Ambeien, bahasa medisnya hemoroid atau juga dikenal dengan istilah wasir, adalah kondisi saat pembuluh darah di anus membengkak dan terasa nyeri, gatal, bahkan bisa menyebabkan anus berdarah.

Ambeien bisa terjadi di bagian dalam anus (disebut hemoroid interna) yang biasanya menyebabkan perdarahan, atau di luar anus (hemoroid eksternal).

Jika kondisi wasir sudah mencapai tingkat lanjut, tindakan medis seperti operasi terkadang dibutuhkan. Tapi jangan khawatir, kebanyakan wasir biasanya cukup ringan dan bisa diatasi dengan berbagai jenis obat ambeien yang bisa didapatkan di apotek terdekat.

Jenis-Jenis Obat Ambeien di Apotik

Wajar jika Anda bingung memilih obat wasir mana yang perlu dibeli dari berbagai pilihan yang tersedia di apotik. Wasir menimbulkan banyak gejala yang menganggu, dan masing-masing obat ambeien biasanya menargetkan satu atau dua gejala tertentu.

Supaya tidak bingung, simak penjelasan di bawah ini agar Anda tahu obat ambeien jenis apa yang Anda perlukan.

1. Obat Ambeien Jenis Astringent

Astringent adalah jenis obat kimia yang berfungsi untuk mengecilkan atau mengetatkan jaringan tubuh.

Obat ambeien jenis astringent memicu sel-sel kulit di anus untuk menggumpal sehingga luka wasir cepat mengering. Efeknya, ini akan mengurangi pembengkakan, rasa sakit, iritasi, dan gatal di anus yang disebabkan oleh wasir.

Contoh Bahan Astringent Pada Obat Wasir:

  • Witch Hazel
    Witch hazel adalah astringent alami yang diambil dari batang tumbuhan Hamamelis virginiana. Witch hazel ampuh menghilangkan rasa nyeri dan gatal di anus akibat ambeien, namun ia juga memiliki sifat anti-radang sehingga bisa mengurangi pembengkakan.
    Obat ambeien yang mengandung witch hazel biasanya berupa cairan oles, sabun pencuci, atau tissue basah, yang bisa digunakan untuk membersihkan anus yang terkena ambeien.
  • Sophora Japonica
    Sophora Japonica adalah sejenis tanaman yang khasiatnya sudah lama dikenal dalam dunia obat-obatan herbal di Cina. Buah dan bunganya merupakan astringent alami yang bisa membantu menghentikan perdarahan, kulit akar dan daunnya bisa mempercepat penyembuhan luka.
    Ekstrak sophora japonica sering digunakan sebagai obat ambeien alami, contohnya dalam pil ambeien Clofen, terutama bagi penderita wasir yang mengalami BAB berdarah.

2. Obat Ambeien Jenis Vasokonstriktor

Vasokontriktor adalah jenis obat yang bekerja untuk menyempitkan pembuluh darah, sehingga urat yang melebar di anus penderita wasir akan kembali ke ukuran normal, dan ambeien pun berangsur-angsur pulih.

Vasokonstriktor juga bisa membantu mengurangi iritasi dan rasa gatal di anus.

Namun, sebelum menggunakan obat wasir jenis vasokonstriktor, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter untuk memastikan bahwa kondisi tubuh dan kesehatan Anda tidak akan berinteraksi dengan obat dan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Contoh Bahan Vasokonstriktor Pada Obat Wasir:

  • Ephedrine sulfate
  • Epinephrine
  • Phenylephrine o.25%.

3. Obat Ambeien Jenis Protektan

Saat tubuh sedang didera wasir, buang air besar bisa menjadi hal yang menakutkan. Bayangkan saja, dalam kondisi anus sedang membengkak, nyeri, dan terluka, buang air besar bisa menjadi sangat menyakitkan.

Di sinilah obat ambeien jenis protektan dibutuhkan.

