Bagi sebagian orang, mengonsumsi makanan pedas memang bisa memicu seseorang untuk BAB. Dari situ banyak yang menganggap bahwa makanan pedas mampu melancarkan BAB atau atasi sembelit. Tapi apakah ini cara yang baik?

Sembelit atau konstipasi adalah kondisi dimana pergerakan usus menurun dan menyebabkan seseorang kesulitan BAB. Orang dikatakan mengalami sembelit jika frekuensi BAB kurang dari 3 kali dalam seminggu.

Gejala Sembelit

Selain frekuensi BAB yang berkurang, penderita sembelit juga biasanya merasakan beberapa gejala lain. Diantaranya:

  • Feses kering atau BAB mengeras.
  • Sakit perut.
  • Perut terasa penuh dan terlihat buncit.
  • BAB disertai darah, bisa bersamaan dengan feses atau pasca melakukan BAB.
  • Meski sudah BAB, terasa ada yang mengganjal di perut.

Gejala tersebut bisa semakin parah jika sulit BAB tak segera diatasi. Karena akan semakin banyak kotoran yang tertahan dan menumpuk di dalam perut serta usus Anda. 

Jika sudah mengalami beberapa gejala di atas apalagi berbulan-bulan, sebaiknya segera cari bantuan medis.

Benarkah Makanan Pedas Efektif Atasi Sembelit?

Sebagian masyarakat Indonesia memang gemar sekali mengonsumsi makanan pedas. Tak heran jika sambal jadi salah satu pelengkap menu makanan sehari-hari yang sangat umum di masyarakat.

Tapi tak semua orang memiliki ketahanan terhadap rasa pedas ini. Seringkali makanan pedas memicu seseorang jadi lebih sering BAB. Lalu dengan begitu apakah makanan pedas bisa digunakan untuk melancarkan BAB atau atasi sembelit?

Memang betul jika makanan pedas bisa membuat seseorang langsung ingin ke toilet untuk BAB. Sayangnya ini bukanlah reaksi yang sehat, melainkan reaksi berupa diare. Dilansir dari Liputan 6 dokter spesialis gizi, Diana Sunardi sangat tidak menyarankan cara ini.

Makanan pedas memang bisa membantu Anda mengosongkan kotoran di dalam perut. Akan tetapi lama-kelamaan justru bisa berdampak buruk ke pencernaan Anda. Makanan pedas bisa mengiritasi saluran pencernaan Anda.

Setelah itu tubuh akan merespon dengan terjadinya diare, ini merupakan bentuk pertahanan tubuh terhadap infeksi yang terjadi. Jika tubuh mampu mengatasinya maka diare akan sembuh, tapi jika tidak Anda justru bisa mengalami masalah baru yang terkait dengan diare.

Selain diare, terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas juga bisa menimbulkan masalah lain. Salah satunya adalah memperparah gejala GERD atau refluks asam lambung, maag, menaikkan asam lambung, hingga sebabkan iritasi usus.

Cara Mengatasi Sembelit Secara Alami

Ketimbang harus mengonsumsi makanan pedas yang justru bisa sebabkan masalah lain, ada cara yang lebih sehat untuk mengatasi sembelit. Berikut beberapa tips cara mengatasi sembelit secara alami yang bisa Anda terapkan.

Air Putih Hangat

BAB yang mengeras dan sebabkan sembelit bisa terjadi karena kurangnya cairan dalam tubuh. Oleh karena itu untuk mengatasinya Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi air putih terutama yang bersuhu hangat.

Air putih mampu bantu melunakkan feses agar mudah dikeluarkan. Selain itu air bersuhu hangat juga bisa memperlebar pembuluh darah di dalam sistem pencernaan Anda. Sehingga aliran darah meningkat dan aktivitas pencernaan bisa semakin lancar.

Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Makanan tinggi serat bisa membantu usus Anda untuk berkontraksi dan memindahkan feses ke rektum dengan lebih mudah. BAB yang mengeras dan sulit dikeluarkan bisa terjadi karena pola makan yang rendah serat.

Untuk mengatasi sembelit pilihlah makanan yang tinggi kandungan serat larutnya. Misalnya kacang-kacangan, gandum, jeruk, alpukat, ubi, brokoli, apel, pir, dan barley. Serat larut bisa menyerap air dan membentuk gel di dalam usus untuk melunakkan feses yang mengeras.

Olahraga Teratur

Untuk dapatkan pencernaan yang sehat maka Anda harus biasakan untuk memiliki gaya hidup yang aktif dengan memperbanyak aktivitas fisik dan olahraga secara teratur. Olahraga mampu membuat usus tetap aktif bergerak.

Saat usus bergerak secara aktif maka makanan yang melalui sistem pencernaan juga akan bergerak dengan lebih lancar. Ketika makanan melalui usus besar lebih cepat maka tubuh akan menyerap lebih sedikit air.

Hal tersebut membuat tekstur feses lebih lunak dan mudah dikeluarkan serta mencegah feses kering dan mengeras. Tak perlu olahraga berat, olahraga ringan seperti berjalan kaki juga cukup.

Bantu dengan Obat Alami

Jika Anda mengalami sembelit dalam beberapa hari, maka bisa dibantu dengan mengonsumsi obat alami. Pilihlah obat dengan kandungan yang mampu melancarkan BAB Anda, seperti Clofen.

Clofen mengandung ekstrak pepaya yang dapat memperlancar buang air besar Anda. Selain itu Clofen juga mengandung troxerotin dan daun wangu untuk memperbaiki kelenturan pembuluh darah serta mencegah radang ambeien.

Facebook
Twitter
LinkedIn