Witch hazel adalah jenis tanaman yang banyak tumbuh di Amerika Utara dan sebagian wilayah Asia. Tanaman yang memiliki nama latin Hamamelis virginiana sudah dikenal sebagai tanaman yang banyak memiliki khasiatnya.

Witch hazel sudah banyak digunakan sebagai salah satu bahan alami pada produk kecantikan. Zat alami yang terkandung pada tanaman ini memiliki khasiat untuk kesehatan kulit serta ampuh untuk mengatasi jerawat. 

Selain itu, tanaman ini juga dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi peradangan, serta untuk mengobati kulit sensitif.

Banyak orang yang belum mengetahui jika witch hazel juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Mengatasi mata bengkak, mata iritasi, serta menghilangkan lingkaran hitam di sekitar mata dapat diobati dengan menggunakan cairan ekstrak witch hazel.

Manfaat Witch Hazel Untuk Mata

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, selain memiliki manfaat untuk kesehatan kulit dan tubuh, witch hazel juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

Mata juga adalah organ yang sensitif dan mudah mengalami gangguan atau iritasi ketika mengalami gangguan. Apalagi bagi Anda yang tinggal di kota, debu dan polusi udara dapat dengan mudah masuk ke dalam mata dan menyebabkan iritasi atau mata merah.

Ketika Anda terlalu lama melihat layar komputer atau handphone pun, mata dapat mengalami kelelahan dan menimbulkan mata merah. 

Jika hal ini terjadi, Anda dapat mengembalikan kesegaran dan kesehatan mata dengan menggunakan witch hazel. Zat alami yang terkandung pada tanaman ini dapat menyegarkan mata serta mengatasi gangguan mata seperti mata merah dan iritasi mata.

Witch hazel juga terbukti ampuh untuk menghilangkan lingkaran hitam sekitar mata yang sering muncul akibat kelelahan.

Untuk mengatasi lingkaran mata hitam atau kantung mata bengkak, Anda dapat mengompresnya dengan menggunakan cairan witch hazel yang sudah diteteskan pada mata. Diamkan selama beberapa saat dan lakukan cara ini secara rutin sebelum Anda beristirahat.

Cara Menggunakan Witch Hazel Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Untuk mendapatkan khasiat dari witch hazel untuk mata, cara yang terbaik adalah dengan memanfaatkan cairan ekstrak witch hazel. Saat ini sudah ada obat pencuci mata yang memiliki kandungan witch hazel alami. Salah satunya adalah Y-Rins.

Y-Rins adalah obat pembersih mata yang mengandung witch hazel dan merupakan obat pembersih mata yang alami sehingga aman digunakan setiap hari.

Cara menggunakan Y-Rins yang memiliki kandungan witch hazel untuk menjaga kesehatan mata sangat mudah. Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Bersihkan eyebath (mangkuk/wadah untuk larutan pencuci mata Y-Rins) sebelum digunakan.
  • Apabila kelopak mata kurang bersih, misalnya ada sisa-sisa make-up, bersihkan terlebih dahulu sehingga mata, kelopak mata, dan bulu mata sudah bebas kosmetik saat menggunakan Y-Rins.
  • Isi wadah eyebath dengan larutan Y-Rins.
  • Tundukkan kepala sedikit ke depan, sentuhkan eyebath ke sekeliling kelopak mata. Jaga agar kelopak mata tetap terbuka agar larutan pembersih dapat mengalir bebas di seluruh permukaan mata maupun di bawah kelopak mata.
  • Posisi kepala tetap menunduk ke depan, goyangkan kepala ke kiri dan kanan sehingga larutan dapat tersebar ke seluruh permukaan mata dan efek pembersihan menjadi lebih sempurna. Lakukan kurang lebih selama 30 detik.
  • Setelah selesai membersihkan mata, lepaskan wadah eyebath dari kelopak mata, tutup mata sebentar, lalu bersihkan sisa larutan dengan tisu bersih.
  • Buang larutan Y-Rins di dalam eyebath setelah pemakaian dan bersihkan kembali eyebath sebelum disimpan.

Hal yang Perlu Diperhatikan 

Meskipun witch hazel memiliki banyak manfaat untuk mata, namun bukan berarti Anda dapat menggunakan cairan ini dengan tidak hati-hati. Karena mata adalah organ tubuh yang sensitif serta penting, maka ketika mengobati atau menjaga kesehatannya perlu lebih berhati-hati lagi.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah:

  • Y-Rins adalah obat pembersih mata alami yang dibuat dari cairan witch hazel. Meskipun aman untuk digunakan bagi anak-anak, namun Anda perlu memperhatikan dosis penggunaannya.
  • Y-Rins berbeda dengan obat pembersih lensa kontak yang digunakan mata. Jangan menggunakan larutan ini untuk membersihkan lensa kontak.
  • Bagi Anda yang menggunakan lensa kontak, sebaiknya tunggu beberapa saat ketika setelah menggunakan Y-Rins sebelum kembali memasang kontak lensa.
Facebook
Twitter
LinkedIn