Mata ikan atau Clavus yang sering dialami pada telapak kaki. Meskipun tidak berbahaya, mata ikan bisa membuat penderitanya tersiksa ketika mereka berjalan, rasanya seperti berjalan di atas duri.

Mata ikan di telapak kaki tentu tidak boleh menghalangi Anda untuk beraktivitas seperti biasanya, lalu seperti apa mengatasi rasa sakit mata ikan di telapak kaki saat berjalan?

Penyebab Mata Ikan di Telapak Kaki

Mata ikan merupakan penebalan kulit di permukaan atau samping jari kaki, akibat dari tekanan dan gesekan yang terjadi secara terus menerus. Sebenarnya ini menjadi perlindungan alami tubuh dari gesekan yang kita alami, jika kulit tidak menebal justru akan mengalami kerusakan dan menimbulkan luka.

Faktor yang menyebabkan mata ikan bisa muncul di telapak kaki adalah pemilihan sepatu, baik dari ukuran yang tidak sesuai, bahan sol yang keras, sampai menggunakan high heels bisa menjadi pemicu munculnya mata ikan.

Jenis Mata Ikan

Mata ikan sendiri ada beberapa jenis, dari yang kecil, lunak, keras. Mata ikan keras sendiri biasanya terjadi karena ada penumpukan kulit mati sehingga permukaannya jadi keras dan memiliki inti di tengah yang membuatnya sakit terutama saat berjalan.

Jika letak mata ikan di antara jari manis dan kelingking kaki itu adalah mata ikan lunak. Terakhir, mata ikan kecil yang muncul karena adanya saluran keringat yang tersumbat.

Gejala Mata Ikan

Berbeda dengan kapalan, gejala yang bisa dikenali dari mata ikan adalah adanya penebalan pada bagian kaki. Selain penebalan, ada 4 hal yang menjadi gejala dari munculnya mata ikan.

  1. Mata ikan muncul seperti benjolan kecil dan kasar bila disentuh. Biasanya akan muncul di tumit, pangkal jari kaki, atau bisa juga di kaki bagian depan.
  2. Kulit yang menebal dan keras tersebut biasanya menandakan bahwa benjolan telah masuk ke dalam karena mata ikan tumbuh ke dalam. Ini terjadi karena tekanan dan gesekan sehingga mata ikan tumbuh ke dalam.
  3. Di beberapa kasus bintik hitam juga muncul di area sekitar penebalan kulit yang terjadi. Hal ini karena gumpalan darah yang membeku.
  4. Adanya rasa nyeri pada bagian yang mengalami benjolan atau kulit yang menebal saat berjalan.

Tips Berjalan saat Mengalami Mata Ikan di Telapak Kaki

Saat mengalami mata ikan di telapak kaki, berjalan adalah aktivitas yang teramat menyiksa. Benjolan atau kulit yang menebal akan menimbulkan rasa nyeri yang sangat menyakitkan setiap kita melangkah. Jika Anda sedang mengalami mata ikan di telapak kaki, agar tetap nyaman cara berikut ini bisa Anda terapkan.

  1. Pakailah kaos kaki yang cukup tebal dan pastikan bahwa kaos kaki tersebut pada bagian dalamnya tidak ada jahitan yang bisa menimbulkan gesekan ketika Anda berjalan.
  2. Pilih sepatu yang nyaman dengan sol yang empuk. Hindari dulu menggunakan flat shoes atau high heels karena itu justru akan memperparah mata ikan. Pilih juga model sepatu yang punya bagian depan lebar dan pastikan ukurannya pas. Memakai sepatu kekecilan atau terlalu besar justru akan menimbulkan gesekan berulang. Anda juga bisa menambah bantalan pada bagian dalam sepatu agar lebih terasa empuk.
  3. Ubah gaya berjalan, dengan tumit mendarat lebih dahulu. Gaya jalan yang salah menyebabkan perbedaan tekanan pada area kaki.
  4. Sebaiknya jangan dulu berdiri atau berjalan terlalu lama karena ini bisa menyebabkan mata ikan.
  5. Cucilah kaki dengan sabun sehabis memakai sepatu dan oleskan krim pada telapak kaki untuk merawat telapak kaki.

Mengobati Mata Ikan

Ada banyak cara mengobati mata ikan, pengobatan mata ikan dimaksudkan untuk menipiskan atau melepaskan penebalan kulit tanpa menimbulkan luka pendarahan. 

Salah satu yang bisa diandalkan untuk mengobati mata ikan adalah menggunakan obat oles yang mengandung asam salisilat. Asam salisilat membantu melunakan dan mengangkat jaringan kulit yang mati. Menggunakan obat oles juga praktis, Anda bisa mengoleskannya sendiri pada area mata ikan dan mudah didapatkan.

Salah satu obat oles yang mengandung asam salisilat yang bisa Anda andalkan adalah Callusol. Callusol tidak hanya ampuh mengobati mata ikan tapi juga kutil dan kapalan. Untuk mendapatkannya juga mudah karena obat oles Callusol tergolong obat bebas yang bisa didapatkan tanpa resep dokter.

Oleskan satu tetes Callusol pada pagi dan malam maka mata ikan akan hilang.

Facebook
Twitter
LinkedIn