Jalan kaki merupakan salah satu aktivitas yang bisa dikategorikan ke dalam olahraga sederhana. Kegiatan yang sederhana dan murah meriah ini nyatanya punya banyak manfaat untuk kesehatan lho. Mulai dari menurunkan berat badan sampai mencegah penyakit kronis

Sayangnya, kebanyakan orang saat ini sepertinya memiliki kebiasaan yang makin malas bergerak. Untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain dalam jarak dekat untuk ke warung misalnya, banyak yang lebih memilih menggunakan motor. Apakah Anda juga salah satunya?

Jika iya maka Anda harus mulai berubah, karena jalan kaki minimal 30 menit saja setiap harinya Anda akan mendapat banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

Jalan kaki rutin setiap hari dan tentunya diimbangi dengan kebiasaan hidup sehat bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Anda bisa membangun kebiasaan jalan kaki rutin ini secara bertahap.

Bisa dimulai dari 10 menit perhari, hingga mencapai minimal 30 menit perhari. Anda juga bisa merubah kebiasaan, misalnya jika Anda akan berpindah tempat dengan jarak yang dekat ubah dari kebiasaan gunakan kendaraan bermotor dengan berjalan kaki saja.

Selain sehat, pastinya lebih hemat. Nah, lalu apa sih manfaat jalan kaki bagi kesehatan kita? Berikut penjelasannya.

Menurunkan Berat Badan

Kabar baik untuk Anda yang sedang menjalani diet penurunan berat badan, jalan kaki bisa jadi salah satu metode yang mudah dan murah. Dengan berjalan kaki, maka kalori dalam tubuh akan terbakar dan mengurangi jumlah lemak.

Dengan berjalan kaki minimal 30 menit perhari, maka kurang lebih 150 kalori sudah terbakar. Jika Anda mengonsumsi lebih banyak kalori pada hari tersebut, maka Anda bisa menambah durasi jalan kaki. 

Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Kebiasaan duduk, atau bahkan tiduran setelah makan sangat tidak disarankan karena bisa memperburuk kinerja sistem pencernaan. Oleh karena itu, dengan berjalan kaki akan membantu sistem pencernaan untuk memproses makanan secara maksimal.

Berjalan kaki setelah makan juga bisa membantu mencegah kadar gula darah Anda naik yang biasanya terjadi setelah makan.

Mencegah Penyakit Berbahaya

Berjalan kaki secara rutin mampu menjauhkan Anda dari risiko penyakit berbahaya seperti jantung, kolesterol, dan diabetes tipe 2. Saat berjalan kaki denyut jantung dan sirkulasi darah akan meningkat sehingga memperkuat kinerja jantung.

Berjalan kaki juga bisa menurunkan kadar gula darah, kolesterol tinggi, dan darah tinggi. Dengan olahraga ringan seperti jalan kaki, kemampuan otot untuk menyerap glukosa semakin meningkat, jadi tidak akan terjadi lonjakan gula dalam darah yang menyebabkan diabetes.

Mengurangi Stress

Manfaat jalan kaki bagi kesehatan yang lain adalah mengurangi kadar stres. Saat melakukan aktivitas fisik biasanya tubuh akan melepaskan lebih banyak hormon bernama endorfin. Hormon ini berperan pada perasaan senang, dan suasana hati yang lebih baik.

Oleh karena itu semakin rutin Anda jalan kaki, maka tingkat stres bisa semakin berkurang. Dengan tingkat stres yang rendah maka bisa berpengaruh pada mood yang lebih baik dan meningkatkan kualitas tidur Anda.

Cegah Osteoporosis

Osteoporosis adalah kondisi dimana kepadatan tulang semakin menurun. Penipisan atau berkurangnya kepadatan tulang ini membuat tulang keropos, rapuh dan jadi mudah patah. Osteoporosis memang lebih rentan menyerang wanita yang masuk ke periode menopause.

Namun bukan berarti lelaki tidak bisa terserang osteoporosis, karena siapa saja bisa terkena osteoporosis. Osteoporosis bisa dicegah dengan cara berjalan kaki secara rutin, agar kekuatan dan kesehatan tulang tetap terjaga.

Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Orang yang jarang bergerak atau olahraga lebih mudah terserang penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya yang lemah. Jalan kaki mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan menghindarkan Anda dari gangguan bakteri serta virus yang menyebabkan penyakit.

Perbaiki Postur dan Kuatkan Otot Tubuh

Berjalan kaki juga bisa bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh Anda. Selain itu jalan kaki juga bisa memperkuat otot kaki, tubuh, tangan, paha, perut, dan punggung. Jalan kaki juga bisa menjauhkan Anda dari risiko varises.

Varises biasanya terjadi karena ada pembengkakan pada pembuluh darah vena yang berada di area betis dan kaki. Berjalan kaki secara rutin bisa memperlancar aliran darah dan mencegah pembengkakan ini terjadi.

Utamakan Keamanan dan Kenyamanan Saat Berjalan

Saat berjalan kaki pastikan untuk selalu memperhatikan keamanan dan kenyamanan kaki Anda. Pastikan untuk selalu menggunakan alas kaki, Anda bisa saja berjalan telanjang kaki namun harus pastikan medan untuk berjalan aman dari berbagai benda yang bisa melukai kaki.

Penggunaan alas kaki yang tidak pas, atau berjalan tanpa alas kaki di area yang kurang bersih bisa menyebabkan masalah. Seperti mata ikan dan kapalan. Anda pernah mengalaminya juga? Sebaiknya selalu sediakan obat seperti Callusol di kotak obat Anda.

Obat Callusol adalah cairan oles yang berfungsi sebagai obat untuk menghilangkan mata ikan, kutil, dan kapalan. Kombinasi bahan-bahan keratolitik dari asam salisilat, asam laktat, dan polidocanol di dalam larutan Callusol akan melunakkan dan melepaskan penebalan kulit secara bertahap.