Anda sedang mengalami gangguan pencernaan? Coba perhatikan kembali kebisaan hidup Anda. Pola hidup dan pola makan yang tidak sehat dapat memicu banyak permasalahan, salah satunya adalah kesehatan pencernaan yang terganggu.

Pola makan yang sembarangan dan gaya hidup yang kurang aktif mendorong terjadinya proses pencernaan yang tidak lancar. Permasalahan pencernaan ini sangat umum terjadi dan bisa menyerang siapa saja.

Pencernaan memegang peranan yang sangat penting lho dalam menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Karena jika pencernaan kita sehat maka tubuh mampu menyerap nutrisi dengan baik.

Masalah pencernaan baik konstipasi, sembelit, maupun diare, sama-sama membuat kita tidak nyaman dan bahkan bisa memicu penyakit pencernaan lain. Salah satunya adalah wasir atau ambeien.

Jenis Makanan yang Baik untuk Pencernaan

Selain mengonsumsi obat-obatan maupun vitamin, cara yang sangat efektif untuk membuat pencernaan kembali sehat adalah dengan memperhatikan pola makan.

Kita harus mengurangi kebiasaan konsumsi junk food dan memperbanyak makanan dengan nutrisi baik. Berikut jenis makanan untuk pencernaan yang lebih sehat:

Makanan Tinggi Serat

Setiap harinya kita disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 25 gram serat agar pencernaan bisa bekerja dengan lancar. Makanan yang tinggi serat mulai dari sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Dengan konsumsi serat cukup maka pencernaan bisa terhindar dari permasalahan seperti sembelit, divertikulosis, ambeien, dan sindrom iritasi usus.

Makanan Mengandung Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang mirip dengan bakteri yang ada dalam usus manusia. Bakteri baik akan melawan bakteri jahat, lalu meningkatkan penyerapan nutrisi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Oleh karena itu baik Anda yang pencernaannya sedang bermasalah atau tidak sangat disarankan mengonsumsi probiotik. Anda bisa mendapatkan probiotik dari makanan yang melalui proses fermentasi seperti yogurt, oncom, tempe, dll.

Pencernaan Anda Sedang Bermasalah? Konsumsi Makanan Ini

Jika Anda sedang mengalami masalah pencernaan, maka coba konsumsi beberapa rekomendasi makanan untuk pencernaan sehat berikut ini:

Tempe

Selain murah dan mudah ditemukan, tempe juga memiliki manfaat untuk kesehatan pencernaan. Karena melalui proses fermentasi maka tempe mengandung banyak probiotik.

Probiotik dalam tempe mampu menyehatkan pencernaan, mencegah diare, mengurangi kembung, dan juga meningkatkan keteraturan pencernaan.

Apel

Makanan untuk pencernaan selanjutnya adalah apel yang tinggi akan serat bernama pektin. Serat jenis ini sangat mudah dicerna oleh bakteri baik yang ada di dalam usus yaitu eubacterium eligens dan lachnospira pectinoschiza.

Pektin juga berperan untuk membantu meningkatkan pergerakan usus sehingga pencernaan lebih lancar dan kita terhindar dari diare maupun konstipasi. Selain serat pektin, apel juga mengandung vitamin A, vitamin C, kalium, folat dan mineral terbaik untuk melancarkan pencernaan.

Pisang

Pisang tinggi akan kandungan potasium dan juga elektrolit yang mampu memperlancar pencernaan. Kandungan serat yang tinggi pada pisang juga mampu merangsang usus berkontraksi sehingga bakteri baik di dalam pencernaan akan bekerja secara optimal dalam mengolah sisa makanan. Dengan begitu usus menjadi bersih dan pencernaan pun menjadi lebih lancar.

Bayam

Siapa sangka bayam memiliki kandungan yang sangat baik untuk pencernaan kita. Jurnal Naturefood pada 2016 mempublikasikan bahwa sayuran hijau seperti kale dan bayam memiliki kandungan sejenis gula bernama sulfoquinovose.

Kandungan ini mampu memperbanyak bakteri baik dalam sistem pencernaan. Dengan begitu usus akan terjaga kesehatannya.

Jahe

Jahe memang kerap kali dimanfaatkan sebagai obat tradisional, termasuk masalah pencernaan. Dalam sistem pencernaan jahe berperan dalam mempercepat proses pengosongan lambung. Caranya, dengan mendorong makanan dari perut ke usus kecil secara lebih cepat.

Dengan begitu rasa mual, peningkatan asam lambung, dan rasa tidak nyaman akan berkurang. Teh jahe juga bisa menghangatkan tubuh dan memperlebar pembuluh darah agar darah bisa lebih lancar mengalir ke seluruh tubuh.

Alpukat

Buah alpukat mengandung serat dan vitamin yang tinggi dan mampu menyehatkan sistem pencernaan. Jika Anda memiliki masalah sulit BAB, maka cobalah untuk mengonsumsi buah ini. Selain itu alpukat juga mampu menjaga kinerja empedu dan pankreas agar tetap normal.

Kacang Kenari

Menurut sebuah studi kacang kenari mampu meningkatkan kesehatan pencernaan. Kacang kenari mampu meningkatkan jumlah butyrate atau mikroba produsen metabolit yang baik untuk kesehatan bakteri baik dalam sistem pencernaan kita. 

Pepaya

Pepaya merupakan buah yang paling dikenal sebagai buah yang paling ampuh untuk melancarkan pencernaan. 

Di dalam buah ini terdapat enzim yang bernama papain. Enzim ini berfungsi untuk memecah protein sehingga dapat melumatkan makanan dan membantu tubuh untuk menyerap nutrisi.

Selain kaya akan serat, pepaya juga mengandung banyak vitamin C yang lebih banyak dari buah jeruk sehingga baik untuk menjaga kekebalan tubuh, kaya akan vitamin E untuk menjaga kehalusan kulit, serta bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung, kanker, dan tumor. 

Selain mengonsumsi buahnya, Anda juga dapat mengonsumsi obat untuk membantu melancarkan proses pencernaan yang mengandung ekstrak pepaya seperti Clofen.

Clofen adalah obat ambeien alami yang mengandung bahan-bahan tradisional seperti ekstrak pepaya yang dapat memperlancar buang air besar (BAB).

Selain itu, Clofen obat wasir juga mengandung troxerotin dan daun wangu untuk memperbaiki kelenturan pembuluh darah serta mencegah radang pada ambeien.

Makanan yang Harus Dihindari agar Pencernaan Sehat

Selain ada makanan yang baik untuk pencernaan, Anda juga harus menghindari beberapa makanan yang buruk bagi pencernaan. Makanan yang harus Anda hindari diantaranya:

  • Makanan/minuman dengan pemanis buatan seperti gula dalam alkohol
  • Minuman berkarbonasi
  • Karbohidrat olahan seperti roti putih
  • Alkohol
  • Susu coklat
  • Makanan tinggi lemak jenuh seperti keju dan krim
  • Kopi dan minuman lain yang mengandung kafein
  • Makanan pedas seperti kari, dan 
  • Makanan berminyak