskan podofilox sebanyak dua kali sehari yaitu setiap pagi dan malam selama tiga hari, diikuti dengan empat hari tanpa pengobatan. Jika kutil tidak hilang, siklus ini dapat diulang hingga empat kali (selama 4 minggu).

Rasa nyeri dengan intensitas yang ringan hingga sedang serta iritasi pada bagian yang diobati mungkin muncul akibat dari efek samping obat ini. Jika mengenai mata, segera bilas hingga bersih dan hubungi dokter jika mata Anda bermasalah.

Sinecatechin

Sinecatechin digunakan untuk mengobati kutil kelamin bagian luar, area dalam atau di sekitar anus. Salep ini mengandung ekstrak teh hijau yang kaya akan katekin.

Efek samping yang sering muncul biasanya ringan seperti kulit memerah, gatal, rasa seperti terbakar, rasa sakit.

Oleskan bagian kulit yang terkena kutil menggunakan jari selama tiga kali sehari. Hindari pemakaian sinecatechin selama lebih dari 16 minggu.

Jika kutil kelamin tidak kunjung hilang setelah menggunakan sinecatechin selama 16 minggu, segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter untuk segera dilakukan tindakan. 

Imiquimod (Aldara)

Imiquimod adalah jenis obat berbentuk krim yang dapat mengobati kutil kelamin dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Imiquimod tidak direkomendasikan pada anak dibawah 12 tahun kecual dengan petunjuk dokter.

Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan imiquimod tiga kali seminggu sebelum tidur hingga kutil benar-benar hilang. Setelah dioleskan, diamkan selama delapan jam kemudian cuci sampai bersih menggunakan sabun dan air.

Bagian yang telah dioleskan imiquimod biarkan terbuka dan hindari menutupnya dengan perban atau jenis lainnya.

Beberapa orang yang menggunakan imiquimod dapat mengalami efek samping seperti kulit menjadi kemerahan, tubuh terasa nyeri, gatal dan terasa panas seperti terbakar, adanya lepuhan, serta ruam kulit.

Efek samping lainnya yaitu nyeri pada beberapa bagian tubuh, batuk, dan merasa lelah.

Obat Kutil Kelamin Dari Bahan Alami

Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobati kutil kelamin. Bahan-bahan ini mudah didapatkan dan mudah untuk dilakukan. Apa saja?

Berikut beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengobati kutil kelamin.

Bawang putih

Bawang putih memiliki kandungan yang efektif untuk membasmi virus. Salah satunya adalah virus HPV penyebab kutil. Bawang putih memiliki kandungan allicin yang dapat membunuh bibit-bibit penyakit. 

Cara mengobati kutil kelamin menggunakan bawang putih adalah dengan merendam beberapa siung bawang putih selama semalam. Air rendaman dapat digunakan untuk membersihkan area yang terkena kutil kelamin.

Gunakan bawang yang telah direndam dengan cara hancurkan bawang dan oleskan pada kutil kelamin.

Selain mencoba cara di atas, Anda juga dapat mencoba cara lainnya menggunakan bawang putih dengan mengonsumsi bawang putih atau kapsul bawang putih untuk mengobati kutil kelamin sekaligus membunuh virus HPV dari dalam tubuh.

Daun zaitun

Selain bawang putih, daun zaitun pun dipercaya dapat mengobati kutil khususnya kutil kelamin. Daun zaitun memiliki kandungan antivirus untuk melindungi tubuh, efektif membunuh virus HPV penyebab kutil serta meningkatkan kekebalan tubuh. 

Cara menggunakan daun zaitun adalah dengan mencampurkan satu sendok teh daun zaitun ke dalam secangkir air panas. Saring dan minum cairan ini sebanyak dua hingga empat cangkir teh setiap hari guna mendapatkan khasiat dan hasil terbaik.

Teh hijau

Teh hijau sudah terbukti memiliki banyak manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi secara rutin. Salah satu manfaat yang dapat Anda rasakan dari teh hijau adalah kandungan polyphenon E di dalamnya yang efektif untuk mengobati kutil kelamin.

Untuk mengobati kutil kelamin dengan teh hijau adalah dengan mencampurkan ekstrak daun teh hijau dengan satu atau dua tetes minyak kelapa kemudian kompres pada area kelamin. Lakukan metode pengobatan ini setiap hari hingga kutil pada area kelamin benar-benar hilang.

Tea tree oil

Bahan ini sering dimanfaatkan dalam bidang kecantikan, ternyata tea tree oil atau minyak pohon teh juga merupakan salah satu bahan alami yang efektif untuk mengobati kutil, khususnya kutil kelamin. 

Tea tree oil mengandung khasiat anti virus, anti jamur, serta antiseptik yang dapat menyembuhkan infeksi HPV dan kutil dengan cepat. Selain itu, kulit yang iritasi pun juga dapat disembuhkan karena khasiat pada bahan alami ini.

Sama dengan teh hijau, Anda dapat mengoleskan tea tree oil pada bagian kutil kelamin tumbuh. Ulangi cara ini beberapa kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.

Perlu Anda perhatikan pada beberapa kondisi, tea tree oil dapat memberikan sensasi perih dan terbakar. Jika dirasa muncul iritasi, hentikan pemakaian.

Maka dari itu, jangan coba mengoleskan secara langsung pada kelamin. Oleskan ke kulit tangan terlebih dahulu, jika tidak ada reaksi dalam 24 jam maka obat alami kutil kelamin ini aman untuk Anda.

Cara lain menggunakan tea tree oil yang dapat Anda lakukan juga adalah dengan mencampurkan tea tree oil ke dalam bak mandi air hangat, lalu rendam tubuh selama 15 menit. Lakukan metode ini hingga dua kali sehari.

Facebook
Twitter
LinkedIn