Sesuai namanya, obat wasir jenis protektan berfungsi untuk melindungi kulit dan jaringan di anus dan sekitarnya. Protektan bekerja dengan cara membuat lapisan pelindung yang menjaga kulit anus dari iritasi dan rasa nyeri saat bersentuhan dengan benda lain, termasuk kotoran Anda sendiri saat buang air besar.

Contoh Bahan Protektan Pada Obat Wasir:

  • Aluminium hydroxide
  • Glycerin
  • Lanolin
  • Aloe vera
  • White petrolatum
  • Zinc oxide
  • Calamine.

4. Obat Ambeien Jenis Steroid (Hydrocortisone)

Steroid adalah jenis obat yang berfungsi untuk mengatasi peradangan, meredakan gatal, mengurangi pembengkakan, sekaligus mengatasi penyumbatan.

Kebanyakan salep obat ambeien mengandung bahan yang termasuk ke golongan obat steroid, yang paling populer adalah hydrocortisone. Fokusnya untuk menyembuhkan radang dan menghentikan keluarnya lendir dari anus.

Namun, karena termasuk obat keras, salep wasir jenis steroid sebaiknya tidak digunakan dalam jangka panjang karena bisa menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.

Cara Pakai Obat Hydrocortisone untuk Mengatasi Ambeien

Untuk mengatasi wasir, obat yang mengandung hidrokortison biasanya digunakan baik untuk dewasa maupun anak-anak usia 12 tahun ke atas. Obat wasir jenis ini seringnya berbentuk salep atau krim yang dioles ke wasir, atau berupa enema atau supositori, yaitu obat yang harus dimasukkan ke dalam dubur.

Jika Anda membeli obat jenis ini tanpa resep, gunakan sesuai petunjuk di dalam kemasan obat. Namun, jika dalam 7 hari wasir tidak juga sembuh, stop penggunaan obat dan periksakan ke dokter.

Hidrokortison tidak boleh digunakan setiap hari selama lebih dari 7 hari.

Saat menggunakan salep hidrokortison, hati-hati dan pastikan salep hanya dioles ke bagian luar anus dan tidak sampai masuk ke dalam dubur.

Saat menggunakan hidrokortison jenis enema, sebaiknya gunakan setelah buang air besar. Dianjurkan untuk tetap berbaring minimal selama 30 menit setelah cairan obat dimasukkan ke dalam dubur, untuk memastikan obat tidak keluar lagi.

Efek Samping Obat Wasir Jenis Hydrocortisone

Pada beberapa orang, obat hydrocortisone terkadang menyebabkan beberapa efek samping seperti pusing, sakit kepala, perubahan mood, sulit tidur, jerawat, keringat berlebih, dan jadwal haid yang terganggu.

Namun jika Anda menggunakan obat wasir yang mengandung hidrokortison dan kemudian mengalami efek samping berupa perdarahan, gangguan penglihatan, gatal-gatal, sesak napas, kesulitan menelan, atau pembengkakan di area tubuh seperti wajah, tangan, atau kaki,  segera hentikan penggunaan obat dan periksakan diri ke dokter.

Kenapa Hydrocortisone Tidak Boleh Digunakan Terlalu Lama?

Obat wasir yang mengandung hydrocortisone hanya boleh digunakan maksimal selama 7 hari saja. Lebih dari itu, potensi efek sampingnya akan meningkat.

Penggunaan hidrokortison dalam jangka panjang berisiko membuat Anda terkena glaukoma, katarak, dan osteoporosis.

Selain itu, anak-anak yang menggunakan obat hidrokortison untuk anus bisa mengalami kelambatan tumbuh kembang dan berat badannya sulit bertambah.

5. Obat Ambeien Jenis Pelunak Feses

Seperti dibahas di atas, buang air besar saat sedang ambeien bisa terasa sangat menyiksa. Terlebih jika BAB Anda keras.

