Menggunakan makeup adalah ritual yang wajib dilakukan oleh para wanita. Namun jika tidak berhati-hati, makeup yang digunakan dapat masuk ke dalam mata.

Jenis-jenis makeup seperti eyeliner, maskara, dan eyeshadow rentan untuk masuk sering masuk ke dalam mata karena letaknya yang sangat berdekatan dengan mata.

Jangan Anda anggap sepele hal ini. Ketika makeup masuk ke dalam mata, kalau tidak segera diatasi dapat mengganggu indera penglihatan Anda. Lebih parahnya lagi, makeup yang masuk ke dalam mata dapat menyebabkan iritasi dan bisa jadi penyakit mata yang lebih serius lagi.

Sebelum hal ini terjadi, sebaiknya Anda lebih berhati-hati dan segera atasi ketika makeup masuk ke dalam mata. 

Bahaya Makeup Masuk ke Dalam Mata

Setiap orang ingin tampil lebih menarik. Makeup adalah salah satu cara yang dilakukan oleh kebanyakan wanita untuk membuat dirinya lebih menarik.

Menggunakan makeup tidak boleh sembarangan. Campuran bahan-bahan kimia yang umumnya terkandung di dalam makeup bisa menimbulkan efek yang buruk bagi kulit tubuh. Ketika makeup yang Anda gunakan tidak cocok, akan timbul masalah-masalah pada kulit seperti kulit kering, jerawat, dan lain-lain.

Makeup terutama makeup yang digunakan pada bagian mata seperti eyeliner, eyeshadow, dan maskara jika tidak hati-hati dapat mengganggu mata Anda.

Bahan kimia yang terkandung di dalam makeup jika tidak dibersihkan secara rutin dapat merusak kesehatan kulit. Apa jadinya jika makeup ini masuk ke dalam mata?

Mata adalah bagian tubuh yang sangat sensitif. Jika dibandingkan dengan kulit wajah, mata jauh lebih rentan untuk luka atau mengalami iritasi.

Ketika makeup masuk ke dalam mata, bahan kimia yang terkandung di dalamnya bisa menyebabkan mata iritasi dan mata merah. Ketika hal ini terjadi, sebaiknya bersihkan mata Anda sebelum gangguan yang terjadi akan semakin parah. 

Cara Mengatasi Makeup yang Masuk ke Dalam Mata

Ketika makeup yang Anda gunakan masuk ke dalam mata, berikut beberapa hal yang perlu Anda hindari:

  • Membiarkan makeup yang masuk ke dalam mata

Bahan kimia pada makeup akan bereaksi ketika masuk ke dalam mata. Makeup pada wajah jika tidak dibersihkan saja dapat merusak kesehatan kulit. Apa yang terjadi jika makeup tersebut masuk ke dalam mata dan tidak dibersihkan? Efeknya dapat sangat berbahaya bagi mata.

  • Panik

Beberapa jenis makeup ketika masuk ke dalam mata bisa menyebabkan rasa nyeri atau tidak nyaman. Ketika hal ini terjadi, Anda tidak boleh panik. Ketika panik, tubuh akan reflek melakukan gerakan yang justru dapat lebih membahayakan mata.

  • Mengucek atau menggosok mata dengan tangan atau dengan tisu

Mengucek atau menggosok mata dengan menggunakan tangan atau tisu adalah hal pertama yang sering dilakukan oleh banyak orang ketika matanya mengalami gangguan atau timbul rasa nyeri. Hal ini perlu Anda hindari, karena tangan atau tisu yang digunakan tidak bersih dan justru dapat membuat nyeri atau gangguan pada mata menjadi lebih parah.

Cara yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan mata ketika makeup masuk ke dalam mata adalah dengan membersihkan mata. Bagaimana cara membersihkan mata?

Membersihkan atau mencuci mata ketika makeup masuk ke dalam mata dengan air biasa dapat Anda lakukan.

Tapi perlu Anda perhatikan jika membersihkan mata menggunakan air biasa hanya dapat dilakukan dalam keadaan darurat saja. 

Air keran atau air yang biasa digunakan saat mandi memiliki kandungan pH yang berbeda dengan cairan yang ada di mata. Air keran juga bukan air yang steril sehingga dapat mengandung kuman-kuman atau bakteri yang bisa membahayakan mata.

Risikonya jika air yang Anda gunakan untuk membersihkan mata bukan air yang bersih, hal ini dapat membuat kondisi mata Anda semakin parah. 

Cara terbaik untuk membersihkan mata adalah dengan menggunakan obat pencuci mata.

Produk pencuci mata yang paling aman adalah produk yang memiliki cairan steril, tanpa bahan pengawet, memiliki pH yang sama dengan pH cairan mata manusia.

Salah satu produk yang memenuhi kriteria tersebut adalah Yrins.

Yrins diproduksi menggunakan bahan-bahan yang halal dan tanpa bahan pengawet sehingga aman jika digunakan setiap hari, bahkan dalam jangka waktu yang panjang.

Yrins dapat digunakan dua kali dalam sehari. Pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari setelah beraktivitas.

Jika kondisi mata tidak kunjung membaik atau semakin parah meskipun sudah dilakukan penanganan. Sebaiknya segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter untuk segera dilakukan tindakan lanjut.

Mata merupakan organ yang sensitif, jika kondisi mata iritasi, mata merah, dan bengkak tidak segera ditangani, kondisi ini akan semakin sulit untuk diobati dan berisiko untuk timbul masalah mata lainnya yang lebih berbahaya.