Pastilah tidak nyaman saat kita memiliki kondisi mata ikan baik di kaki maupun bagian tubuh yang lainnya seperti tangan.

Mata ikan menimbulkan kondisi lapisan kulit yang mengeras dan kasar akibat gesekan maupun serangan virus.

Mata ikan bisa muncul di berbagai area tak hanya telapak kaki. Bisa di telapak tangan, jari, bahkan wajah.

Jika muncul di kaki, tak jarang mata ikan menyebabkan rasa nyeri dan sakit saat kita berdiri dan berjalan. 

Sebenarnya kondisi mata ikan ini bisa dicegah, lho. Anda bisa pelajari dulu tentang penyebab mata ikan dan gejalanya lalu lakukan beberapa langkah pencegahan ini agar mata ikan tak datang menghampiri.

Cara Mencegah Mata Ikan

Sebenarnya kulit kita memiliki sebuah sistem perlindungan alias skin barrier. Skin barrier yang kuat akan mencegah virus HPV menyerang dan menimbulkan mata ikan.

Nah, ketika skin barrier ini rusak atau melemah maka virus HPV akan mudah menginfeksi dan menyebabkan masalah kulit. Salah satunya, mata ikan.

Cara terbaik agar tak terserang virus ini adalah dengan menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat.

Dan jangan menggunakan barang-barang seperti baju, pakaian dalam, sisir, handuk, dan alat make up secara bergantian dengan orang lain.

Selain menjaga kekebalan tubuh, kita juga harus memperhatikan kebiasaan sehari-hari yang bisa menimbulkan gesekan berulang.

Menggunakan sepatu hak tinggi atau sepatu yang terlalu sempit akan memberikan tekanan serta gesekan yang kuat ke kaki, dan akhirnya menyebabkan mata ikan.

Lakukan beberapa tips ini agar tidak terkena mata ikan :

  • Jangan berjalan tanpa alas kaki. Terutama saat di kolam renang, daerah yang hangat dan lembab, dan tempat-tempat yang rentan terhadap bakteri.
  • Pakai sepatu dengan ukuran yang pas, jangan terlalu sempit dan menekan kaki.
  • Gunakan sepatu dan kaus kaki bergantian, jangan dikenakan berturut-turut setiap hari. Agar sepatu kering ketika penggunaan, dan hindari juga menggunakan sepatu atau kaos kaki milik orang lain.
  • Jika ada mata ikan di kaki Anda, jangan pernah memencet, menarik, atau memotongnya sendiri di.
  • Cuci kaki Anda dengan sabun dan sikat setelah seharian menggunakan sepatu. Bilas sampai kering dan bila perlu gunakan pelembab kaki secara teratur untuk melembutkan kulit kaki.

Cara Menghilangkan Mata Ikan Secara Alami

Lalu bagaimana jika kita sudah terlanjur mengalami mata ikan? Umumnya mata ikan bukanlah kondisi kesehatan yang serius dan Anda bisa melakukan pengobatan sendiri di rumah.

Anda bisa memanfaatkan beberapa bahan alami untuk menghilangkan mata ikan. Berikut beberapa diantaranya:

Batu Apung

Batu apung bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan kulit mati dan mengempeskan kulit yang mengeras akibat mata ikan.

Selain itu batu apung juga bisa membantu mengurangi rasa sakitnya. Berikut cara menggunakannya:

  • Pertama rendam terlebih dahulu kaki Anda di air hangat yang telah diberi sabun selama kurang lebih 5 menit.
  • Setelah itu basahi batu apung lalu gosokkan ke bagian kulit yang terkena mata ikan selama 2-3 menit.
  • Terakhir bilas kaki hingga bersih dan keringkan.

Tapi perlu diingat ya, ketika menggosok jangan terlalu lama dan sampai menyentuh bagian yang terlalu dalam. Karena bisa saja terjadi pendarahan dan infeksi.

Cuka Apel

Anda juga bisa memanfaatkan cuka apel, yang dipercaya memiliki banyak manfaat. Cuka apel memiliki kandungan anti bakteri yang pastinya mampu membunuh bakteri dan virus pada mata ikan. 

Cara menggunakannya mudah, setelah Anda menggosok kaki dengan batu apun di cara pertama langsung saja bungkus mata ikan yang dengan perban yang sudah dibasahi dengan cuka apel.

Asam salisilat

Tujuan penggunaan kandungan asam salisilat adalah untuk memecah ikatan sel-sel kulit yang terkumpul pada mata ikan. Sehingga nantinya kulit yang terkena mata ikan melembut dan meningkat kelembabannya.

Asam salisilat ini bisa didapatkan dengan mudah di dalam salep yang dijual bebas di toko obat.

Salah satu salep yang mengandung senyawa ini adalah Callusol. Kombinasi bahan-bahan keratolitik dari asam salisilat, asam laktat, dan polidocanol di dalam larutan Callusol akan melunakkan dan melepaskan penebalan kulit secara bertahap.

Setelah beberapa kali pemakaian, mata ikan, kapalan, maupun kutil akan terlepas sendiri dari kulit.

Baking Soda

Baking soda mampu melepaskan sel-sel kulit mati yang ada di area mata ikan. Selain itu baking soda juga bersifat antiseptik sehingga bisa mengurangi infeksi. Cara menggunakannya juga mudah. Siapkan baking soda dan jeruk nipis.

  • Pertama campur baking soda dengan air dan jeruk nipis hingga berbentuk seperti krim atau pasta.
  • Lalu oleskan krim tersebut ke area yang terkena mata ikan.
  • Diamkan selama semalaman. Anda bisa melakukan tips ini 5-7 hari sampai mata ikan kering dan mengelupas.

Nanas

Nanas mengandung enzim bromelain yang mampu melunakkan mata ikan, meringankan rasa sakit, dan mempercepat proses penyembuhan. Cara menggunakannya juga mudah:

  • Iris buah nanas tipis-tipis lalu tempelkan ke area yang terkena mata ikan.
  • Balut bagian tersebut dengan perban dan diamkan semalaman.

Kunyit

Kandungan antimikroba pada kunyit efektif bantu sembuhkan mata ikan. Gunakan kunyit bersama madu untuk menenangkan bagian kulit yang meradang karena mata ikan. Caranya:

  • Campurkan kunyit bubuk dengan madu hingga terbentuk pasta atau krim.
  • Oleskan pada bagian yang terkena mata ikan dan biarkan sampai kering dengan sendirinya.
  • Bilas hingga bersih lalu keringkan. Lakukan tips ini 2 kali sehari selama 2-3 hari sampai mata ikan mengecil dan hilang.