Sistem pencernaan memiliki peran penting dalam kesehatan tubuh kita, karena sistem pencernaan berfungsi menyerap nutrisi yang masuk ke tubuh, dan membuang racun dari dalam tubuh kita.

Sayangnya, masih banyak orang yang tidak menjaga kesehatan sistem pencernaan sehingga mengalami berbagai macam masalah seperti kembung, sakit perut, diare, hingga susah BAB yang bisa menyebabkan ambeien. 

Untuk menjaga supaya sistem pencernaan dalam keadaan sehat, pastikan 5 makanan sehat untuk pencernaan ini ada di menu Anda sehari-hari.

 

1. Tempe

Tempe terbuat dari kedelai yang difermentasi. Semua makanan yang melalui proses fermentasi adalah sumber probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Probiotik adalah bakteri baik yang membentuk lapisan pelindung di dalam usus, yang bisa melindungi dari bakteri jahat.

Makan makanan fermentasi seperti tempe secara rutin bisa mengatasi iritasi lambung, mencegah diare, mengurangi kembung, dan melancarkan BAB.

 

2. Kimchi

Seperti tempe, kimchi juga merupakan hasil fermentasi. Biasanya terbuat dari kol atau sayur-sayuran lain.

Kimchi mengandung probiotik yang bisa membantu pencernaan dan meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus. Semakin lama masa fermentasi kimchi, semakin tinggi kandungan probiotiknya.

Kimchi juga adalah makanan tinggi serat yang bisa mengatasi masalah susah buang air besar alias sembelit.

 

3. Kaldu tulang

Ada banyak jenis kaldu yang digunakan dalam masakan. Kaldu tulang adalah kaldu yang dibuat dengan cara merebus tulang, baik itu tulang sapi, ayam, maupun hewan lainnya, dan merupakan makanan sehat untuk pencernaan.

Tulang ayam dan sapi kaya akan asam amino glutamine. Saat kita mengonsumsi kaldu, asam amino yang ada di dalamnya akan menyatu dengan makanan yang ada di perut, dan melancarkan proses pencernaannya.

Glutamine juga melindungi dinding usus sehingga bisa membantu mencegah kebocoran usus maupun iritasi lambung.

 

4. Yogurt

Yogurt terbuat dari susu yang difermentasi menggunakan bakteri asam laktat. Seperti hasil fermentasi lainnya, yogurt juga kaya akan bakteri baik alias probiotik yang menyehatkan sistem pencernaan.

Namun, hati-hati saat membeli yogurt. Kebanyakan yogurt yang dijual di pasaran mengandung tinggi gula sehingga konsumsi terlalu banyak malah tidak baik bagi kesehatan. Pilihlah yogurt dengan kandungan gula paling rendah.

 

5. Pepaya

Pepaya adalah satu-satunya buah yang mengandung enzim papain. Papain adalah enzim yang berfungsi untuk memecah serat protein sehingga proses pencernaan lebih lancar dan buang air besar lebih teratur.

Berbagai masalah seperti iritasi lambung, perut kembung, hingga sembelit atau susah BAB bisa diatasi dengan mengonsumsi pepaya atau suplemen pencernaan yang mengandung enzim papain.

Itulah kenapa obat ambeien Clofen juga mengandung ekstrak pepaya. Sebagai obat wasir yang terbuat dari bahan-bahan alami, Clofen bukan saja mengatasi ambeien dan meredakan peradangan, tapi juga melancarkan buang air besar dengan kandungan ekstrak pepaya.

 

Beli CLOFEN di sini