Demi mendapatkan berat badan ideal, berbagai macam metode dilakukan. Bahkan kini ada beragam jenis diet yang terkenal di masyarakat, mulai dari diet golongan darah, diet keto, dan kini tengah populer diet jeruk nipis.

Pernahkah Anda mendengar atau bahkan mencoba diet jeruk nipis ini? Jeruk nipis dipercaya memiliki manfaat untuk membantu diet lebih maksimal. Anggapan ini memang bukan anggapan yang salah.

Kandungan dan Manfaat Jeruk Nipis untuk Diet

Jeruk nipis memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk tubuh, sebagian besar merupakan vitamin C dan juga air. Kandungan lain yang juga terdapat di jeruk nipis antara lain vitamin A, B, D, E, protein, lemak, serat, karbohidrat, dan berbagai jenis mineral.

Saking tingginya kandungan vitamin C dalam jeruk nipis, satu buah jeruk nipis saja sudah mampu memenuhi lebih dari 20 persen Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian kita terhadap kebutuhan vitamin C.

Jeruk nipis juga punya mengandung asam sitrat, sebuah zat alami yang membuat rasa makanan menjadi masam. Lalu bagaimana kandungan-kandungan ini bisa membantu diet kita? Berikut penjelasan manfaat jeruk nipis untuk diet:

Membuat Pembakaran Lemak Lebih Maksimal

Berdasarkan studi Nutrition and Metabolism dikatakan bahwa vitamin C ternyata mampu membantu pembakaran lemak lebih maksimal ketika seseorang melakukan olahraga. Kandungan antioksidan, vitamin C, dan asam sitrat pada jeruk nipis mampu mempercepat metabolisme dalam tubuh,

Dengan begitu ketika seseorang beraktivitas, lemak dan gula dalam tubuh akan diubah menjadi sumber energi dalam kurun waktu lebih cepat. Kondisi ini membuat penumpukan lemak di tubuh bisa dicegah.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Selain vitamin C, jeruk nipis juga tinggi akan kandungan flavonoid. Flavonoid merupakan senyawa yang mampu merangsang produksi enzim yang diperlukan untuk mengurai makanan. 

Dengan  begitu setiap makanan yang kita konsumsi akan lebih cepat diproses oleh sistem pencernaan. Sehingga bisa mencegah terjadinya penumpukan limbah makanan yang membuat perut buncit atau melebar.

Selain melancarkan pencernaan, flavonoid juga bersifat anti oksidan sehingga mampu melindungi tubuh dari paparan radikal bebas dan mencegah tumbuhnya sel kanker.

Kenyang Lebih Lama

Jeruk nipis memiliki kandungan serat larut dan juga serat tidak larut. Seperti yang kita tahu, konsumsi makanan tinggi serat akan membuat seseorang kenyang lebih lama. Begitu pula dengan jeruk nipis.

Kandungan 2 jenis serat dalam jeruk nipis ini mampu membuat Anda kenyang lebih lama namun dengan jumlah kalori yang rendah. Dengan begitu nafsu makan Anda untuk mengonsumsi camilan bisa ditekan.

Bagaimana Cara Memanfaatkan Jeruk Nipis untuk Diet

Jika Anda ingin memulai diet menggunakan jeruk nipis, maka ada banyak pilihan yang bisa Anda coba. Namun, sebelum Anda mulai diet jeruk nipis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Pastikan kondisi lambung sehat karena jeruk nipis memiliki rasa yang sangat masam. Hal ini justru bisa menjadi boomerang bagi Anda yang ingin diet jeruk nipis tapi punya masalah lambung.
  • Jangan asal menggunakan jeruk nipis, pilihlah yang sudah matang. Jeruk nipis yang matang memiliki kandungan nutrisi yang sudah lengkap dan seimbang. Dan pastinya mengandung Citrus Aurantifolia yang bisa membantu pembakaran lemak dalam tubuh.

Setelah memastikan hal-hal di atas, Anda bisa mencoba beberapa ide memanfaatkan jeruk nipis untuk diet berikut ini.

Infused Water

Pilihan yang sangat sederhana adalah infused water menggunakan jeruk nipis. Anda bisa membuatnya di malam hari lalu menyimpannya di lemari es. Potong-potong jeruk nipis, lalu masukkan ke botol minum dan diamkan semalaman untuk mendapat rasa yang maksimal. 

Jeruk Nipis Plus Air Hangat

Penggunaan air hangat bisa memperlancar metabolisme tubuh. Anda bisa meminum satu gelas air hangat dengan irisan jeruk nipis baik di malam maupun pagi hari. Namun sangat tidak disarankan untuk menambahkan gula, karena justru bisa merusak diet Anda

Kombinasikan dengan Madu

Rasa masam dari jeruk nipis memang terkadang sulit diterima oleh lidah. Daripada menggunakan gula, Anda bisa menggunakan alternatif lain yaitu madu. Selain menambah citarasa, Anda juga sekaligus mendapat manfaat dari madu.

Kombinasikan dengan Jahe

Selain menggunakan madu, Anda juga bisa mengkombinasikan air perasan jeruk nipis dengan jahe. Jahe juga punya manfaat untuk diet lho seperti mengontrol nafsu makan, meningkatkan proses pembakaran lemak, detoksifikasi, dan memperkuat metabolisme tubuh.

Tapi, Jeruk Nipis Saja Tidak Cukup..

Anda tidak bisa bergantung pada jeruk nipis sebagai jaminan kesuksesan diet. Sebuah diet juga harus diikuti perubahan pola hidup dan pola makan.

Jika Anda sudah rutin konsumsi jeruk nipis namun masih tetap makan junk food, malas bergerak, atau suka jajan sembarangan, maka diet Anda tidak akan berhasil.

Oleh karena itu Anda harus mengubah gaya hidup jadi lebih sehat agar proses diet penurunan berat badan berhasil. Agar diet lebih maksimal Anda dapat memanfaatkan suplemen khusus yang bisa bekerja untuk membakar lemak, seperti Slendy.

Slendy adalah tablet hisap pembakar lemak (fat burner) pertama di Indonesia. Sebagai fat burner, Slendy membantu untuk mempercepat proses pembakaran lemak di dalam tubuh. Slendy memiliki dua varian yang dapat Anda coba yaitu anggur dan jeruk.

Slendy mengandung L-Carnitine tartrate dan Chromium yang membantu proses metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran kalori dalam tubuh dapat meningkat sehingga dapat menghilangkan lemak secara efektif.