Kebanyakan orang melakukan diet adalah untuk menurunkan berat badan. Namun sebenarnya ada banyak manfaat jika Anda melaksanakan diet. Selain berat badan turun, Anda juga bisa meningkatkan kesehatan, diet juga bisa mencegah penyakit seperti kanker.

Diet bukan hanya mengurangi porsi makanan Anda saja, namun ada tata cara melakukannya. Semuanya bergantung kepada hasil apa yang ingin Anda capai.

Ada banyak jenis dan pilihan diet yang dapat Anda lakukan. Salah satunya adalah diet GM. Diet ini dilakukan oleh banyak orang yang ingin mengurangi berat badan, karena diet GM mampu mengurangi berat badan hingga 7kg dalam waktu satu minggu.

Apa itu diet GM? Simak di bawah ini penjelasannya dan tata cara menjalankannya

Apa Itu Diet GM?

Diet General Motors atau yang lebih dikenal dengan sebutan diet GM merupakan jenis diet yang awal mulanya digunakan oleh para pegawai General Motors pada 1985 di Amerika Serikat dan pada akhirnya menyebar ke kalangan umum.

Diet GM adalah jenis diet yang mengharuskan Anda membatasi menu dan porsi makan selama satu minggu.

Dibutuhkan persiapan dan perencanaan yang matang untuk menjalankan diet ini. Anda harus mematuhi aturan menu yang terdapat pada diet GM selama tujuh hari berturut-turut.

Diet ini banyak melibatkan variasi buah-buahan dan sayuran yang minim kalori dan kaya asupan gizi dalam menunya.

Perlu Anda perhatikan, diet GM merupakan diet yang cukup ketat. Artinya, dalam proses menjalankannya Anda tidak boleh melanggar aturan atau anjuran yang ada. Karena jika Anda tidak mengikuti pola yang dianjurkan serta durasi yang ditetapkan, Anda tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal serta dapat membahayakan bagi tubuh.

Sebelum memutuskan untuk menjalankan diet GM sebagai cara Anda untuk menurunkan berat badan, sebaiknya Anda pelajari dahulu dengan seksama cara menjalankannya atau konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli gizi sebelum memulainya.

Manfaat Diet GM

Tujuan utama orang-orang untuk mencoba diet GM adalah untuk mengurangi berat badan. Namun, jika dilakukan dengan tepat dan teratur Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih dari menjalankan diet GM ini.

Berikut adalah beberapa manfaat dari diet GM.

  • Berat badan tubuh Anda dapat berkurang hingga 7kg dalam waktu satu minggu.
  • Membuang racun dan kotoran dari dalam tubuh Anda (detoksifikasi)
  • Memperbaiki dan melancarkan sistem pencernaan tubuh
  • Meningkatkan metabolisme tubuh untuk membakar lemak lebih banyak
  • Tubuh menjadi lebih sehat dan bugar karena banyak banyak mengonsumsi makanan yang kaya gizi.

Panduan Menjalankan Diet GM

Sama halnya dengan jenis diet lainnya, diet GM tidak hanya mengurangi makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.

Diet GM memiliki pola dan aturan yang wajib Anda ikuti selama seminggu jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari diet GM. Jika Anda tidak mengikuti tata cara yang dianjurkan, hasil yang didapat bisa tidak maksimal.

Diet GM hanya boleh dilakukan selama tujuh hari saja. Anda tidak diperbolehkan untuk menjalankan diet ini lebih dari jumlah hari yang dianjurkan. Apabila ingin kembali menjalankan diet GM, sebaiknya beri jeda waktu minimal satu bulan.

Diet GM melibatkan makanan yang banyak mengandung air serta makan yang minim kalori. Makanan yang banyak mengandung air seperti buah dan sayuran dipercaya dapat meningkatkan pembakaran lemak, membantu membilas racun yang terdapat dalam tubuh, serta melancarkan sistem pencernaan.

Diet GM yang sangat rendah kalori ini pun dianggap mampu untuk menghasilkan defisit kalori yang efektif untuk menurunkan berat badan.

