Siapa yang tidak suka minum air kelapa muda?

Rasa khasnya yang enak sangat pas dinikmati saat cuaca terik. Di negara tropis seperti Indonesia, menjumpai air kelapa muda bukan perkara yang sulit.

Tapi tahukah Anda bahwa selain menyegarkan, air kelapa muda punya segudang manfaat untuk kesehatan? Untuk lebih jelasnya, mari simak manfaat minum air kelapa muda untuk kesehatan, berikut ini!

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan

Selain dapat membawa kesegaran bagi tubuh, air kelapa muda punya beragam khasiat yang dapat membawa kebaikan bagi yang mengonsumsinya. Walaupun sangat baik bagi kesehatan, Anda tetap harus membatasi konsumsi air kelapa yaitu hanya dianjurkan satu gelas per hari.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal adalah salah satu organ penting tubuh, sangat penting bagi kita untuk menjaganya agar tetap berfungsi dan bekerja dengan baik. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan ginjal adalah dengan mengonsumsi air kelapa muda.

Hal ini karena kandungan nutrisi yang ada di air kelapa muda sangat baik untuk menjaga kesehatan dan fungsi ginjal bekerja dengan baik.

Menjaga Kecantikan Kulit

Air kelapa muda juga dapat menjaga kecantikan kulit bila dikonsumsi secara rutin. Mengonsumsi air kelapa dapat mencegah penuaan dini, membuat pigmentasi kulit merata, mencegah kulit dari iritasi, dan meredakan jerawat.

Ini semua karena air kelapa dapat menjaga kulit dari radikal bebas dan bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda yaitu sekitar 40%.

Mengontrol Diabetes

Bagi penderita diabetes, minum air kelapa adalah pilihan yang tepat. Secara rutin mengonsumsi air kelapa dapat membantu sirkulasi darah di dalam tubuh.

Dengan begitu, proses ini dapat membantu melebarkan pembuluh darah yang mengecil karena pembentukan plak. Selain itu juga, darah jadi mengalir lancar sehingga diabetes dapat terkontrol.

Menghilangkan Rasa Mabuk Akibat Alkohol

Ketika kita terlalu banyak meminum alkohol, rasa mual kerap muncul sesudahnya dan kita pun menjadi mabuk karena kandungan etanol dari alkohol. Untuk meredakannya, minum air kelapa bisa jadi pilihan.

Ketimbang air putih, air kelapa tidak membuat mual sehingga bisa meredakan rasa pusing dan mual akibat alkohol. 

Mengendalikan Tekanan Darah Tinggi

Sebuah hasil penelitian yang dimuat dalam West Indian Medical Journal, mencatat hasil observasinya pada penderita darah tinggi yang rajin mengonsumsi air kelapa muda. Hasilnya secara mengejutkan memperlihatkan bahwa darah tinggi mereka secara rata-rata menurun. 

Mencegah Batu Ginjal

Kandungan kalium yang berperan dalam proses alkali urine dalam air kelapa membantu melarutkan batu ginjal dan mencegah batu ginjal.

Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan, salah satu penyebabnya adalah kadar kolesterol buruk yang berlebih. Air kelapa dapat menurunkan kadar kolesterol buruk dan meningkatkan kadar kolesterol baik. 

Mengatasi Alergi

Air kelapa punya khasiat untuk mengurangi bakteri, virus, dan jamur yang sering menjadi penyebab alergi pada kulit. Anda dapat menggunakan air kelapa sebagai obat pereda bakteri dibarengi dengan obat dokter akan lebih membantu.

Menurunkan Berat Badan

Air kelapa merupakan salah satu minuman yang rendah kalori. Mengonsumsi air kelapa dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Ini bisa menjadi pilihan yang tepat saat Anda sedang menjalankan diet. Minumlah segelas air kelapa muda sebelum makan dan kurangi sedikit porsi makan.

Melancarkan Pencernaan

Di dalam air kelapa banyak mengandung serat dan nutrisi yang amat baik untuk sistem pencernaan. 

Pencernaan yang baik ditandai dengan buang air besar yang lancar. Kekurangan serat dapat menyebabkan pencernaan terganggu, cara mengatasinya bisa dengan air kelapa. Minum air kelapa juga dapat membantu mengatasi keluhan pencernaan seperti mual, muntah, atau diare. 

Mencegah Dehidrasi

Di Indonesia, tingkat dehidrasi ringan masyarakatnya cukup tinggi. Bahkan dari hasil penelitian yang dilakukan, tingkat kekurangan cairan masyarakat Jakarta menempati urutan kedua tertinggi setelah Makasar.

Dehidrasi sendiri terjadi karena berbagai hal dan sering dialami mereka yang sedang diare, seringnya bahkan tidak disadari. Untuk menghilangkan dehidrasi, para dokter, ahli nutrisi, atau konsultan kesehatan menyarankan minum air kelapa. 

Salah satu kandungan terbesar dari air kelapa adalah elektrolit. Elektrolit sendiri dapat menggantikan cairan serta mudah diserap tubuh. Selain itu, air kelapa juga mengandung sodium yang rendah dan potasium yang tinggi. Dengan begini, air kelapa bisa mengisi cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Beruntungnya, saat ini telah hadir larutan rehidrasi yang mengandung semua kebaik yang ada pada air kelapa muda, Renalyte. Renalyte salah satu larutan steril yang aman dikonsumsi oleh anak-anak dengan rasa cocopandan yang mereka suka. Sehingga Anda tidak perlu bingung lagi ketika memilih larutan untuk pengganti cairan tubuh.