Sepatu menjadi salah satu penunjang bagi kita, baik sebagai penunjang penampilan maupun penunjang untuk pelindung kaki kita agar selama berjalan terlindungi.

Ada dua jenis alas kaki yang biasanya kita gunakan, yaitu sandal dan sepatu. Namun tidak semua sepatu membuat kita nyaman ketika dikenakan.

Jika Anda masih sering salah memilih sandal atau sepatu yang tepat untuk kaki, mungkin tips berikut sangat berguna.

Pentingnya Memilih Sandal atau Sepatu yang Tepat

Kesalahan memilih sandal atau sepatu dapat menyebabkan beberapa hal fatal terjadi pada kaki. Salah pilih akan menyiksa kaki Anda, bahkan yang terburuk akan memperburuk kaki Anda seumur hidup karena sepatu juga bisa memengaruhi kesehatan. 

Memilih sepatu yang tepat membantu Anda terhindar dari cedera dan beragam hal buruk lainnya yang menyiksa kaki.

Sebuah hasil penelitian berhasil menyusun permasalahan yang mungkin Anda alami ketika memilih alas kaki yang tidak tepat, antara lain:

  • Kaki bisa mengalami cedera, mulai dari kulit kaki yang melepuh atau yang dikenal juga dengan sebutan kapalan, jari-jari kaki dan pergelangan kaki nyeri, hingga yang terburuk bisa membuat bentuk jari kaki berubah.
  • Memperburuk nyeri pada radang sendi di lutut atau pergelangan kaki.
  • Membuat kita kesulitan berjalan dengan benar, dan menimbulkan rasa nyaman ketika berjalan jauh dan berdiri lama.
  • Rentan terhadap masalah flat feet atau kaki datar.

Tips Memilih Sepatu dan Sandal yang Baik untuk Kesehatan

Tentu kita tidak ingin beragam hal yang disebutkan di atas menimpa kaki Anda, berikut ini tips yang bisa Anda terapkan ketika hendak memilih sepatu yang ideal.

Beli Sepatu di Pagi Hari

Waktu yang paling baik untuk membeli sepatu adalah pada pagi hingga siang hari.Hal ini karena saat sore atau malam hari, tanpa sadar ukuran kaki membesar dari normal akibat kegiatan harian yang kita lakukan. 

Hal ini juga akan menghindari Anda dari membeli sepatu yang kekecilan, karena menurut sebuah penelitian sepatu yang kekecilan atau sempit dapat menyebabkan deformitas kaki. Selain itu, sepatu yang kekecilan juga meningkatkan kaki lemah dan terjatuh.

Hal ini juga bisa membuat jempol kaki menjadi bengkak, dan kapalan.

Perhatikan Bentuk Bawah Sepatu atau Sol

Ini yang harus juga Anda perhatikan ketika memilih sepatu yang akan dikenakan. Perhatikanlah bagian bawah sepatu, apakah mendukung lekungan telapak kaki dengan baik. Hal ini akan membuat Anda terhindar dari flat feet atau kaki yang datar.

Kaki datar terjadi ketika tulang yang membentuk lengkungan kaki tidak benar-benar melengkung. 

Telapak kaki bahkan menyentuh tanah. Sehingga orang dengan kondisi ini rentan mengalami nyeri lutut, kerusakan tulang rawan, hingga nyeri punggung.

Sandal yang cukup tebal bisa menjadi pilihan yang tepat daripada sandal jepit. Atau Anda ingin menggunakan wedges, usahakan pilih yang haknya tidak terlalu tinggi, tidak runcing, menyediakan lengkungan untuk kaki yang tidak terlalu curam. Dengan begitu juga Anda tidak akan kesulitan berjalan.

Sol yang kuat dan tebal juga berguna agar sepatu lebih tahan medan sehingga tidak mudah terkikis.

Lihat Sepatu Baik-baik 

Alas kaki yang paling sehat untuk segala jenis usia yang paling harus dipikirkan adalah ukurannya yang pas, hak yang rendah dan tebal. 

Selain itu, unsur penunjang seperti tali sepatu atau perekat sepatu juga menjadi hal penting untuk memastikan sepatu tetap melekat. Jika memungkinkan pilihlah sandal atau sepatu yang menggunakan tali atau perekat berbahan kulit atau kain. Hal ini bisa membuat kaki bebas lecet dan tetap ada udara yang masuk.  

Sandal dan flat shoes adalah jenis sepatu yang memenuhi kriteria ini. 

Sepatu dengan hak yang terlalu tinggi jika dipakai terlalu lama dan sering menyebabkan rasa sakit pada bagian depan kaki dan dapat menyebabkan lordosis atau melengkungnya tulang punggung bawah yang pasti akan sangat menyakitkan. 

Untuk itu, penting juga bagi Anda memperhatikan hal berikut dengan baik:

  • Pilih sepatu yang sesuai dengan aktivitas
  • Cek kondisinya, apakah ada kerusakan atau cacat yang bisa membahayakan ketika dipakai
  • Pilih bahan sepatu yang diinginkan, bahan sepatu juga menentukan sirkulasi udara yang masuk ke sepatu ketika berjalan atau berdiri.
  • Keberatan sepatu juga perlu Anda perhatikan untuk menyesuaikan dengan aktivitas.

Coba Sepatu Sebelum Membeli

Setelah Anda menemukan sepatu yang sesuai. Sebelum memutuskan membelinya, tidak ada salahnya Anda coba sepatu tersebut.

Ketika mencobanya, rasakan kenyamanannya, Pastikan ukurannya tidak terlalu ketat sehingga jari-jari masih leluasa bergerak dan punya ruang. Cobalah juga untuk berjalan untuk mengetes tingkat fleksibilitas. 

Mengetahui Anda Salah Memilih Sepatu

Mungkin Anda tidak menyadari bahwa selama ini sepatu yang Anda kenakan atau sudah Anda beli adalah sepatu yang salah. Lalu bagaimana cara mengetahui apakah sepatu yang Anda gunakan salah?

Jari Kaki Menekuk di Ujung Sepatu

Sepatu yang terlalu pas tidak memberikan ruang pada jari-jari kaki, padahal ruang itu juga dibutuhkan. Apalagi ukuran kaki akan lebih besar ketika di malam hari setelah beraktivitas.

Kuku Kaki Lepas atau Kaki Memar

Jika ujung sepatu terlalu kecil, Anda akan mendapat tekanan pada ujung-ujung jari kaki sehingga tidak jarang kuku kaki Anda lepas atau menghitam, bahkan bisa lepas. Tentu itu sangat menyiksa Anda. 

Namun jika sudah seperti itu, untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa memilih ukuran sepatu yang lebih besar.

Mengalami Fraktur Tekanan

Sepatu yang salah dapat membuat Anda memberikan tekanan berlebih pada tumit, dan sebagian lagi pada kaki bagian depan. Hal ini akan membuat tumit syok yang dapat menyebabkan fraktur tekanan yang terburuk dari ini adalah Anda bisa mengalami patah tulang kecil.

Tekanan ini juga dapat memunculkan kapalan pada tumit, tentu ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan Anda. 

Jika hal itu terjadi, Anda bisa langsung mengatasi dengan cara memberikan cairan oles yang mengandung asam salisilat, dan asam laktat yang terbukti bisa menghilangkan kapalan.

Hal itu bisa ditemukan pada obat oles Callusol. Callusol juga tergolong jenis obat golongan hijau yang berarti bebas tanpa resep dokter sehingga bisa dengan mudah dijumpai di toko obat terdekat atau melalui pemesanan onlime.

Facebook
Twitter
LinkedIn