Menu Diet GM

Anda dapat menentukan sendiri menu makanan selama tujuh hari jika Anda ingin menjalankan diet GM.

Ada banyak menu diet GM yang dapat Anda siapkan, namun untuk memudahkan Anda yang ingin mencobanya, berikut contoh menu diet GM yang dapat Anda santap selama satu minggu penuh ketika menjalankan diet GM.

– Menu Diet GM Hari Pertama

Hari pertama Anda menjalankan diet GM, Anda hanya boleh mengonsumsi buah-buahan saja. Sebaiknya Anda menongumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka.

Semangka memiliki banyak kandungan air untuk mencegah Anda mengalami dehidrasi dan dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Perlu diperhatikan dengan seksama jika Anda TIDAK DIPERBOLEHKAN mengonsumsi pisang karena pisang memiliki kandungan gula dan kalori yang cukup tinggi.

Selama menjalankan diet GM in pun Anda dianjurkan untuk tetap banyak mengonsumsi air putih sebanyak 8 hingga 10 gelas per harinya.

– Menu Diet GM Hari Kedua

Pada hari kedua, Anda dianjurkan hanya untuk mengonsumsi sayuran hijau. Anda dapat menyantapnya secara mentah, direbus, atau dijus. Namun hindari menggunakan minyak dalam mengolah sayurannya.

Jangan lupa untuk tetap banyak mengonsumsi air putih secukupnya untuk menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi

– Menu Diet GM Hari Ketiga

Pada hari ketiga diet GM, menu yang disarankan merupakan gabungan makanan yang telah Anda konsumsi pada hari pertama dan kedua ketika Anda menjalankan diet GM. Di hari ketiga ini Anda hanya diperbolehkan mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.

Hal yang perlu diingat adalah jangan menggunakan minyak dalam mengolah sayuran, hindari mengonsumsi pisang, serta hindari juga untuk mengonsumsi kentang.

– Menu Diet GM Hari Keempat

Jika pada hari-hari sebelumnya Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi pisang, pada hari keempat ini Anda hanya diperbolehkan untuk mengonsumsi pisang dan susu saja.

Anda dapat mengonsumsi enam buah pisang berukuran besar atau delapan buah pisang yang berukuran sedang. Sedangkan jumlah susu yang disarankan adalah sekitar 750 ml susu rendah lemak atau sekitar tiga gelas per harinya yang dapat Anda minum pada pagi, siang, dan malam hari.

– Menu Diet GM Hari Kelima

Setelah empat hari hanya mengonsumsi buah dan sayuran saja, pada hari kelima Anda menjalankan diet GM Anda dianjurkan untuk mengonsumsi dua porsi daging tanpa lemak seperti daging sapi, ikan atau ayam sebanyak 300 gr.

Selain daging, Anda pun disarankan untuk mengonsumsi tomat sebanyak enam buah.

Bagi para vegetarian yang sedang menjalankan diet GM, dapat mengganti daging dengan nasi cokelat atau keju serbaguna (cottage cheese). Jangan lupa untuk tetap banyak mengonsumsi air putih selama Anda menjalankan diet GM ini.

– Menu Diet GM Hari Keenam

Sama dengan hari sebelumnya, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi dua porsi daging tanpa lemak. Namun, kali ini Anda tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi tomat dan kentang. Anda dapat memilih sayuran lainnya.

– Menu Diet GM Hari Ketujuh

Pada hari terakhir Anda menjalankan diet GM, menu yang dianjurkan adalah nasi merah, buah-buahan kecuali pisang, serta sayuran mentah. Sayur-sayuran dan buah-buahan ini Anda dapat mengonsumsinya langsung atau diolah menjadi jus.

Namun hindari menggunakan minyak ketika mengolah sayur serta hindari menggunakan gula ketika membuat jus.

