Banyak orang yang percaya kalau memar tanpa sebab atau memar yang muncul secara tiba-tiba itu karena dijilat setan. Tapi sebaiknya Anda jangan percaya dulu dengan hal mistis ini. Ternyata, di balik memar yang muncul tiba-tiba ada penjelasan medisnya.

Jadi sebelum Anda memutuskan untuk pergi berobat ke orang pintar, sebaiknya obati memar yang muncul tiba-tiba ini ke dokter. 

Tiba-tiba Memar, Apa Penyebabnya?

Memar adalah pendarahan yang terjadi di bawah permukaan kulit. Pendarahan ini terjadi karena pecahnya pembuluh darah kapiler.

Ketika pembuluh darah kapiler pecah, darah yang seharusnya mengalir, jadi menggumpal di area tersebut. Maka ketika pembuluh darah pecah, permukaan kulit akan berubah menjadi berwarna merah. 

Ketika memar muncul secara tiba-tiba, biasanya akan muncul ruam atau titik berwarna ungu tua. Orang bilang kalau memar ini karena dijilat setan. Ternyata, memar tiba-tiba dapat dijelaskan secara medis. Kondisi ini dikenal dengan istilah purpura simplex.

Umumnya purpura simplex ini muncul di bagian lengan atas, paha, atau bokong. Sebenarnya, apa penyebab dari purpura simplex. Berikut lima penyebab utama purpura simplex dari sisi medis.

5 Penyebab Memar Tiba-tiba

Cerita yang banyak beredar ketika muncul memar secara tiba-tiba adalah jilatan dari makhluk halus. Tapi sebaiknya Anda jangan mudah percaya dengan cerita mistis ini. 

Ternyata memar yang muncul tiba-tiba ini ada penjelasannya secara medis. Jika dilihat dari sisi medisnya, memar yang muncul tiba-tiba dapat disebabkan oleh beberapa kondisi. 

Hemofilia

Hemofilia adalah kelainan langka yang menyebabkan darah sulit membeku karena kekurangan protein. Akibatnya pendarahan bisa lebih lama ketika tubuh mengalami luka.

Penyakit ini merupakan penyakit bawaan yang termasuk langka. Menurut data dari World Federation Hemophilia (WFH) sekitar 1 dari 10 ribu orang dilahirkan dengan penyakit ini. 

Penderita sering mengalami purpura simplex. Benturan yang tidak keras yang tidak terasa bisa menyebabkan memar karena rapuhnya pembuluh darah kapiler.

Olahraga Terlalu Berat

Memar muncul tiba-tiba bisa disebabkan karena Anda sebelumnya beraktivitas atau olahraga terlalu berat. Ketika berolahraga yang cukup berat, otot akan ketegangan. Otot yang terlalu tegang berisiko untuk menyebabkan pembuluh darah di otot pecah.

Maka tidak jarang ketika sudah berolahraga berat, akan muncul memar secara tiba-tiba.

Diabetes

Diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh kadar gula darah di dalam tubuh terlalu tinggi. Salah satu gejala awal penyakit ini adalah sering muncul memar secara tiba-tiba dan sulit dihilangkan. 

Diabetes adalah penyakit turunan yang perlu diwaspadai. Ketika Anda mengalami hal ini dan memiliki keluarga yang diabetes, sebaiknya segera periksakan kondisi Anda ke dokter. 

Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Beberapa jenis obat seperti obat antikoagulan dan kontrasepsi bisa melemahkan pembuluh darah dan menurunkan kemampuan tubuh untuk membekukan darah. Maka, ketika Anda sedang mengonsumsi beberapa jenis obat ini, salah satu efek sampingnya adalah memar yang muncul secara tiba-tiba.

Pancaran Sinar Matahari Berlebih

Sinar matahari pagi baik bagi tubuh karena banyak mengandung vitamin D. Namun terlalu lama terkena pancaran sinar matahari dapat menyebabkan memar muncul secara tiba-tiba. 

Kulit akan kehilangan ketahanan dan kelenturannya ketika terlalu lama kena sinar matahari. Hal ini yang dapat menyebabkan memar lebih mudah terjadi dan mudah terlihat.

Cara Menghilangkan Memar

Memar umumnya dapat hilang dengan sendirinya. Biasanya, proses penyembuhan alami memar akan memakan waktu sekitar 10 hingga 14 hari. 

Tetapi Anda dapat mempercepat proses penyembuhan dengan cara mengobatinya. Ada banyak cara menghilangkan memar. Salah satunya adalah dengan menggunakan obat oles yang mengandung heparin sodium. 

Heparin sodium bekerja dengan cara melarutkan gumpalan darah yang berada di bawah permukaan kulit akibat memar, membantu mengurangi peradangan, serta melancarkan peredaran darah untuk mempercepat penyembuhan. 

Obat memar mengandung heparin yang dapat Anda gunakan salah satunya adalah thromboflash.

Thromboflash adalah salep (gel) yang berfungsi untuk mencegah dan mengobati gangguan pembuluh darah seperti luka dalam alias lebam atau memar.

Thromboflash mengandung heparin sodium yang bekerja dengan cara melarutkan gumpalan darah yang berada di bawah permukaan kulit akibat memar, sehingga membantu mengurangi peradangan sekaligus melancarkan peredaran darah untuk mempercepat penyembuhan.

Heparin sodium yang terdapat pada thromboflash didapatkan dari protein sapi dan sudah tersertifikasi halal oleh MUI.

Facebook
Twitter
LinkedIn