Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kehilangan banyak cairan sehingga organ dan fungsi tubuh tak bisa bekerja dengan baik.

Dehidrasi paling sering terjadi ketika seseorang mengalami diare atau muntah yang parah. Ketika diare dan muntah, tubuh kita mengeluarkan banyak cairan yang menyebabkan hilangnya elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh.

Mengatasi Dehidrasi Tak Hanya Dengan Sekadar Minum Air

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa tidak selamanya dehidrasi bisa diatasi dengan mengonsumsi air putih yang banyak saja.

Perawatan terhadap dehidrasi sangat tergantung pada tahapan atau seberapa banyak cairan tubuh yang telah hilang. Minum air putih adalah pertolongan pertama untuk mengatasi dehidrasi, namun cairan saja tidak cukup. 

Saat dehidrasi, bukan saja cairan yang hilang dari dalam tubuh, tapi juga mineral dan elektrolit yang penting untuk melancarkan fungsi organ-organ tubuh. Jadi, saat mengatasi dehidrasi, mineral dan elektrolit ini juga perlu “diisi ulang” bersama dengan cairan.

Berikut ini langkah yang tepat untuk mengatasi dehidrasi:

1. Konsumsi Camilan atau Minuman yang Mengandung Sodium

Dehidrasi dapat digolongkan menjadi dehidrasi ringan dan dehidrasi berat. Jika Anda sudah memiliki tanda-tanda dehidrasi seperti mulut kering, haus, pusing, sakit kepala, hingga air seni berwarna keruh, Anda bisa jadi mengalami dehidrasi.

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi air putih,

Jika hal ini tidak berhasil, Anda dapat mencoba dengan mengonsumsi camilan yang mengandung sodium. Sodium yang terkandung dalam camilan ini dapat berfungsi sebagai pengikat air yang ada di dalam tubuh.

2. Konsumsi Makanan yang Mengandung Banyak Air

Tidak hanya minum air yang banyak, namun mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi dehidrasi.

Ketika dehidrasi, kebanyakan orang mengonsumsi air putih yang banyak sekaligus. Hal ini dapat membuat perut kembung dan penyembuhan terhadap dehidrasi menjadi tidak optimal.

Untuk mencegah hal ini, Anda dapat menggabungkan antara minum air putih dan juga mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air seperti buah-buahan.

3. Minuman yang Mengandung Elektrolit

Minuman yang mengandung elektrolit paling dianjurkan ketika tubuh telah banyak kehilangan cairan setelah beraktivitas seperti berolahraga.

Cairan yang mengandung elektrolit dapat dengan cepat menggantikan natrium, kalsium, kalium, dan magnesium yang hilang dari dalam tubuh.

4. Minum Cairan Alami Pengganti Cairan Tubuh

Mengonsumsi cairan alami pengganti cairan tubuh seperti Renalyte bisa Anda lakukan jika Anda mengalami dehidrasi akibat diare dan muntah.

Renalyte adalah larutan rehidrasi dan merupakan formulasi dari WHO. Renalyte cocok juga dikonsumsi untuk anak-anak karena memiliki rasa cocopandan yang enak dan juga steril.

Cara-cara di atas dapat mencegah dan juga menyembuhkan dehidrasi. Namun jika dehidrasi tidak kunjung hilang, segera periksakan kondisi Anda ke dokter.

Jika tidak segera ditangani, dehidrasi dapat merusak organ yang ada di dalam tubuh atau bahkan dapat menyebabkan kematian.

Facebook
Twitter
LinkedIn