Tips Menjalani Diet GM Versi Hemat

Kunci keberhasilan dari diet GM adalah konsistensi serta kepatuhan Anda dalam mengikuti menu yang dianjurkan. Untuk itu selain dibutuhkan niat yang kuat, Anda pun dituntut untuk memiliki persiapan yang matang dalam mempersiapkan semua bahan-bahannya.

Tentu Anda akan mengeluarkan uang lebih banyak ketika ingin menjalankan diet GM. Menu diet GM yang dipenuhi oleh buah-buahan, sayuran, dan daging tentunya akan menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Untuk menyiasati hal ini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar diet GM ini tidak menguras kantong Anda.

1. Belanja Bahan di Pasar Tradisional

Sudah jadi rahasia umum jika pasar tradisional memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan supermarket. Untuk mengurangi pengeluaran dalam mempersiapkan bahan-bahan untuk menu diet GM, Anda bisa membeli semuanya di pasar tradisional.

Perlu Anda ketahui, banyak bahan makanan yang jauh lebih baik dan segar jika Anda beli di pasar tradisional.

2. Tidak Perlu Menggunakan Bahan Impor

Ada banyak sekali pilihan buah yang dapat dikonsumsi ketika Anda menjalankan diet GM. Namun, Anda tidak perlu membeli buah-buahan impor. Tidak banyak perbedaan antara bahan makanan impor dengan lokal. Selain memiliki manfaat dan gizi yang sama, harga bahan makanan lokal jauh lebih murah jika dibandingkan dengan yang impor.

3. Olah Sendiri

Kini banyak sekali jasa penyedia katering untuk berbagai macam jenis diet, termasuk diet GM. Namun terkadang harga yang dibanderol cukup tinggi. Anda dapat memilih untuk menggunakan jasa katering ketika Anda tidak memiliki waktu untuk mempersiapkan menu diet GM.

Namun, jika Anda memiliki waktu yang cukup, kenapa tidak untuk mengolah dan mempersiapkan menunya sendiri. Selain dapat mengatur sendiri menunya, Anda dapat memangkas biaya yang dikeluarkan.

4. Selalu Bawa Minum

Salah satu kunci dari kesuksesan dari diet GM adalah asupan air putih yang cukup sehari-harinya. Mengonsumsi air putih pun bisa jadi solusi ketika Anda merasa lapar ketika menjalankan diet GM.

Untuk mempermudah Anda menjaga asupan cairan ke dalam tubuh, Anda sebaiknya selalu membawa air putih kemana pun Anda pergi. Memang, harga air putih di mini market tidak mahal, namun jika hal ini selalu diulang selama seminggu, uang yang dikeluarkan cukup besar.

Anjuran dan Pantangan Selama Menjalani Diet GM

Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal ketika menjalankan diet adalah cara Anda mengikuti prosesnya. Khusus untuk diet GM, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Menu dan jenis makanan yang dianjurkan diet GM bersifat MUTLAK. Anda dilarang untuk mengonsumsi makanan lain yang tidak terdapat pada menu diet GM selama seminggu.
  • Sepanjang melakukan diet GM, Anda diwajibkan untuk banyak mengonsumsi air putih sekitar 8 hingga 12 gelas per harinya.
  • Tidak dijelaskan secara spesifik berapa jumlah sayur atau buah yang harus Anda konsumsi, namun Anda sebaiknya konsumsi dalam jumlah yang wajar. Jika Anda merasa lapar atau kurang, Anda dapat mengurangi rasa lapar dengan minum air putih.
  • Hindari mengonsumsi kacang-kacangan karena mengandung kalori yang tinggi dan dapat memicu kenaikan berat badan.
  • Bagi Anda pecinta kopi atau teh, Anda masih diperbolehkan untuk menikmatinya selama menjalankan diet GM. Namun perlu diperhatikan jika Anda tidak diperbolehkan untuk menambahkan gula ke dalam minuman Anda.
  • Meski diet GM menjanjikan berat badan turun hingga 7 kg, namun setiap orang memiliki metabolisme yang berbeda-beda sehingga hasil yang dicapai pun pasti tidak semuanya sama.
  • Anda TIDAK DIPERBOLEHKAN untuk menjalankan program diet GM selama lebih dari waktu yang dianjurkan. Untuk mendapatkan berat tubuh yang diinginkan sebaiknya jalankan program diet GM selama sebulan sekali.

