Kutil merupakan pertumbuhan kulit berlebih yang disebabkan oleh virus. Kondisi ini cukup umum dan sering dialami oleh orang. Meski umumnya tidak berbahaya, namun pertumbuhan kutil di permukaan kulit sering membuat orang menjadi kurang percaya diri dan tidak nyaman.

Kutil atau istilah latinnya Verruca Vulgaris memiliki banyak jenisnya. Sebagian besar kutil yang tumbuh, dapat hilang dengan sendiri.

Tapi ada beberapa jenis kutil yang perlu Anda waspadai. Beberapa jenis kutil ini dapat berkembang menjadi virus yang berbahaya dan dapat menimbulkan rasa nyeri.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini mengenai kutil. Mulai dari penyebab, jenis, gejala, hingga cara mengobatinya.

Definisi Kutil

Kutil adalah pertumbuhan kulit berlebih yang disebabkan oleh virus Human Papiloma Virus (HPV). Kondisi kulit ini merupakan infeksi pada permukaan kulit yang ditandai dengan benjolan berbentuk bulat, kasar, serta berwarna pucat. Beberapa jenis kutil ini ada yang tidak sakit ketika disentuh, namun ada juga yang akan menimbulkan rasa gatal atau bahkan rasa sakit.

Penyakit ini merupakan kondisi kulit yang tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Kutil adalah jenis tumor jinak yang dapat disembuhkan dengan cepat jika ditangani dengan benar.

Namun, bukan berarti Anda tidak berhati-hati. Virus HPV penyebab kutil merupakan virus yang mudah menyebar lewat sentuhan.

Penyebab Kutil Tumbuh

Virus HPV dapat menyebar dan ditularkan dengan mudah. Anda dapat terserang virus ini jika bersentuhan langsung kutil. Baik kutil yang tumbuh pada diri Anda sendiri maupun kutil yang tumbuh di badan orang lain.

Menyentuh atau menggaruk kutil bisa menyebabkan Anda terinfeksi virus HPV. Kulit lembab dan luka luar yang digaruk juga sering menjadi penyebab tumbuhnya kutil.

Kulit basah dan lembab sering terjadi ketika Anda berada di kolam renang atau berada di kamar mandi. Sebaiknya keringkan dengan sempurna seluruh bagian badan Anda setelah terkena air agar terhindar dari virus HPV ini.

Kulit yang terluka pun jangan Anda biarkan atau Anda sentuh ketika tangan belum bersih. Jika kulit terluka segera obati dan tutup luka tersebut agar tidak mudah terinfeksi.

Cara Penyebaran Kutil

Virus HPV penyebab kutil bisa sangat mudah menular. Virus dapat menyebar lewat sentuhan, baik itu bersentuhan dengan kutil yang ada di tubuh Anda maupun kutil yang tumbuh di kulit orang lain. Penyebaran virus ini juga dapat terjadi ketika seseorang menggunakan barang-barang pribadi bersama orang lain, seperti pisau cukur atau handuk.

Virus HPV penyebab kutil sangat mudah hidup dan berkembang di daerah yang hangat, lembab dan basah, seperti tempat pemandian umum, kolam renang, dan kamar mandi. Jika Anda berada di tempat-tempat ini, pastikan tubuh Anda terutama bagian kaki dibersihkan secara seksama dan keringkan betul-betul bagian kaki sebelum meninggalkan tempat.

Faktor yang paling penting dalam tertular atau tidaknya seseorang dari virus HPV adalah daya tahan tubuh. Virus HPV akan dengan mudah menyerang tubuh seseorang yang memiliki daya tahan tubuh rendah.

Misalnya, orang yang mengidap HIV, orang yang sedang mengonsumsi beberapa jenis obat yang mengurangi daya tahan tubuh (obat radang usus, radang sendi, dan radang kulit.) Beberapa obat yang untuk mengatasi beberapa jenis radang tersebut memiliki efek kepada sistem ketahanan tubuh.

Kulit yang sedang terluka juga merupakan bagian tubuh yang mudah diserang oleh virus HPV, sama halnya dengan kulit yang lembab. Untuk menghindarinya, Anda sebaiknya menutup luka dan jangan membiarkan kulit lembab.

