Kerutan dan mata panda sangat membuat kita merasa terganggu dengan penampilan kita. Semakin bertambahnya usia, kulit Anda akan kehilangan minyak dan kelenjar keringat yang menyebabkan kulit di sekitar mata menjadi kering dan muncul kerutan.

Oleh sebab itu, banyak wanita mulai menggunakan eye cream untuk dapat membuat mata terlihat segar dan kulit di sekitar mata tampak halus dan lembut.

Namun dalam sebenarnya apakah semua wanita membutuhkan eye cream dan seperti apa memilih eye cream yang baik?

Kenapa Kita Butuh Eye Cream

Seperti yang kita tahu, kulit tiap-tiap orang berbeda-beda, tidak sama. Kulit di area mata juga lebih tipis dari bagian lainnya karena otot-otot kecil yang berada di sekitar mata.

Kulit tersebut juga lebih sensitif dan sangat rentan mengalami masalah-masalah seperti bengkak, kering, perubahan warna, kelelahan.

Menyipitkan mata serta melakukan gerakan yang konstan dapat mempercepat pembentukan garis-garis kerutan. 

Krim mata dapat membantu mengatasi itu. Krim mata diformulasikan khusus untuk kulit halus di sekitar mata.

Krim ini mengandung lebih banyak minyak daripada krim wajah pada umumnya, dan punya berbagai macam kandungan aktif yang ditujukan untuk masalah yang kita miliki di sekitar mata.

Garis-garis halus dan kerutan  disebabkan oleh berkurangnya kolagen pada kulit, ini bisa karena bertambahnya usia atau juga akibat sinar matahari. Padahal, kolagen membantu untuk menjaga elastisitas kulit. 

Penelitian menunjukan bahwa eye cream yang mengandung vitamin C, peptida, retinol, meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, ceramide dan asam hialuronat juga membantu untuk mencegah mata kehilangan air, dan meningkatkan elastisitas.

Memilih Eye Cream yang Baik

Kulit tiap orang berbeda-beda tingkat sensitivitasnya. Sangat penting bagi kita untuk memilih eye cream yang baik agar tidak menimbulkan masalah kulit yang lain serta pemakaian krim mata juga efektif dan sesuai dengan manfaatnya.

Pada umumnya, eye cream bekerja untuk memberikan kelembaban dan mengurangi kerut halus di sekitar mata. Untuk itu, krim mata terbaik punya kandungan-kandungan yang menawarkan manfaat khusus untuk kulit sekitar mata:

1. Bahan Tidak Membuat Iritasi

Kulit bagian mata sangat sensitif dan mudah sekali mengalami iritasi. Eye cream yang baik tidak akan membuat mata Anda terasa seperti tersengat ketika Anda mengoleskannya.

Beberapa krim juga mengandung bahan anti iritasi, bahan yang punya kandungan khusus untuk meminimalkan iritasi, dan menenangkan kulit.

Pengharum, alkohol, beberapa minyak dan ekstrak nabati dikenal sebagai bahan yang mudah menyebabkan iritasi dan mengganggu area mata yang halus.

Jadi, carilah eye cream yang tidak mengandung pewangi, alkohol, dan bahan-bahan lain yang biasanya membuat kulit Anda iritasi.

2. Cari Krim yang Melembabkan

Krim mata yang mengandung gliserin dan hyaluronic acid dengan bahan dasar minyak dapat secara efektif membuat kulit menjadi lembab dan dapat membantu menghilangkan garis-garis halus dan kulit kering di sekitar mata. 

3. Cek Kandungannya

Agar mendapatkan hasil yang diinginkan, Anda harus mengetahui apa saja kandungan khusus yang ada di dalam krim. Cobalah pilih eye cream yang mengandung bahan-bahan berikut ini.

  • Antioksidan: Kandungan ini melindungi kulit Anda dari kerusakan sel. Antioksidan juga dapat menangkal kerutan, dan kusam dari penuaan. Selain itu juga dapat mencerahkan kulit, mencegah kerusakan di sekitar kulit mata. Carilah krim yang mengandung vitamin C, vitamin E, asam ferulic. 
  • Hyaluronic acid: Zat ini melembabkan kulit Anda, dengan menjaga kandungan air pada mata.
  • Retinol: Bentuk vitamin A ini membantu menstimulasi produksi kolagen untuk mengurangi kerutan dan garis-garis halus.
  • Peptida: Kandungan ini membantu Anda untuk mengatasi kantung mata yang menghitam. Peptida juga dapat meningkatkan kolagen dan elastin untuk membuat kulit tetap kencang.
  • Niacinamide: Membantu untuk mencerahkan kulit dengan memperlambat sel-sel penghasil pigmen. Sehingga kandungan ini sangat efektif untuk mengatasi lingkar mata yang menghitam.
  • Kafein: Untuk menghilangkan lingkaran gelap, kafein juga bekerja sangat baik. Ketika dioleskan, kafein mendorong aliran darah dan menyempitkan pembuluh darah untuk mengurangi tampilan bayangan efek hitam.

4. Pilih Kemasan Eye Cream 

Kandungan antioksidan dan zat lain akan menjadi buruk karena paparan sinar matahari atau juga udara.

Oleh sebab itu, pilihlah eye cream yang kemasannya dapat memblokir cahaya dan udara untuk menjaga keefektivitasannya. 

Bentuk kemasan tube atau botol dengan pompa lebih baik dibanding eye cream yang harus dicolek di dalam wadah, karena Anda tidak akan menyentuh krimnya secara langsung yang dapat mencemari krim.

5. Penyerapan Cepat

Krim mata yang baik juga harus punya kemampuan menyerap ke kulit dengan cepat. Anda mungkin akan menggunakannya bukan hanya di malam hari, tapi juga siang hari sebagai rutinitas harian Anda, sebelum memakai make up.

Krim yang dapat menyerap dengan cepat memberikan Anda juga hasil yang cepat. Misalnya, krim mata yang punya kemampuan untuk memberikan efek yang membuat mata lelah Anda menjadi cerah.

6. Ketahui Sensitivitas Kulit

Hal yang tidak kalah penting dari memilih eye cream adalah mengetahui apakah kulit Anda sensitif pada bahan-bahan tertentu. Beberapa orang bahkan sensitif pada bahan-bahan alami.

Jika Anda pernah mengalami reaksi negatif seperti kulit perih, kemerahan, atau bruntusan setelah memakai produk dengan bahan tertentu, hindarilah bahan-bahan tersebut yang membuat Anda iritasi.

Jika Anda tidak yakin apakah Anda sensitif terhadap suatu bahan, sebelum membeli cobalah oleskan dulu krim pada area tangan, dan tunggu beberapa saat reaksinya.

Jangan Lupa Jaga Kesehatan Mata

Menjaga mata adalah suatu yang penting, terutama jika Anda bekerja tidak henti di depan komputer dan ruangan dingin karena AC. Biasanya mata mudah menjadi kering dan membuat Anda merasakan gatal yang sangat tidak nyaman.

Mata kering jangan dianggap remeh. Untuk mengembalikan kesegaran mata, gunakan Y-Rins, larutan pencuci mata.

Y-Rins secara alami dan cepat dapat mengembalikan kesegaran mata yang lelah.

Cara pakainya juga mudah, cukup tuangkan beberapa tetes Y-Rins pada wadah yang telah disediakan, kemudian tempelkan pada mata dan rasakan mata yang kembali segar seketika.