Anda pasti pernah kan bangun pagi dengan mata sembab akibat menangis semalaman? Selain mengganggu penampilan, rasa malu dan tak nyaman pasti juga menyertai saat keluar rumah dengan mata sembab.

Jika Anda sedang bermasalah dengan mata sembab ada beberapa tips yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Namun sebelum itu, ternyata mata sembab tak hanya disebabkan oleh menangis lho!

Penyebab Mata Sembab

Mata sembab atau puffines memang sangat mengganggu penampilan. Kantung mata yang terlihat lebih besar membuat mata kita terlihat aneh. Selama ini mata sembab selalu identik dengan menangis, padahal penyebabnya tak hanya itu lho.

Selain menangis, inilah beberapa hal yang bisa menyebabkan mata sembab.

Kurang Tidur

Kurangnya waktu tidur bisa menyebabkan penumpukan cairan di bawah mata. Hal ini membuat mata Anda sembab dan terlihat bengkak. Selain sembab kurang tidur ini juga bisa menyebabkan dark circles atau mata panda.

Tak hanya penumpukan cairan, kurang tidur juga membuat wajah Anda terlihat lebih kusam dan pucat. Kondisi ini bisa sebabkan jaringan menjadi gelap dan pembuluh darah yang ada di bawah kulit menjadi lebih terlihat.

Alergi

Jika Anda memiliki alergi tertentu, maka Anda juga memiliki risiko mengalami mata sembab. Kontak antara mata dengan alergen, mulai dari alergi pada bulu hewan, debu, serbuk tanaman, hingga polusi bisa sebabkan mata sembab.

Reaksi alergi menyebabkan pelepasan histamin oleh tubuh yang menyebabkan mata merah, berair, gatal, dan pastinya sembab. Alergi ini juga diikuti dengan gejala hidung tersumbat dan bersin-bersin.

Posisi Tidur

Siapa sangka posisi tidur juga berpengaruh pada kondisi mata lho. Posisi tidur yang salah seperti menyamping atau tengkurap semalaman bisa menyebabkan penumpukan cairan di bawah mata. Akibatnya mata akan terlihat sembab di pagi hari.

Konsumsi Obat

Mengonsumsi obat kimia yang mengandung steroid juga bisa menyebabkan mata sembab. Obat mengandung steroid ini salah satunya adalah obat tetes mata. Kandungan steroid bisa membuat tekanan kuat pada bola mata dan membuatnya jadi tegang.

Mata yang dalam kondisi tegang akan membuat tekanan pada pembuluh darah disekitar mata ikut menegang dan membuat mata terlihat bengkak serta sembab. Sebaiknya selalu konsultasikan dengan dokter sebelum penggunaan obat mengandung steroid.

Tips Menghilangkan Mata Sembab

Mata sembab bukanlah kondisi medis yang berbahaya. Oleh karena itu Anda bisa melakukan perawatan sendiri di rumah. Berikut tips menghilangkan mata sembab yang bisa Anda coba.

Kompres Dingin

Cara menghilangkan mata sembab yang pertama adalah dengan melakukan kompres dingin. Kompres dengan es atau air dingin bisa mengurangi pembengkakan di area mata dengan cepat.

Caranya adalah basahi handuk bersih dengan air dingin. Lalu letakkan di area mata yang sembab selama beberapa menit. Lakukan beberapa kali hingga pembengkakan terlihat mulai mereda.

Gunakan Timun atau Kentang

Selain menggunakan air dingin, Anda juga bisa memanfaatkan timun maupun kentang. Kedua bahan ini bisa mengencangkan pembuluh darah di area mata yang sembab. Selain itu mentimun juga kaya antioksidan.

Sedangkan kentang punya kandungan pencerah alami bernama catecholase. Caranya adalah iris timun atau kentang, lalu letakkan di atas kedua area mata. Biarkan selama 10-15 menit.

Kantong Teh

Bahan lain yang mudah ditemukan dan bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan mata sembab adalah kantong teh. Kantung teh mampu mengurangi pembengkakan pada mata dengan cara menyempitkan pembuluh darah.

Caranya adalah basahi kantung teh dengan air bersih, lalu letakkan di kulkas selama 10 menit. Setelah itu taruh di atas mata yang sembab selama kurang lebih 5 menit. Ulang beberapa kali sambil memijat area mata dengan lembut.

Sendok Besi

Cara menghilangkan mata sembab yang cukup unik adalah dengan memanfaatkan sendok besi. Sebelum menempelkan sendok ke mata, Anda harus terlebih dahulu membersihkannya dengan sabun lalu taruh di dalam freezer selama 10-20 menit. 

Jika sudah langsung saja tempelkan pada area mata yang sembab. Lakukan pijatan memutar dan mengarah keluar secara beberapa kali. Lakukan secara lembut selama beberapa menit.

Posisikan Kepala Lebih Tinggi

Saat Anda melakukan kompres pada area mata yang sembab pastikan posisi kepala Anda lebih tinggi dari badan. Jangan langsung tidur setelah Anda menangis semalaman karena bisa membuat mata sembab dan bengkak semakin parah.

Gunakan Concealer

Jika Anda terburu-buru dan harus segera keluar rumah, maka Anda bisa menutupi mata sembab dengan peralatan make up terutama concealer. Pilihlah warna concealer yang cocok dengan skin tone Anda.

Witch Hazel

Kandungan ini merupakan ekstrak alami yang didapat dari tanaman dengan nama yang sama. Selain memiliki manfaat untuk kesehatan kulit dan tubuh, witch hazel juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Ekstrak witch hazel bisa mengatasi mata yang lelah dan menyegarkan-nya kembali. Kandungan ini bisa Anda temukan pada produk bernama Y-Rins. Y-Rins adalah obat pencuci mata yang dapat membantu membersihkan, menyejukkan, dan menyegarkan mata yang lelah dan sakit.