Gejala yang Disebabkan Kutil

Anda dapat menghambat pertumbuhan kutil dengan mengamati beberapa gejala yang umum muncul ketika kulit Anda terserang HPV.

  • Muncul benjolan yang kasar bila disentuh. Untuk berapa bagian badan yang sering terkena tekanan seperti tangan atau kaki biasanya benjolan ini terasa nyeri.
  • Awalnya berbentuk bintil-bintil kecil namun keras dan berakar yang kemudian semakin lama semakin membesar
  • Kebanyakan kutil tumbuh diam-diam terlebih dahulu di bawah permukaan kulit lalu muncul ke permukaan
  • Untuk beberapa jenis kutil, benjolan awal yang muncul tidak selalu keras dan kasar. Ada beberapa jenis kutil yang memiliki benjolan halus dan datar
  • Sangat mungkin Anda mengalami gejala-gejala yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda mengalami kekhawatiran terhadap gejala yang timbul, segera konsultasikan kondisi Anda dengan dokter untuk segera ditangani

Mengenal Jenis dan Bentuk Kutil

Kutil Biasa (verruca vulgaris)

Verruca vulgaris atau kutil biasa adalah jenis kutil yang banyak dialami oleh manusia. Kutil ini paling sering muncul di bagian kaki atau jari tangan. Biasanya kutil ini tidak menyebabkan nyeri, namun jika sering terkena benturan atau gesekan yang keras, dapat menimbulkan rasa nyeri atau rasa tidak nyaman.

Bentuk kutil ini bulat dengan permukaan kulit yang kasar. Pada bagian tengah kutil terdapat titik hitam yang merupakan gumpalan sel darah. Kutil ini umumnya membutuhkan waktu dua hingga enam bulan untuk tumbuh.

Kutil Pipih (verruca plana)

Kutil pipih biasa disebut juga dengan sebutan kutil pesawat. Kutil ini paling banyak ditemukan di bagian wajah, leher, atau lengan. Berbeda dengan bentuk kutil lain yang menonjol, kutil datar memiliki bentuk bulat, datar, dan halus sehingga sulit untuk mengidentifikasinya dengan kasat mata. Kutil pipih memiliki warna yang mirip dengan warna kulit dengan sedikit campuran warna kuning kecokelatan.

Kutil ini tumbuh berkelompok yang memiliki kutil sekitar 20 hingga 100 buah. Anak-anak dan remaja merupakan golongan umur yang paling sering terkena kutil ini. Dibandingkan jenis kutil lainnya, kutil ini adalah jenis kutil yang paling mudah untuk hilang dengan sendirinya.

Kutil Filiformis

Kutil Filiformis sering dikenal juga dengan istilah kutil wajah karena kutil ini paling sering ditemukan di area sekitar wajah seperti kelopak mata, hidung, atau leher.

Kutil ini memiliki bentuk yang menyerupai bintil daging tumbuh yang memiliki warna serupa dengan kulit dengan bentuk pipih dan biasanya memiliki panjang sekitar 1 hingga 2 milimeter.

Kutil ini tidak berbahaya namun terkadang area tumbuhnya kutil ini menyebabkan rasa yang kurang nyaman serta dapat mengurangi rasa percaya diri orang yang mengalaminya.

Kutil Peringual

Kutil peringual adalah jenis kutil yang tumbuh di bawah kuku tangan dan kaki. Pada pertumbuhan awal, kutil ini tidak dapat terlihat dengan kasat mata karena memiliki warna yang transparan dan halus. Ketika tumbuh, kutil ini akan mulai terlihat karena ukurannya yang semakin membesar dan memiliki permukaan kulit yang kasar.

Jika tidak segera diatasi, kutil ini mampu memengaruhi pertumbuhan kuku dan dapat menyebabkan rasa sakit. Pada beberapa kasus, area kutil peringual yang tidak segera ditangani dapat menimbulkan infeksi jamur pada bagian kaki dan tangan. Sehingga dibutuhkan penanganan yang lebih serius.

Kutil Plantar

Kutil plantar adalah kutil paling sering ditemukan pada bagian telapak kaki. Awalnya, kutil ini berbentuk seperti luka lecet yang meradang dan akan berubah menjadi kutil.

