Pasti sangat menyebalkan rasanya ketika sepatu yang baru saja Anda beli ternyata kekecilan. Hal ini mungkin umum Anda alami jika membeli sepatu secara online.

Nah, jangan hanya karena sudah terlanjur dibeli dan sayang jika tidak dipakai, lantas Anda memaksakan memakainya, hal tersebut dapat menyiksa kaki. Tips mengatasi sepatu kekecilan berikut bisa Anda coba agar sepatu kekecilan Anda tidak berakhir sia-sia.

Bahaya Menggunakan Sepatu Kekecilan

Mengenakan sepatu modis memang dapat menunjang penampilan, tapi bagaimana kalau pada kenyataannya sepatu itu kekecilan, apakah Anda masih ingin memaksakan memakainya?

Sebaiknya jangan, karena memakai sepatu kekecilan punya dampak buruk bagi kaki, tentu itu tidak jadi sepadan dengan apa yang akan Anda rasakan di kemudian hari.

Ada lima  dampak yang mungkin Anda alami karena memaksakan mengenakan sepatu kekecilan, seperti:

Nyeri Kaki

Sepatu yang kekecilan akan memberikan nyeri pada kaki, terutama pada bagian jari-jari. Penyebabnya adalah karena berkurangnya ruang untuk jari-jari kaki untuk bergerak secara bebas. Ini dapat menyebabkan rasa nyaman dan sakit.

Kuku Kaki Tumbuh ke Dalam

Hal ini umumnya terjadi pada kuku jempol, dan dapat menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan bahkan infeksi. Kuku yang tumbuh ke dalam ini terjadi karena jari kaki mengkerut selama menggunakan sepatu dan kuku tidak adanya cukup ruang untuk tumbuh.

Kelainan Bentuk Kaki

Jika terus dipaksakan mengenakan sepatu kekecilan, Anda dapat mengalami kelainan bentuk kaki ketika jari-jari Anda mulai bereaksi dan menyesuaikan dengan ukuran sepatu. Kelainan bentuk kaki yang biasa dialami antara lain:

  • Bunions: Kelainan ini terjadi ketika tulang atau jaringan yang ada di sekitar jempol kaki membesar. Seiring berjalannya waktu, bunions dapat menyebabkan jempol kaki mengarah ke dalam dan menimbulkan kebengkakan dan rasa sakit.
  • Hammertoes: : Ini terjadi ketika jari-jari kaki Anda terangkat dari posisi yang semestinya. Hal ini akan membuat otot-otot di jari melemah.

Metatarsalgia

Ini adalah kondisi di mana kaki meradang dan rasa sakit pada bola-bola kaki. Rasa sakitnya bisa membuat Anda merasa pegal, kasar, bahkan sensasi terbakar.

Ulkus Kaki pada Penderita Diabetes

Sepatu yang kekecilan dapat menyebabkan tumbuhnya luka bagi penderita diabetes. Luka tersebut muncul karena gesekan yang terjadi terus menerus antara sepatu dengan kaki. 

Cara Mengatasi Sepatu Kekecilan

Tentunya Anda sangat menyayangi kaki Anda dan tidak ingin hal-hal di atas terjadi pada kaki Anda tentunya. Sebelum Anda memakai sepatu kekecilan yang sudah terlanjur Anda beli, ada baiknya praktikan tips berikut untuk membuat sepatu kekecilan Anda nyaman ketika digunakan.

Renggangkan dengan Hairdryer

Jika sepatu kekecilan yang Anda punya adalah berbahan kulit. Anda dapat membuatnya merenggang dengan hairdryer. Panas dari hairdryer terbukti bisa membuat sepatu kulit merenggang dengan cepat.

Caranya mudah, gunakan balut kaki Anda dengan kaus kaki setebal mungkin, bisa menggunakan dua kaus kaki atau lebih. Lalu kenakan sepatu tersebut.

Setelah dikenakan set hairdryer dalam panas sedang dan panaskan area-area yang Anda rasa sempit kurang lebih selama 30 detik hingga terasa merenggang. 

Pastikan hairdryer tidak terlalu dekat dengan sepatu karena panasnya bisa merusak kualitas kulit bahan. Cara ini efektif pada sepatu kulit seperti bot, suede, oxford.

Dinginkan dalam Freezer

Dalam sains air yang dimasukan dalam freezer akan mengembang bentuknya ketika berubah menjadi es. Nah, hal tersebut juga bisa diterapkan pada sepatu untuk membuat bagian dalam sedikit merenggang.

Yang perlu Anda lakukan untuk mencoba cara ini adalah isi air hingga sepertiga bagian dari plastik, setelah memastikan plastik terikat sempurna, masukan plastik yang sudah terisi air tersebut dalam sepatu.

Lalu letakkan dalam freezer minimal 8 jam hingga membeku. Setelahnya keluarkan sepatu dan biarkan sepatu dalam ruang terbuka hingga es mencair.

Jika pada percobaan pertama belum terlihat hasilnya, Anda bisa mencoba mengulanginya.

Cara ini bisa digunakan untuk sepatu jenis, heels, sneakers, dan sepatu non-kulit lainnya.

Masukan Gulungan Kaos Kaki

Trik ini juga bisa membuat sepatu merenggang dengan mudah. Caranya juga mudah, cukup gunakan gulungan kaos kaki dan letakan pada bagian depan sepatu. Tekan dengan kuat hingga benar-benar memenuhi bagian depan sepatu, lalu diamkan semalaman.

Kupasan Kentang

Cara ini tidak hanya bisa membuat sepatu merenggang tapi juga bisa menghilangkan bau pada sepatu. Yang Anda perlu lakukan adalah kupas kentang berukuran sedang, lalu masukan pada ujung bagian sepatu. Jika sudah, biarkan semalaman. Ini bisa Anda gunakan pada sepatu berbahan plastik.

Semprot Alkohol

Berikutnya, untuk mengakali sepatu kekecilan Anda, gunakan alkohol dan air dengan perbandingan 1:1, masukan ke alat semprot dan semprot pada bagian dalam sepatu, atau jika Anda ingin cara cepat oleskan ke sepatu agar merenggang dan gunakan sepatu selama 20 menit sebelum alkohol mengering. 

Koran Basah

Mengatasi sepatu kekecilan juga bisa dengan cara bsahkan koran dan buat menjadi bola-bola, lalu letakan pada bagian ujung sepatu. Pastikan koran basah tersebut memenuhi ujung sepatu dan biarkan hingga bentuk sepatu berubah. Untuk hasil lebih maksimal Anda juga bisa memasukkannya ke dalam freezer. Cara ini bisa Anda gunakan jika sepatu Anda berbahan kain.

Jika Anda sudah terlanjur mengenakan sepatu kekecilan sehingga kaki menjadi kapalan. Ada tips yang bisa Anda ikuti untuk mengatasinya, yaitu dengan cara mengoleskan Callusol. Dengan komposisi asam salisilat dan asam laktat yang dapat dengan cepat menyembuhkan dan menghilangkan kapalan. Callusol tergolong obat bebas sehingga Anda bisa memakainya tanpa resep dokter.

Facebook
Twitter
LinkedIn