Apakah Diet GM Aman?

Diet GM memang salah satu solusi paling cepat dan mudah untuk menurunkan berat badan. Dibandingkan dengan jenis-jenis diet lainnya, diet GM merupakan diet yang paling mampu menurunkan berat badan paling cepat.

Dengan hanya mengatur asupan makanan tanpa perlu berolahraga, Anda dapat menurunkan berat badan hingga 7 kilogram selama tujuh hari. Wajar jika orang yang tergiur untuk mencoba melaksanakan diet GM karena tergiur dengan hasilnya yang cukup instan dan cara yang cenderung lebih mudah dibandingkan dengan jenis diet lainnya.

Tapi perlu diketahui, diet GM ini memiliki kekurangannya juga. Banyak ahli gizi dan ahli kesehatan yang tidak menyarankan diet ini karena risiko untuk terkena malnutrisi cukup besar.

Memang, ketika Anda menjalankan diet GM ini makanan yang dikonsumsi merupakan jenis makanan yang sehat seperti sayuran, buah-buahan, daging, dan susu.

Namun, malnutrisi masih dapat terjadi karena diet ini tidak memenuhi kebutuhan gizi bagi tubuh terutama protein. Padahal protein merupakan salah satu zat yang dibutuhkan tubuh untuk perbaikan dan regenerasi sel tubuh, mengatur imun tubuh, hingga suplai energi untuk membentuk otot.

Penurunan berat badan yang drastis dalam waktu singkat juga pada dasarnya bukan solusi yang terbaik. Diet GM mengurangi berat badan bukan dengan cara membakar lemak atau kalori, sehingga penurunan berat badan ini tidak bertahan lama dan risiko untuk berat badan bertambah kembali sangat besar ketika Anda berhenti melakukan diet ini.

Diet dengan menerapkan pola makan seimbang sebenarnya lebih dianjurkan. Meskipun prosesnya akan lebih lama dan hasilnya tidak secepat diet GM, namun diet yang seimbang dapat memiliki dampak positif bagi tubuh untuk jangka waktu yang lama.

Jika Anda ingin mencoba diet GM, pastikan bahwa Anda telah paham dengan semua risiko serta kekurangan diet ini. Jika Anda masih ragu memilih diet mana yang paling cocok bagi Anda, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli gizi untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap serta untuk mencapai hasil yang lebih maksimal.

Solusi Lain untuk Menurunkan Berat Badan

Semua orang pasti mendambakan tubuh yang langsing dan ideal. Diet seperti diet GM merupakan salah satu cara untuk mencapai berat badan yang Anda impikan.

Tetapi, diet saja tidak cukup. Selain mengatur pola makan, menerapkan pola hidup yang teratur, serta rajin berolahraga merupakan solusi paling tepat dan sehat bagi Anda. Selain bisa menurunkan berat badan, dengan menerapkan pola hidup sehat ini, Anda dapat menjaga kesehatan badan dan pikiran Anda.

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mudah adalah dengan mulai membakar lemak di dalam tubuh dengan cara beraktivitas seperti berolahraga.

Namun, bagi Anda yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu luang untuk berolahraga, proses pembakaran lemak ini dapat dibantu dengan menggunakan suplemen makanan pembakar lemak seperti Slendy.

Slendy adalah tablet hisap pembakar lemak (fat burner) pertama di Indonesia. Sebagai fat burner, Slendy membantu untuk mempercepat proses pembakaran lemak di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi Slendy ketika Anda beraktivitas sehari-hari, Anda dapat membakar lemak di dalam tubuh lebih cepat dan efektif.

Perlu Anda ingat, diet hanya satu dari berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan. Selain menjalankan diet, Anda juga disarankan untuk mengatur pola hidup Anda serta rajin berolahraga.