Berbeda dengan jenis kutil lainnya yang akan menonjol keluar dari permukaan kulit, kutil plantar tumbuh ke dalam dan memiliki lubang di tengahnya. Lubang ini biasanya akan memiliki warna merah gelap yang diakibatkan oleh penggumpalan pembuluh darah.

Hal ini disebabkan karena tempat tumbuhnya kutil ini di bagian permukaan kaki yang sering terkena tekanan ketika berjalan. Karena sering terkena tekanan, kutil ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman atau bahkan dapat menyebabkan rasa nyeri.

Kutil Kelamin

Kutil kelamin adalah penyakit kulit pada kelamin yang berbentuk bejolan kecil di sekitar kelamin Anda. Kutil ini sangat mudah menyebar dan menular lewat hubungan seksual.

Awal pertumbuhan kutil ini sulit terdeteksi karena tidak terlihat oleh kasat mata. Semakin lama, kutil ini akan mulai terasa lewat sentuhan. Kutil ini dapat menyebabkan rasa gatal dan nyeri, hingga berdara ketika Anda melakukan hubungan seksual.

Kutil kelamin harus segera ditangani karena pada wanita virus HPV penyebab kutil dapat menyebabkan kanker serviks dan vulva.

Kapan Kutil Harus Diperiksakan ke Dokter?

Kutil merupakan kondisi yang tidak berbahaya dan dalam beberapa kasus dapat hilang dengan sendirinya. Namun bukan berarti bahwa Anda tidak harus berhati-hati ketika tumbuh kutil di tubuh Anda.

Ada beberapa kondisi yang harus segera Anda konsultasikan ke dokter sebelum kondisi Anda semakin parah. Berikut merupakan tanda ketika Anda harus segera periksa ke dokter.

  • Segera periksakan kondisi Anda ke dokter jika tidak yakin jika kondisi yang Anda alami
  • Jika berusia lebih dari 60 tahun dan tidak pernah mengalami kondisi ini sebelumnya, kemungkinan kondisi ini merupakan kanker kulit
  • Terapi dan pengobatan sendiri selama lebih dari 2 bulan namun tidak kunjung sembuh
  • Kutil tetap menyebar meskipun Anda sudah melakukan terapi dan pengobatan
  • Muncul tanda infeksi seperti bengkak, nyeri, merah, dan bernanah
  • Kutil menjadi sangat nyeri
  • Jika Anda penderita diabetes
  • Kutil di kelamin dan area sekitar anus

Pengobatan dan Cara Menghilangkan Kutil

Umumnya beberapa jenis kutil tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya. Jika kutil tidak menyebabkan nyeri, tidak mengganggu aktivitas, serta tidak membuat percaya diri berkurang, Anda dapat menunggu kutil hingga hilang dengan sendirinya.

Tetapi bukan berarti Anda tidak melakukan tindakan, karena jika dibiarkan kutil dapat menjadi lebih besar, tumbuh di bagian tubuh lain, serta dapat menular ke orang lain.

Untuk itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk mengobati kutil hingga tubuh Anda terbebas dari kutil. Jika obat maupun bahan alami di bawah ini ampuh mengobati kutil Anda, sebaiknya konsultasikan kondisi ini kepada dokter untuk mendapatkan perhatian dan perawatan lebih.

1. Asam Salisilat

Asam salisilat merupakan zat yang terbukti secara medis untuk menghilangkan beberapa penyakit dan gangguan kulit. Penyakit seperti jerawat, dermatitis, psoriasis, hingga kutil dapat disembuhkan dengan menggunakan obat yang mengandung asam salisilat.

Zat ini dapat dengan mudah Anda temukan di toko obat terdekat atau apotek. Salah satunya yang paling ampuh mengatasi kutil adalah Callusol.

Callusol adalah obat oles yang mengandung asam salisilat dan mampu mengatasi penyakit kulit luar seperti kutil, mata ikan, dan kapalan dengan cepat. Cara pakai Callusol pun sangat mudah, cukup dioles langsung ke kutil, kemudian tutup dengan perban. Kutil pun akan hilang sendiri setelah beberapa kali pemakaian.

