Siapa sih, anak jaman sekarang yang tak suka minuman manis? Apalagi kini makin marak minuman kekinian, boba milk tea contohnya. Selain itu anak-anak juga sangat gemar minuman kemasan dengan pemanis buatan.

Padahal minuman jenis ini tidak sehat karena kadar gula yang terlalu tinggi. Konsumsi minuman dengan kadar gula seperti ini bisa memicu anak mengalami obesitas, kerusakan gigi, bahkan risiko diabetes tipe 2.

Anak yang masih dalam tahap pertumbuhan tentunya membutuhkan asupan bernutrisi tinggi agar proses tumbuh kembang berjalan maksimal.

Ide Minuman Sehat untuk Anak

Sebagai orangtua Anda harus cermat dalam memilah asupan termasuk minuman yang sehat untuk anak. Sebagai pengganti minuman kemasan, Anda bisa mencoba beberapa rekomendasi ide minuman sehat untuk anak berikut ini.

Air Putih

Minuman sehat yang pertama dan utama adalah air putih. Kita semua tahu betapa pentingnya asupan air putih untuk memenuhi cairan tubuh agar tidak terjadi dehidrasi. Biasakan anak Anda untuk meminum air putih sehari-hari.

Jika anak Anda terus menolak minum air putih, alternatifnya Anda bisa memberi infused water. Atau air putih yang diberi rasa dari buah alami. Selain itu Anda juga bisa menggunakan gelas dan dekorasi lucu, seperti sedotan dengan karakter favorit si kecil 

Jus Buah

Jus buah atau jus dalam kemasan yang dijual di pasaran biasanya menggunakan gula tambahan dan bukan 100 persen buah alami. Jadi ketimbang beli jus di luar lebih baik buat jus sendiri di rumah. Buatlah jus dari buah kesukaan anak Anda.

Dengan membuat jus sendiri di rumah Anda bisa mengontrol komposisinya. Gunakan 100 persen buah alami dan jangan gunakan tambahan gula. Anda juga harus memperhatikan takaran jus untuk Anak.

Jika anak Anda masih berusia 4-5 tahun, maka asupan yang disarankan adalah tidak lebih dari 120-180 ml perhari.

Smoothies

Selain dijadikan jus, Anda juga bisa mengolah campuran buah menjadi smoothies. Smoothies bisa dijadikan ide minuman sehat untuk anak sebagai camilan pengganti puding. Anda bisa membuat smoothies campuran pisang dan jeruk, misalnya.

Campuran kedua buah ini bisa menjadi pembangkit energi untuk anak. Karena dalam pisang mengandung kalium yang mampu merangsang tubuh memproduksi energi. Agar anak semakin tertarik, Anda bisa menanyakan ke anak buah apa yang ingin mereka tambahkan ke smoothies.

Jus Campuran Sayur

Selain membuat jus dan smoothies dari buah, Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan berbagai jenis sayuran hijau. Sayuran dengan daun berwarna hijau seperti bayam dan selada tinggi akan kandungan vitamin A, C, E,  dan K.

Selain itu juga tinggi serat dan kandungan magnesium, kalium, folat, dan kalsium. Campuran jus pakcoy dan apel hijau bisa dijadikan pilihan jus di tengah hari yang terik. Rasa manis dan asam bisa membuat anak merasakan kesegaran.

Susu

Selama pertumbuhan anak membutuhkan kalsium dan vitamin D agar memiliki tulang dan gigi yang kuat. Nutrisi ini bisa didapatkan dari susu murni. Setiap harinya seorang anak butuh asupan kalsium setidaknya 700 mg.

Anda harus memperhatikan takaran untuk tiap anak. Jika anak masih berusia 1-2 tahun maka takarannya 16 ons. Jika anak berusia 2-3 tahun maka bisa berikan 2-3 cangkir susu. Pastikan untuk memberikan anak dengan susu murni tanpa gula tambahan.

Anak di atas 2 tahun juga sebaiknya diberikan asupan susu yang rendah lemak. Bagaimana jika anak alergi susu sapi? Anda bisa menggantinya dengan susu kedelai. 

Hot Chocolate

Coklat panas juga bisa jadi alternatif minuman sehat untuk anak. Karena minum kopi dan teh tidaklah baik untuk anak, maka coklat bisa jadi pilihan yang tepat. Anda bisa membeli coklat batangan murni, lalu mengolahnya jadi coklat panas di rumah.

Anda juga bisa menambahkannya dengan susu untuk menambah rasa. Namun jangan gunakan susu kental manis atau gula tambahan ya. Meski sehat, sebaiknya untuk tidak mengonsumsinya setiap hari, selingi dengan minuman sehat lain.

Minuman Pencegah Dehidrasi

Jika Anda mempunyai anak yang sangat aktif dan gemar melakukan aktivitas fisik, maka Renalyte bisa jadi ide minuman sehat untuk anak Anda. Renalyte adalah larutan rehidrasi atau pengganti cairan tubuh, untuk mencegah dehidrasi akibat cairan tubuh yang hilang.

Renalyte mengandung komposisi yang merupakan formulasi dari WHO. Selain sehat, Renalyte juga sangat cocok untuk anak karena memiliki rasa cocopandan. Renalyte juga sangat baik dikonsumsi saat anak diare dan muntah-muntah, agar tidak terjadi dehidrasi.