Oleh karena itu, beberapa obat wasir mengandung bahan-bahan pelunak feses untuk membuat BAB lebih lancar dan kotoran Anda lebih lunak sehingga tidak ada lagi rasa sakit saat buang air besar.

Contoh Bahan Pelunak Feses di Obat Ambeien:

  • Ekstrak Graptophylium pictum
    Ini adalah bahan alami dari tumbuhan, yang sudah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk melancarkan buang air besar dan mengobati konstipasi.
  • Ekstrak Pepaya
    Buah, daun, getah, dan biji pepaya, semuanya kaya akan enzim papain yang berguna untuk melancarkan pencernaan. Berbagai masalah pencernaan bisa diatasi dengan ekstrak pepaya, termasuk sembelit, diare, mulas, dan BAB keras.
    Clofen adalah salah satu obat ambeien alami yang terbuat dari bahan-bahan tradisional seperti ekstrak Sophora Japonica, Graptophylium pictum, dan pepaya, yang bisa jadi pilihan untuk mengobati wasir tanpa efek samping akibat bahan kimia atau penggunaan obat keras.

6. Obat Ambeien Pereda Nyeri

Wasir menyebabkan luka pada anus yang membengkak dan terkadang juga berdarah. Jadi wajar saja jika wasir menyebabkan rasa sakit yang mengganggu.

Untuk meredakan senut-senut ini, Anda bisa menggunakan berbagai obat pereda rasa sakit.

Obat nyeri, baik dalam bentuk obat minum maupun salep oles, bekerja dengan cara “membius” ujung saraf sehingga terasa baal dan Anda tak akan lagi merasakan nyeri maupun gatal akibat anus.

Tapi ingat, obat pereda nyeri ini hanya bisa menghilangkan nyeri dan gatal untuk sementara. Ambeien Anda tidak akan hilang begitu saja jika tidak diiringi dengan pengobatan lain yang menargetkan penyembuhan wasir, dan bukan hanya menutupi rasa sakitnya.

Contoh Obat Pereda Nyeri:

  • Paracetamol (disebut juga Acetaminofen)
  • Aspirin
  • Ibuprofen
  • Benzocaine
  • Lidocaine
  • Dibucaine

Jika wasir sudah diobati dengan berbagai jenis obat-obatan di atas, namun kondisinya tak juga membaik, dokter mungkin akan menyarankan prosedur seperti operasi untuk menyembuhkan ambeien Anda.

Mencegah Ambeien Lebih Baik Daripada Mengobati

Saat sudah terkena wasir, rasanya rela melakukan apapun supaya kondisi ini cepat pulih. Tapi menyembuhkan wasir memang tidak mudah, apalagi jika ternyata harus dilakukan operasi.

Oleh karena itu, di saat masih sehat, sebaiknya kita lakukan pencegahan wasir dengan beberapa cara berikut ini:

  • Perbanyak makan makanan yang mengandung serat.
    Makanan kaya serat seperti sayur mayur dan buah-buahan, berfungsi melancarkan pencernaan sehingga BAB Anda lancar dan Anda pun terhindar dari sembelit. Sembelit adalah salah satu penyebab terjadinya ambeien.
  • Pastikan minum air 8 gelas sehari.
    Sama seperti serat, air juga penting bagi pencernaan dan mencegah terjadinya konstipasi.
  • Jangan duduk dalam waktu lama.
    Jika Anda harus duduk dalam waktu lama, luangkan waktu minimal satu kali setiap jam, untuk berdiri dan berjalan-jalan sedikit sembari menggerakkan badan.
  • Jangan menahan BAB.
    Menahan buang air besar bisa menyebabkan usus menyerap kembali cairan dari kotoran Anda, sehingga ketika Anda akhirnya BAB, feses menjadi keras dan bisa melukai anus, menyebabkan ambeien.
Facebook
Twitter
LinkedIn