2. Dibekukan (cryotherapy)

Selain kutil jenis kelamin, menghilangkan kutil dapat Anda lakukan dengan menggunakan teknik cryotherapy. Cryotherapy prosedur memotong kutil yang tumbuh dengan cara membekukan dengan cairan nitrogen pada area kutil dengan tujuan untuk membunuh jaringan yang berada di kutil.

Setelah itu, dokter akan memotong benjolannya. Menurut beberapa penelitian, cryotherapy merupakan salah satu cara yang cukup ampuh dan efektif untuk menghilangkan kutil terutama yang tumbuh pada bagian tangan atau kaki.

3. Menggunakan Plester

Menutup kutil dengan plester dapat Anda lakukan untuk menghilangkan kutil yang tumbuh. Caranya cukup mudah, Anda hanya tinggal menempelkan plester pada kutil yang tumbuh selama enam hari. Setelah itu, lepas lakban dan bilas area tersebut dengan air hangat.

Setelah 12 jam mencuci bagian tubuh yang terdapat kutil, tutup kembali area tersebut dengan plester dan ulangi prosesnya hingga kutil benar-benar hilang. Biasanya dengan menggunakan metode ini, kutil dapat hilang sekitar satu hingga dua bulan.

Perlu Anda perhatikan, jika menghilangkan kutil dengan menggunakan lakban tidak dianjurkan untuk menghilangkan kutil yang terdapat pada daerah kemaluan serta tubuh yang memiliki jaringan kulit yang tipis seperti hidung atau mulut.

4. Bawang Putih

Bawang putih memiliki kandungan allicin yang berfungsi sebagai antivirus dan antibakteri. Kandungan zat ini juga dapat menghilangkan jaringan kulit berlebih seperti pada penyakit herpes dan kutil.

Cara menghilangkan kutil dengan bawang putih adalah dengan menempelkan parutan bawang putih kemudian tutup dengan perban selama 20 menit. Lakukan metode ini dua kali sehari selama seminggu hingga benjolan kutil benar-benar hilang.

5. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dapat Anda gunakan juga untuk menghilangkan benjolan kutil. Caranya adalah dengan menempelkan kapas yang telah dioleskan cuka sari apel dan diamkan semalam. Anda dapat menggunakan perban untuk menutup kapas dengan perban agar tidak bergeser.

Menggunakan cuka sari apel dapat Anda lakukan pada kutil yang menimbulkan nyeri. Karena cuka sari apel mengandung asam, kutil Anda tidak akan terasa nyeri.

6. Madu

Selain baik untuk diminum, madu dapat digunakan untuk menghilangkan kutil yang tumbuh pada kulit Anda. Madu memiliki kandungan antivirus yang mampu membunuh virus dan bakteri yang ada di dalam kutil.

Caranya hanya dengan menutup area kutil dengan kapas yang telah dilapisi oleh madu. Jangan lupa untuk mengganti kapas setiap 24 jam sekali agar efeknya lebih cepat terasa.

Cara Mencegah Kutil

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kutil merupakan kondisi yang dapat menular dan menyebar dengan cepat. Untuk menghindari dan mengurangi risiko Anda terkena kutil, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  • Hindari menyentuh kutil orang lain
  • Jangan menggunakan handuk, lap, atau barang pribadi orang lain yang sering terkena basah
  • Jangan menggunakan sepatu atau kaus kaki dengan orang lain
  • Jangan menggaruk atau menggores kutil, karena ini dapat menyebabkan virus menyebar
  • Kenakan alas kaki seperti sandal ketika berada di tempat basah seperti kolam renang atau tempat pemandian umum
  • Tutup rapat area kutil ketika berada di kolam renang atau tempat pemandian umum.
  • Gunakan kaos kaki ketika menggunakan sepatu, terlebih ketika berolahraga
  • Hindari pemakaian kaos kaki yang lembab, sebaiknya Anda mengganti kaos kaki setiap hari.
  • Dilarang menyikat, menyisir, atau memotong area yang memiliki kutil
  • Jangan menggunakan gunting kuku yang sama ketika menggunting bagian yang terserang kutil dengan bagian kuku lainnya.
  • Hindari kebiasaan menggigit kuku
  • Cuci tangan dengan bersih ketika Anda bersentuhan dengan kutil secara langsung.