Agar mendapat hasil yang maksimal dalam melakukan diet menurunkan berat badan, perlu adanya kombinasi antara gaya hidup dan pola makan yang sehat. Selain melakukan olahraga, Anda bisa mengonsumsi makanan pembakar lemak agar diet bisa lebih maksimal.

Banyak dari kita yang menganggap jika ingin turun berat badan maka harus mengurangi porsi makanan. Padahal itu bukanlah cara yang tepat. Tubuh tetap membutuhkan nutrisi agar bisa bekerja secara maksimal.

Yang harus dilakukan bukanlah mengurangi porsi makan, melainkan mengganti menu makan dengan makanan yang lebih sehat dan bernutrisi.

Rekomendasi Makanan yang Bisa Membantu Pembakaran Lemak

Makanan merupakan salah satu faktor utama naiknya berat badan. Oleh karena itu jika sedang melakukan diet, Anda perlu memilah jenis makanan yang akan dikonsumsi.

Dengan mengonsumsi makanan yang mampu membantu pembakaran lemak, maka proses penurunan berat badan bisa berjalan lebih efisien dan maksimal. Berikut rekomendasi makanan pembakar lemak yang bisa Anda coba:

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung lemak baik, serat dan protein yang tinggi. Ketiga kandungan ini berperan meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin sehingga membantu proses penurunan berat badan. 

Jika Anda tiba-tiba lapar saat di luar jam makan, maka Anda bisa menjadikan kacang-kacangan seperti kenari dan almond sebagai camilan sehat. Almond juga memiliki kandungan kalsium yang mampu membakar ekstra lemak.

Sedangkan kenari adalah sumber lemak omega-3. Bahkan menurut studi dari Archives of Internal Medicine, mengonsumsi kacang-kacangan bisa mengurangi lemak perut. 

Semangka

Hampir 92 persen kandungan dalam semangka berupa air. Ini membuat semangka makanan rendah kalori yang sehat dan mampu membuat Anda kenyang lebih cepat. Semangka juga bisa membantu menghilangkan cairan berlebih dalam tubuh Anda.

Jika Anda punya perut buncit yang diakibatkan karena cairan yang tertampung, maka solusinya adalah dengan menambah asupan cairan ke dalam tubuh. Selain itu, semangka juga tinggi kandungan antioksidan likopen serta Vitamin A dan C.

Tomat

Mirip dengan semangka, tomat juga mampu mengurangi penampungan air berlebih di dalam tubuh. Tomat memiliki antioksidan tinggi, rendah lemak, kaya nutrisi, dan pastinya rendah gula sehingga baik untuk diet Anda.

Selain itu tomat juga mampu membantu produksi leptin yang berfungsi untuk mengatur nafsu makan dan metabolisme tubuh. Hal ini membuat tomat bisa jadi pilihan makanan pembakar lemak untuk Anda.

Alpukat

Selain nikmat alpukat juga bisa menjadi pilihan makanan pembakar lemak dalam menu diet Anda. Dalam alpukat mengandung 75 persen lemak baik. Lemak baik ini bisa membantu menyehatkan jantung, dan efek mengenyangkan sehingga dapat menekan nafsu makan Anda.

Selain itu alpukat juga memiliki kandungan serat yang tinggi dan mampu memangkas kalori berlebih dalam tubuh Anda. Manfaat lain alpukat adalah antioksidannya yang bisa menjaga kesehatan pembuluh darah Anda.

Telur

Kandungan protein yang tinggi pada telur mampu membantu proses penurunan berat badan Anda. Ini karena tubuh akan memakai lebih banyak energi untuk memecah makanan dengan protein ketimbang makanan lain. 

Protein pada telur juga bermanfaat untuk massa otot Anda. Saat proses diet otot akan membakar lebih banyak kalori ketimbang lemak. Nah protein akan berperan untuk mempertahankan massa otot agar tetap stabil.

Selain itu telur juga memberikan efek mengenyangkan yang lebih baik ketimbang makanan dengan karbohidrat. Sehingga Anda bisa merasa kenyang lebih lama dan mengurangi rasa lapar berlebihan.

Susu dan Olahannya

Susu dan berbagai macam produk olahannya seperti keju dan yoghurt memiliki kandungan kalsium dan mineral yang baik untuk proses diet menurunkan berat badan. Kandungan kalsium dan mineral mampu meningkatkan metabolisme dan membakar lemak dalam tubuh.

Saat diet Anda memerlukan setidaknya 1.200 sampai 1.300 mg kalsium per hari. 250 ml susu mengandung setidaknya 300 mg kalsium. Dengan mengonsumsi 3-4 porsi susu rendah lemak maupun berbagai produk olahannya dapat membantu pembakaran lemak dalam tubuh Anda lebih maksimal.

Oatmeal

Sarapan dengan semangkuk oatmeal bisa Anda jadikan pilihan asupan karbohidrat untuk mengawali hari. Mengonsumsi oatmeal bisa membuat Anda kenyang lebih lama dan membantu pembakaran lemak perut lebih maksimal.

Konsumsi biji-bijian utuh seperti gandum, oatmeal, barley, dan beras merah memang memiliki dampak yang signifikan pada lemak perut. Oatmeal jadi makanan pembakar lemak yang ideal karena kandungan serat larut dan tidak meningkatkan gula darah layaknya nasi putih.

Apel dan Pir

Makanan pembakar lemak yang lain adalah apel serta pir. Kedua buah ini tinggi akan kandungan flavonoid. Flavonoid merupakan bahan kimia alami yang ditemukan pada makanan nabati dan memiliki efek untuk melawan lemak.

Selain dimakan dalam bentuk utuh, olahan apel seperti cuka apel juga bisa Anda manfaatkan untuk diet. Sari cuka apel bisa melancarkan pencernaan dan membunuh bakteri jahat yang ada di usus sehingga racun bisa dikeluarkan dari tubuh

Selain itu cuka apel juga bisa membantu penyerapan cairan dalam tubuh jadi lebih mudah, sehingga mampu  penampungan air di dalam tubuh.

Bantu dengan Suplemen

Untuk diet yang maksimal Anda juga bisa menambahkan konsumsi suplemen khusus. Anda bisa mengonsumsi suplemen fat burner yang berfungsi memaksimalkan pembakaran lemak di dalam tubuh saat Anda beraktivitas.

Salah satu suplemen fat burner yang aman dan bisa dikonsumsi tanpa resep dokter adalah Slendy. Slendy memiliki dua varian yang dapat Anda coba. Tablet hisap Slendy fat burner rasa anggur diformulasikan khusus dengan formula fat burning.

Mengandung L-Carnitine tartrate dan Chromium yang membantu proses metabolisme tubuh sehingga proses pembakaran kalori dalam tubuh dapat meningkat sehingga dapat menghilangkan lemak secara efektif.

Tablet hisap Slendy fat burner rasa jeruk efektif memaksimalkan pembakaran kalori di dalam tubuh karena mengandung L-Carnitine tartrate dan Chromium.