Dehidrasi terjadi ketika tubuh kita kekurangan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Dehidrasi juga dapat menyebabkan organ-organ vital dalam tubuh tidak bekerja secara maksimal.

Ketika mengalami dehidrasi, banyak orang yang berfikr jika hanya dengan mengonsumsi air putih atau minuman apa saja dapat menghilangkan dehidrasi.

Pada kenyataanya tidak semua jenis minuman baik dikonsumsi untuk mengembalikan tingkat rehidrasi tubuh. Bahkan ada beberapa jenis minuman yang justru dapat memperparah kondisi dehidrasi pada tubuh.

Apa saja? Berikut ini daftar minuman yang mesti Anda hindari agar dehidrasi Anda tidak semakin parah.

Minuman Penyebab Dehidrasi

Minuman Bersoda

Tentu ini juga mungkin salah satu minuman kesukaan Anda. Banyak orang yang memilih meminum minuman bersoda ketika cuaca panas terik karena merasa minuman jenis ini bisa memberikan kesegaran.

Faktanya berdasarkan hasil penelitian WHO, gula dalam minuman bersoda hanya memiliki efek hypernatremic pada tubuh. Sehingga tanpa disadari soda justru akan mengambil air dari jaringan tubuh sehingga tubuh justru akan lebih mengalami dehidrasi.

Minuman Energi

Banyak yang mungkin salah kaprah tentang minuman energi. Minuman energi tidak dimaksudkan untuk menghilangkan dahaga atau terhidrasi. Minuman energi justru memiliki efek mengambil cairan tubuh. Minuman ini juga mengandung banyak gula dan kafein sehingga bisa meningkatkan dehidrasi bagi tubuh.

Jus dalam Kemasan

Minum jus dalam kemasan sebagai pengganti cairan tubuh adalah hal yang kurang tepat ketika Anda dehidrasi. Sama seperti soda, jus dalam kemasan mengandung banyak kalori dari gula  dan pada umumnya juga mengandung karbohidrat tinggi yang bisa menyebabkan rasa kembung dan memperburuk gejala dehidrasi.

Tubuh juga akan berusaha membuang kelebihan gula dengan cara meningkatkan intensitas buang air kecil. Kondisi ini tentu akan membuat cairan tubuh semakin berkurang.

Teh Detoks

Tidak seperti teh pada umumnya yang bisa meningkatkan antioksidan dalam tubuh, teh detoks justru membuat Anda mengalami dehidrasi bahkan sejumlah risiko kesehatan. Efek laksatif dalam teh detoks bukan hanya mampu menghilangkan lemak perut namun juga cairan tubuh juga ikut terbuang bersama lemak.

Kopi

Minum kopi sebagai pelepas dahaga adalah hal yang salah. Pasti Anda pernah merasa mengalami mulut kering usai meminum kopi. Kandungan kafein yang ada di dalam kopi justru membuat dehidrasi apalagi jika Anda meminum kopi dengan tambahan gula, bisa-bisa rasa dehidrasi justru tambah menjadi.

Alkohol

Minuman beralkohol memiliki sifat diuretik alami yang menguras cadangan cairan di dalam tubuh. Tidak heran ketika Anda meminum alkohol Anda akan sering buang air kecil.

Selain minuman penyebab dehidrasi, konsumsi alkohol berlebih juga dapat ketidakseimbangan elektrolit dan mengganggu proses penyerapan cairan dalam tubuh. Dampak lainnya juga bisa membuat lemas, kepala menjadi pusing terutama ketika baru bangun tidur.

Secangkir Coklat Panas

Mengagetkan? Faktanya secangkir coklat panas justru mengandung lebih banyak gula dan kalori dibanding dengan sekaleng soda. Meminumnya justru akan membuat Anda semakin dehidrasi, walau Anda juga tidak akan meminumnya saat musim panas tapi meminum secangkir coklat bukan pilihan yang tepat untuk hilangkan rasa dehidrasi.

Lemonade

Walaupun rasa asam dan manis terasa sangat pas untuk menghilangkan dahaga Anda, apalagi saat musim panas. Tapi kandungan gula saat Anda merasa dehidrasi bukan pilihan yang tepat dan tidak berarti apa-apa bagi tubuh. Mungkin Anda bisa menggantinya dengan air dan irisan lemon, tidak hanya bisa menghilangkan dehidrasi tapi juga lebih sehat.

Susu Berperisa

Tidak ada yang salah ketika Anda dehidrasi lalu meminum susu murni. Justru hal itu adalah hal yang tepat, tapi ketika susu tersebut hadir dalam beragam rasa, biasanya ada gula yang berlebihan di dalamnya. Sebaiknya ketika Anda sedang dehidrasi hindari susu coklat, stroberi, vanila, minumlah susu murni.

Ketika mengalami dehidrasi, kondisi ini sebaiknya segera diatasi. Dehidrasi yang parah dapat menyebabkan kerusakan beberapa organ vital di dalam tubuh dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Cara paling mudah dan cepat untuk mencegah dan mengatasi dehidrasi adalah dengan mengonsumsi banyak air putih.

Selain itu yang banyak mengandung elektrolit seperti air kelapa yang baik untuk mengatasi kekurangan cairan tubuh. Saat ini beruntungnya air kelapa bisa kita nikmati kapan saja dan di mana saja karena sudah banyak cairan air kelapa dalam bentuk kemasan.

Salah satunya adalah Renalyte, yang mengandung air kelapa yang enak dan steril. Renalyte juga paling pas dikonsumsi untuk anak yang sedang diare atau muntah-muntah.