Anda pasti pernah kan tiba-tiba menangis saat mengiris bawang? Jangan khawatir, kondisi ini memang umum terjadi bukan hanya pada Anda. Jika Anda penasaran apa penyebab dan solusi mencegah mata berair saat mengiris bawang simak penjelasan berikut.

Pasti Anda pernah bertanya-tanya, kenapa mata berair saat mengiris bawang? Entah bawang merah, bawang putih, maupun bawang bombay. Ternyata ini diakibatkan oleh kandungan yang ada di dalam bawang itu sendiri.

Penyebab Mata Berair Saat Mengiris Bawang

Dilansir dari Fimela, jadi saat bawang diiris sel-sel di dalamnya akan pecah dan mengeluarkan enzim bernama propanethial sulphoxide (asam amino sulfoksida). Enzim ini akan memproduksi gas. 

Ketika enzim ini mengenai mata, maka gas yang dihasilkan akan bereaksi dengan air mata. Reaksi ini akan menghasilkan asam sulphuric acid dalam kadar ringan. 

Sayangnya, zat ini diterjemahkan sebagai benda asing atau kotoran oleh saraf yang ada di mata. Alhasil otak akan mengirim sinyal ke kelenjar mata untuk memproduksi lebih banyak air mata.

Jadilah mata Anda berair dan seakan menangis saat mengiris bawang. Semakin banyak bawang yang Anda iris, maka semakin banyak juga gas yang dihasilkan, dan pastinya makin bercucuran juga air mata yang dikeluarkan.

Selain itu yang perlu Anda tahu juga adalah, kandungan pada bawang yang membuat kita menangis ini merupakan upaya perlindungan diri bawang dari serangan hama.

Hal ini merupakan salah satu upaya sayuran bawah tanah termasuk bawang, agar mereka tidak dimakan oleh makhluk hidup di permukaan tanah. Mulai dari mikroba, hewan, dan juga manusia.

Cara Mencegah Mata Berair Saat Mengiris Bawang

Pastilah merepotkan jika harus terus menangis saat mengiris bawang kan? Terlebih untuk Anda yang memang tiap hari harus berurusan dengan bahan dapur ini. Berikut tips mencegah menangis saat mengiris bawang.

Dinginkan Bawang

Suhu dingin mampu membuat proses pelepasan enzim dari bawang berjalan lebih lambat. Anda bisa menyimpannya di dalam kulkas atau merendamnya di dalam air es. Dinginkan bawang setidaknya 10-15 menit.

Potong Bawang di Dalam Air

Cara yang kedua adalah dengan mengiris bawang di dalam rendaman air. Dengan begitu gas yang dihasilkan bawang bisa larut dalam air dan tidak mencapai mata Anda. Sayangnya cara ini punya kelemahan karena bisa mengurangi kandungan gizi dalam bawang.

Potong Bawang Dekat Ventilasi Udara

Seperti yang kita tahu, gas dari bawang bisa membuat kita menangis. Dengan memotong bawang di area yang berventilasi baik maka gas yang bergerak ke arah mata bisa dikurangi.

Anda juga bisa menggunakan kipas angin untuk menghalau gas dari bawang agar tak bergerak menuju ke mata.

Hindari Bagian Bawah Bawang

Enzim penghasil gas yang membuat kita menangis memiliki konsentrasi sangat tinggi di bagian bawah bawang. Anda disarankan untuk membuang akar bawang sebelum mengirisnya untuk mengurangi efek perih pada mata.

Selain itu Anda juga disarankan untuk mengiris bagian bawah dari bawang aling akhir. Agar efek mata berair tidak berlangsung terlalu lama. Jadi potong bawang dari bagian atas menuju pangkalnya. 

Gunakan Pisau yang Tajam

Pisau yang tajam akan membuat proses mengiris bawang berjalan lebih cepat dan efisien. Sehingga kontak antara mata dengan gas dari bawang bisa dikurangi. Risiko mata pedih juga bisa ditekan.

Mengunyah Makanan

Cara mencegah menangis saat mengiris bawang berikutnya adalah sambil mengunyah makanan. Gerakan mengunyah tanpa sadar akan membuat kita bernapas melalui mulut.

Dengan begitu, gas yang bergerak mengenai mata akan berkurang karena terhisap ke mulut. Anda bisa mengunyah buah, roti, maupun permen karet.

Sambil Bersiul

Cara ini memang cukup unik, tapi layak Anda coba. Dengan bersiul gas dari bawang akan terhisap ke mulut. Sehingga gas iritan yang menuju ke mata bisa ditahan dan berkurang. Siapa sangka aktivitas unik ini bisa cegah mata berair saat mengiris bawang.

Gunakan Kacamata

Cara yang paling mudah pastilah dengan melindungi mata dengan menggunakan kacamata. Kacamata akan melindungi mata Anda dari enzim dan gas yang akan membuat mata Anda berair. Sehingga risiko mata perih dan menangis bisa dihindari.

Jangan Lupa untuk Bersihkan Mata Setelah Mengiris Bawang

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada zat yang masuk ke dalam mata dan menyebabkan mata berair. Terkadang efek perih setelah mengiris bawang tidak langsung hilang.

Kondisi ini harus segera diatasi agar tidak menimbulkan masalah mata lain. Caranya adalah dengan membersihkan mata dengan cairan khusus, karena air biasa tidak cukup.

Gunakan cairan pembersih mata dengan kandungan witch hazel yang mampu membersihkan mata dari berbagai jenis kotoran. Anda dapat menemukan kandungan itu pada cairan pembersih mata Y-Rins.

Y-Rins adalah obat pencuci mata yang dapat membantu membersihkan, menyejukkan, dan menyegarkan mata yang lelah dan sakit.

Kandungan witch hazel pada Y-Rins mampu meringankan iritasi ringan pada mata yang disebabkan oleh udara yang berdebu atau berasap, dan mata lelah akibat mengemudi atau pekerjaan yang memerlukan penglihatan dekat.